Kiprah Parto dari dulu hingga sekarang juga masih diperhitungkan. Terbukti namanya masuk dalam nominasi Anugerah Komedi 3 Indonesia 2023 yang digelar RCTI. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa menjadi komedian bisa sukses meski sudah tak muda lagi.

Uniknya, kisah hidup Parto sebagai pelawak ternyata bukanlah bagian dari cita-citanya. Dia dahulu pernah punya keinginan menjadi tentara.

Hal itu terungkap saat berbincang bersama Vincent dan Desta di YouTube VINDES. Parto mengatakan dia sempat mendaftarkan diri ke Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL).

Pria mirip Ariel NOAH hampir jadi TNI © Instagram

foto: Instagram/@partopatrio

Saat masih muda, Parto pernah mengikuti tes seleksi tentara angkatan laut. Ia bahkan tinggal menjalani tes renang dan lari untuk bisa lolos jadi TNI.

"Pernah gue daftar di angkatan laut di Gunung Sari. Gue tesnya sudah, tinggal tes lari sama berenang besok harinya," ucap Parto.

Parto kemudian menceritakan bahwa satu malam sebelum dia menjalani tes fisik, dia memilih untuk berkumpul bersama teman-temannya. Saat hendak pulang, salah satu teman Parto menawarkan diri untuk mengantarkannya ke rumah. Saat itulah musibah bemula.

"Malamnya bergaul sama anak-anak. Mau pulang jalan kaki, ada teman naik motor, 'Mau ke mana?' 'Pulang.' Diantarkan," ujar Parto menceritakan.

Kecelakaan terjadi lantaran temannya oleng saat berkendara akibat melihat seorang pedagang yang muncul tiba-tiba hingga lutut Parto terbentur mobil yang terparkir di area kejadian.

Ternyata temannya itu baru saja belajar naik motor. Cedera di bagian dengkul, ayah Amanda Caesa ini terpaksa tidak bisa mengikuti tes lari dan berenang untuk masuk TNI Angkatan Laut.

"Pas belokan, ada mobil parkir. Terus tukang sekuteng, 'Awas!' Tahu-tahu nabrak! Gue kena bumper belakang mobil di lutut. Tukang sekutengnya nggak apa-apa," kenang Parto.

Pria mirip Ariel NOAH hampir jadi TNI © Instagram

foto: Instagram/@partopatrio

Mengalami kecelakaan Parto akhirnya gagal mengikuti tes lari dan renang. Meski tak menjadi tentara, Parto tak berkecil hati. Justru dia melihat kegagalannya menjadi pintu masuk kariernya menjadi komedian.

"Keinginan menjadi tentara tak terwujud, tapi gue menjadi pelawak yang terkenal," kata pria 62 tahun tersebut.

Bahkan pendapatan Parto menjadi pelawak dikabarkan bisa mencapai sekitar Rp 30 juta per satu episode di sebuah stasiun televisi. Kekayaannya diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah.