Brilio.net - Dalam industri musik, para musisi pasti membutuhkan inspirasi sebelum membuat lagu. Referensi tentu bisa datang dari mana saja sehingga mereka dapat belajar banyak menghasilkan karya terbaik. Namun kadang kala tanpa disadari karya tersebut bisa saja memiliki kemiripan dengan karya orang lain yang lebih dulu muncul ke permukaan.

Ini pula yang baru dialami penyanyi Erdian Aji Prihartanta atau yang lebih dikenal dengan Anji. Baru-baru ini dalam akun pribadinya, pria 38 tahun ini memberikan penjelasan bahwa ia mendengar single terbaru dari grup asal korea EXO-CBX (Chen, Baekhyun, Xiumin) memiliki kemiripan dengan karyanya.

Single yang berjudul Someone Like You ini menurutnya memiliki kemiripan dengan karya terdahulunya yaitu "Kekasih Terhebat" yang dirilis tahun 2011 lalu.

 

• [video] LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. . Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea. . Sekarang saya bertanya.. Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat? . Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain. . Coba tuliskan pendapatmu tentang hal ini. . . Oh iya, ini lagu KEKASIH TERHEBAT yang saya nyanyikan dalam versi Bahasa Mandarin, feat @mingbridges . . #TuliskanPendapatmu #TanpaPerluMarah

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

"• [video] LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya.

Loading...

.

Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea.

.

Sekarang saya bertanya..

Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat?

.

Saya bukan nge-judge.

Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain.

.

Coba tuliskan pendapatmu tentang hal ini.

.

.

Oh iya, ini lagu KEKASIH TERHEBAT yang saya nyanyikan dalam versi Bahasa Mandarin, feat @mingbridges," tulis Anji seperti brilio.net lansir dari akun pribadinya, Minggu (1/4).

Dari unggahannya tersebut, Anji menggabungkan potongan lagu Someone Like You yang kemudian disambung dengan lagu Kekasih Terhebat dalam versi bahasa Mandarin. Jika diperhatikan, kedua lagu tersebut memang sedikit memiliki kemiripan nada. Namun menurut suami Wina Natalia ini, sebagai sesama musisi, memiliki kemiripan karya itu adalah hal yang wajar.

Namun sayangnya, unggahannya tersebut malah menuai pro dan kontra. Banyak penggemar EXO (EXO-L) menyayangkan tuduhan Anji yang menganggap lagu tersebut mirip dengan karyanya. Tak sedikit pula warganet yang tak terima atas tulisan mantan vokalis grup band Drive tersebut. Buntutnya, kolom komentar postingan Anji ramai dengan komentar negatif hingga sumpah serapah.

"EHHMANG SM TAU LO HIDUP????? GA MUNGKIN KAN SM PLAGIAT LAGUU LU KAN GA MUNGKIN SM NYARI DI YOUTUBE LAGU ELU," tulis @almajullie_

"lagian om itu kebetulan aja lagian ujung ujung lagunya beda om ga usah katain exo plagiat ! om mau ga di gituin! coba om bikin lagu yg mirip kaya exo trus om dikatain plagiat apa yang om rasain!!!! kalo mau post itu pikir dulu pake otak jangan pake dengkul," sambung @aidarali1795

Postingan tersebut rupanya menjadi ladang kemarahan para EXO-L. Tak hanya kolom komentar, Anji sendiri terus mendapat pesan pribadi dalam Instagramnya dari penggemar EXO dengan cacian dan menyumpahi.

Menanggapi kemarahan para penggemar EXO, pria kelahiran Jakarta ini kembali mengunggah sebuah postingan sebuah pesan yang ia terima di DM Instagram yang penuh dengan kata-kata kasar.

 

