Brilio.net - Sejak mengumumkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945 hingga saat ini, Indonesia telah dipimpin oleh 7 orang presiden yakni Soekarno (1945-1967), Soeharto (1967-1998), B.J. Habibie (1998-1999), Abdurrahman Wahid (1999-2001), Megawati Soekarno Putri (2001-2004), Susilo Bambang Yudhoyono (2004-2014), kemudian Joko Widodo (2014-sekarang).

Para tokoh besar yang menjadi orang nomor satu di Indonesia ini tentu telah menyumbangkan berbagai perubahan serta kemajuan untuk negara. Biografi serta catatan pencapaian yang diraih oleh para presiden Indonesia telah banyak tertulis. Namun tidak banyak kisah-kisah soal masa kecil para presiden RI.

Meski demikian, potret rumah yang ditempati oleh para presiden RI ini beberapa telah terekspos lho. Ada yang kini menjadi cagar budaya, ada pula yang difungsikan menjadi griya pergerakan sampai galeri foto dan seni.

Nah, berikut potret rumah masa kecil lima presiden RI yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (24/10).

1. Soekarno.

rumah masa kecil presiden RI  © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Cak Fikri

Rumah masa kecil Ir. Soekarno yang berada di Ploso, Jombang ini sudah ambruk karena lama tak dirawat. Meski demikian lokasi serta bangunan yang tersisa dari rumah ini sekarang telah menjadi cagar budaya. Tampak yang masih berdiri kokoh hanyalah kamar mandi serta sumur yang terpisah. Sementara pada bagian lainnya hanya terlihat sisa pondasi yang diberi keterangan soal letak ruang tamu, ruang tengah serta kamar tidur.

2. B.J. Habibie.

rumah masa kecil presiden RI  © 2021 brilio.net

foto: Liputan6.com/Andri Arnold

BJ Habibie menghabiskan masa kecilnya bersama keluarga di Gorontalo. Rumah masa kecil yang dulu ditempatinya pun tidak banyak berubah. Diketahui, rumah ini berada di depan jalan utama menuju Kabupaten Bone Bolango. Tampak dalam foto, rumah ini dicat warna kuning gading. Rumah ini memiliki pondasi tinggi dan anak tangga pada bagian kiri dan kanan untuk naik ke rumah. Di bagian dalam rumahnya pun penuh dengan foto-foto beragam aktivitas keluarga besar Habibie.

3. Abdurrahman Wahid.

rumah masa kecil presiden RI  © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Ismail Fahmi

Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menghabiskan masa kecil di sebuah rumah di daerah Matraman, Jakarta. Tampak bagian depan rumahnya bergaya vintage dan dicat dengan warna putih. Dalam salah satu ruangannya di cat hijau dan terdapat lukisan Gus Dur yang tengah tertawa. Sejak 2016, rumah ini diketahui menjadi griya pergerakan yang kerap dijadikan tempat berkumpul organisasi.

4. Susilo Bambang Yudhoyono.

rumah masa kecil presiden RI  © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Agus Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat kecil tinggal di Pacitan, Jawa Timur. Dalam satu kesempatan Agus Yudhoyono bersama sang istri, Annisa Pohan juga mengunjungi rumah tersebut. Rumah yang berbentuk pendopo ini sudah diubah menjadi galeri seni dan galeri foto SBY serta keluarga. Terdapat pula potret kamar tidur SBY yang ukurannya terbilang kecil, karena hanya seluas bentangan tangan orang dewasa.

5. Joko Widodo.

rumah masa kecil presiden RI  © 2021 brilio.net

foto: YouTube/@Presiden Joko Widodo

Dahulu Joko Widodo kecil harus menyaksikan rumahnya yang berada di pinggir Kali Anyar digusur tanpa ganti rugi. Ia kemudian sempat beberapa kali mengontrak rumah, sebelum pada akhirnya tinggal menetap di hunian sederhana sampai remaja. Nah, rumah yang sempat ditempati Jokowi ini berada di kawasan Tirtoyoso, Manahan, Surakarta.

Rumah ini tampak didominasi dengan warna putih dan masih terdapat kotak surat tua yang berada di pagar. Kemudian di dalam salah satu ruangannya, terdapat sofa dengan motif bunga. Saat ini rumah tersebut diketahui ditinggali oleh mantan supir Jokowi yang bernama Suliadi.

(brl/far)

(brl/far)