Brilio.net - Selebgram yang kini juga membuat konten di YouTube, Ria Ricis, dinobatkan oleh Google Indonesia sebagai perempuan kreator pertama yang menembus sejuta pelanggan. Pemilik nama asli Ria Yunita ini mengaku awalnya enggan membuat konten di YouTube karena platform itu berbeda dengan Instagram yang dilakoninya.

"Alhamdulillah, senang banget. Itu kan karena subscriber (pelanggan), terima kasih banyak," kata Ria saat ditemui di acara YouTube Pop-Up Space Jakarta, Senin (18/9).

Saat itu, ia beranggapan YouTube lebih rumit karena durasi video lebih panjang dan ia tidak terlalu suka dengan vlog yang banyak kamera. Berbekal saran dari timnya, ia membuat konten video untuk YouTube sekitar tahun lalu.

"Kalau di YouTube, aku nggak tahu mau buat apa," terangnya dikutip Antara.

Enam bulan pertama, konten dibuat oleh tim, ia hanya menjalani pengambilan gambar. Belakangan, ia menyadari platform tersebut dapat mengasah kreativitasnya dan tertarik untuk lebih serius. Ia terbilang cukup cepat meraih jumlah pelanggan, kurang dari dua tahun, ia mampu menembus angka sejuta.

Adik dari aktris dan penulis Oki Setiana Dewi ini banyak membuat konten mengenai permainan squishy, mainan elastis yang viral di dunia maya dengan sebutan 'penghilang stres'. Meski sering dibilang kontennya kurang bermanfaat, Ria membawa misi ingin membuat konten yang dapat ditonton semua usia, terutama anak-anak.

"YouTube kan bebas banget, aku ingin selamatkan anak kecil, konten yang bisa ditonton semua orang. Isinya full squishy semua dan itu duitnya habis, tapi, worth it (sepadan)," terangnya.

Saat ini, ia belum begitu menyukai vlog. Selain mengenai squishy, sesekali ia juga membuat video berisi tantangan dan juga parodi. Menyikapi jumlah pelanggannya yang kini melebihi sejuta, Ria Ricis memasang target lebih besar untuk menyamai salah satu YouTuber kesukaannya, Raditya Dika.

"Dalam 2-3 bulan minimal sebanding dengan Raditya Dika. Hahaha… Berat ya? Tapi, harus punya target karena itu yang buat semangat," pungkasnya.