Brilio.net - Sejak era 60-an, industri musik Indonesia mencetak musisi berbakat. Beberapa musisi yang berkarier sejak era tersebut masih ada yang berkarya hingga sekarang, lho. Salah satunya adalah Bimbo, grup musik legendaris Tanah Air.

Grup musik asal Bandung ini diciptakan pada tahun 1966. Menariknya lagi, personil dari grup ini adalah kakak beradik. Yakni, Sam Bimbo, Acil Bimbo, dan Jaka Bimbo. Dalam kariernya, grup ini kemudian bertambah personel Iin Parlina.

Musik mereka begitu populer era 1970-an hingga 1990-an. Bimbo terinspirasi dari aliran musik rock ala Elvis Presley. Lagu bergenre romansa hingga satir. Namun, pada perkembangannya Bimbo banyak menyanyikan lagu religi.

acil bimbo kakek kyla dan zara JKT48 © berbagai sumber

foto: Istimewa

Selain musisi, personel Bimbo juga dikenal sebagai seniman. Salah satunya adalah Acil Bimbo. Kini pemilik nama lengkap Raden Darmawan Dajat Hardjakusumah ini menjadi ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Bandung Spirit yang bergerak di bidang organisasi kemasyarakatan dan kebudayaan.

Latar belakang pendidikan Acil juga tak sembarangan. Ia lulusan Fakultas Hukum Universitas Padjajaran pada 1974. Kemudian mengambil pendidikan kenotariatan pada 1994 di universitas yang sama. Ia juga mencetak karya-karyanya di dunia musik dan film.

acil bimbo kakek kyla dan zara JKT48 © berbagai sumber

foto: Twitter/@Skyla_INA

Jejak bermusik dan akting Acil diturunkan pada cucu-cucunya. Acil memiliki dua cucu yang aktif berkarya di dunia hiburan.