Brilio.net - Presenter kondang Muhammad Farhan atau Farhan masuk sebagai kandidat calon wali kota Bandung periode 2018 berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga survei Indonesia Strategic Institute (Instrat). Instrat merilis hasil survei tentang Persepsi Warga Kota Bandung terkait Masalah Kota Bandung dan Suksesi Kepemimpinan Kota Bandung 2018.

"Tiga urutan teratas popularitas sosok calon walikota Bandung setelah Ridwan Kamil, adalah M Oded Danial (83,2 persen), Atalia Praratya (72 persen) dan M Farhan (55,8 persen)," kata Direktur Kajian Strategis Instrat Adi Onggoboyo, di Bandung, Senin (17/4).

Adi menjelaskan ketiga tokoh tersebut dimaklumi memiliki popularitas yang tinggi atau lumayan tinggi seperti sosok Wakil Wali Kota Bandung M Oded Danial yang dikenal sebagai petahana, Atalia yang merupakan istri dari Ridwan Kamil dan M Farhan sebagai artis.

Ia menuturkan dalam survei itu diketahui bahwa Ridwan Kamil menempati urutan teratas pada pertanyaan top of mind terkait calon wali kota Bandung 2018 mendatang. Selain itu, lanjut dia, sosok Ridwan Kamil juga sangat mendominasi angka popularitas dan potensi elektabilitas untuk pencalonan wali kota Bandung 2018.

"Akan tetapi, seiring dengan rencana Ridwan Kamil yang akan mencalonkan diri sebagai Gubernur Jabar 2018 maka bursa bakal calon wali kota Bandung 2018 menjadi menarik. Di mana harapan publik menjadi cukup tinggi akan pengganti Kang Emil yang dianggap bisa melanjutkan pembangunan Kota Bandung dengan baik," kata dia dikutip Antara.

Sementara itu, kata dia, ekspektasi publik akan sosok Wali Kota Bandung 2018 adalah dari kalangan profesional adalah 22,2 persen dan akademisi sebesar 18,2 persen.

"Hal ini menunjukkan situasi bahwa ada keinginan sosoknya kurang lebih berasal dari latar belakang yang sama dengan Wali Kota Bandung saat ini," pungkas dia.