Brilio.net - Belakangan ini, masyarakat tengah dihadapkan pada situasi yang cukup memanas akibat terjadinya gesekan antara masyarakat Papua dan luar Papua. Pada awalnya, situasi bermula dari insiden ditangkapnya mahasiswa Papua di Surabaya oleh pihak kepolisian. Peristiwa tersebut sempat memicu kondisi mencekam di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, masyarakat melakukan demonstrasi di DPRD Manokwari.

Isu tersebut kini menjadi perhatian berbagai kalangan di Indonesia. Tak sedikit yang mengungkapkan keprihatinannya terhadap apa yang terjadi, tak sedikit pula yang turut ikut bersuara menyampaikan pesannya agar situasi mencekam segera kondusif kembali.

Tak terkecuali dari kalangan seleb. Mereka turut menyampaikan pesan dan dukungannya agar kondisi Indonesia kembali tenteram dan damai. Mereka menyampaikan pesan dan dukungannya lewat akun media sosial masing-masing.

Siapa saja? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut 6 seleb yang turut menyampaikan pesan dan dukungannya terhadap insiden Papua.

1. Arie Kriting.

Loading...

pesan seleb soal papua © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@arie_kriting

Arie Kriting merupakan salah satu komika Tanah Air yang cukup populer. Lewat media sosialnya, Arie Kriting kerap menyampaikan keresahannya terhadap apa yang menimpa masyarakat Indonesia timur, termasuk Papua. Dalam peristiwa yang baru-baru ini tengah banyak dibicarakan, Arie Kriting juga turut bersuara.

Lewat akun Instagram pribadinya, Senin (19/8), ia memposting sebuah video singkat dengan pesan yang cukup panjang. Lewat caption, ia mengungkapkan keprihatinannya dengan kondisi yang terjadi. Namun, Arie tetap mengingatkan kepada masyarakat agar tetap saling bersatu sebagai Bangsa Indonesia.

"Saudara-saudari kami di Papua. Setiap caci maki kepada kalian adalah luka untuk kita semua. Segelintir orang memang sedang menginginkan perpecahan bagi kita semua, tanpa mau peduli siapa yang terluka. Mereka seharusnya bukanlah cerminan Bangsa Indonesia yang sesungguhnya. Bangsa Indonesia adalah saya, Bangsa Indonesia adalah kamu, Bangsa Indonesia adalah kita semua yang tetap beriringan, bergandengan tangan, melangkah bersama menuju kemajuan. Hormat," tulis Arie Kriting.

2. Nowela.

pesan seleb soal papua © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@mikhelia

Nowela Elisabeth Auparay atau yang kerap disapa Nowela merupakan seorang penyanyi asal Papua jebolan ajang pencarian bakat Indonesia Idol 2014. Menanggapi situasi yang tengah memanas, Nowela turut menyampaikan pesannya kepada masyarakat.

Lewat unggahan Instagram Story, Selasa (20/8), ia berpesan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Papua untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu yang berkembang.

"Sedih sekali hati saya dengar berita soal kerusuhan yang terjadi di Papua. Saya mohon tenang dalam menghadapi setiap berita. Jangan Reaktif dan mengambil tindakan yang merugikan tanah kesayangan kita sendiri," tulisnya di akun Instagram @mikhelia.

3. Michael Jakarimilena.

pesan seleb soal papua © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@michaeljakarimilena

Penyanyi asal Papua lainnya, yakni Michael Jakarimilena juga tak ketinggalan menyuarakan dukungannya terhadap masyarakat Papua. Penyanyi jebolan Indonesian Idol musim pertama tersebut mengingatkan bahwasanya Papua akan tetap menjadi bagian dari Bangsa Indonesia.

"Saya Papua, bagian kecil di dalam tubuh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tuhan taruh saya di dalam tubuh NKRI sebagai mutiara yang berharga, mutiara yang di idam-idamkan semua negara negara lain di dunia, mutiara yang kapan saja bisa hilang dan dicuri orang kalau saya tidak dijaga dengan baik. Saya mutiara dan TUHANLAH PENJAGAKU! Saya Papua dan saya Indonesia.

Saya memang tidak sama ras dengan bagian tubuh Indonesia lainnya, tapi tanpa saya Indonesia cacat," ujar Michael lewat akun Instagramnya.

4. Arie Untung.

pesan seleb soal papua © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ariekuntung

Presenter Arie Untung juga turut bersuara. Ia menyampaikan pesan dan harapannya dengan mengumpamakan hubungan persaudaraan.

"Bersaudara kadang mesra. Kadang marahan. Ngga ada niatan untuk pisahan. Apapun semu perbedaan satu dng lainnya, sayangnya tetep sama. Kita doakan cepet selesai ya masalahnya. Aamiin," tulis Arie Untung lewat akun Instagram pribadinya.

5. Agnes Monica.

pesan seleb soal papua © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@agnezmo

Penyanyi Agnes Monica juga ikut menyuarakan pesannya menanggapi situasi yang tengah memanas yang melibatkan masyarakat Papua. Lewat postingan di akun Instagramnya, Selasa (20/8), ia mengunggah sebuah pesan singkat namun sarat makna tentang persatuan.

"Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika," tulis Agnes.

6. Najwa Shihab.

pesan seleb soal papua © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@najwashihab

Pembawa berita kondang Najwa Shihab juga menuliskan pesannya yang cukup menyentuh lewat akun Instagram pribadi, Selasa (20/8). Najwa mengingatkan bahwa Indonesia terdiri dari berbagai bagian yang saling melengkapi, sehingga harus saling menjaga satu sama lain.

"Jika yang tergores ada padamu, yang mengerang haruslah suaraku. Jika di timur ada yang terluka, di barat harus juga merasa duka. Sebab Indonesia adalah barat, tengah dan timur, tak boleh ada bagian yang jatuh tersungkur," tulis Najwa Shihab.