• [video] FANS EXO YANG GARANG. Saya awalnya ketawa baca komentar yang ngatain. Tapi kok banyak yang nyumpahin mati. . Contohnya ini. Anaknya masih kecil. Saya sudah cek identitasnya dan memang dia ngefans sekali sama EXO. Selain dia, yang nyumpahin saya mati banyak banget. Banyak yang pake akun bodong, ada juga yang pake akun asli. . Tadinya saya mau santai saja menanggapinya. Kemarin juga pas mereka marah-marah di kolom komen (sampe lebih dari 50k), saya lagi seru nonton konser Chainsmokers bareng anak-anak saya. . Tapi kok rasanya mereka berlebihan mengarah kelewatan. Fans EXO yang garang-garang itu perlu belajar tentang kesopanan. Apalagi mereka banyak yang masih kecil. Dan yang disumpahin mati ini adalah Musisi Indonesia loh. Mungkin mereka gak ngefans, tapi mungkin saja saudara, kakak bahkan orangtuanya menikmati musik saya. . Lucunya, mereka ngata-ngatain dengan ALASAN YANG SALAH. Mereka salah memahami ketika membaca caption saya. Postingannya masih saya biarkan tanpa edit, silakan dibaca dengan baik. . Tidak ada yang bilang EXO plagiat. Malah saya coba memberi pandangan kalau kadang sebagai Musisi, menulis lagu yang mirip dengan lagu orang itu bisa terjadi. Bahkan judul video saya adalah PERTANYAAN bukan PERNYATAAN. Apakah MIRIP = PLAGIAT? Bukan MIRIP = PLAGIAT. Lalu saya meminta pendapat tentang hal itu. . Intinya, kalau ngefans sama Musisi janganlah fanatik sampe jadi buta hati dan logika. Ada lagu Musisi Indonesia mirip sama lagu Musisi luar, Musisi Indonesia dikatain. Ada lagu Musisi luar mirip sama lagu Musisi Indonesia, Musisi Indonesianya juga yang dikatain. . Terima kasih buat EXO-L yang meminta maaf lewat komen ataupun DM saya, atas kegarangan teman-temannya. Semoga kalian makin bisa menghargai orang lain dan semangat kekompakan buat nge-bully orang bisa diarahkan ke hal-hal lain yang bisa bikin idola kalian bangga.

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

"[video] FANS EXO YANG GARANG. Saya awalnya ketawa baca komentar yang ngatain. Tapi kok banyak yang nyumpahin mati.

.

Contohnya ini.

Anaknya masih kecil. Saya sudah cek identitasnya dan memang dia ngefans sekali sama EXO.

Selain dia, yang nyumpahin saya mati banyak banget. Banyak yang pake akun bodong, ada juga yang pake akun asli.

.

Tadinya saya mau santai saja menanggapinya. Kemarin juga pas mereka marah-marah di kolom komen (sampe lebih dari 50k), saya lagi seru nonton konser Chainsmokers bareng anak-anak saya.

.

Tapi kok rasanya mereka berlebihan mengarah kelewatan.

Fans EXO yang garang-garang itu perlu belajar tentang kesopanan. Apalagi mereka banyak yang masih kecil. Dan yang disumpahin mati ini adalah Musisi Indonesia loh. Mungkin mereka gak ngefans, tapi mungkin saja saudara, kakak bahkan orangtuanya menikmati musik saya.

.

Lucunya, mereka ngata-ngatain dengan ALASAN YANG SALAH.

Mereka salah memahami ketika membaca caption saya. Postingannya masih saya biarkan tanpa edit, silakan dibaca dengan baik.

.

Tidak ada yang bilang EXO plagiat. Malah saya coba memberi pandangan kalau kadang sebagai Musisi, menulis lagu yang mirip dengan lagu orang itu bisa terjadi.

Bahkan judul video saya adalah PERTANYAAN bukan PERNYATAAN. Apakah MIRIP = PLAGIAT?

Bukan MIRIP = PLAGIAT.

Lalu saya meminta pendapat tentang hal itu. .

Intinya, kalau ngefans sama Musisi janganlah fanatik sampe jadi buta hati dan logika.

Ada lagu Musisi Indonesia mirip sama lagu Musisi luar, Musisi Indonesia dikatain.

Ada lagu Musisi luar mirip sama lagu Musisi Indonesia, Musisi Indonesianya juga yang dikatain.

.

Terima kasih buat EXO-L yang meminta maaf lewat komen ataupun DM saya, atas kegarangan teman-temannya.

Semoga kalian makin bisa menghargai orang lain dan semangat kekompakan buat nge-bully orang bisa diarahkan ke hal-hal lain yang bisa bikin idola kalian bangga," tulisnya.

Anji menganggap beberapa para penggemar EXO terlampau kelewatan dalam memberikan komentar dan bullyan. Tak hanya itu, ia juga merasa sedikit miris saat akun-akun yang memberikan komentar negatif kepadanya adalah termasuk anak kecil.

Ia menuturkan bahwa sebuah karya yang memiliki kemiripan, bukan bearti karya yang plagiat. Menurutnya jika mengidolakan seseorang tak perlu terlalu fanatik hingga dibutakan logikanya.