Brilio.net - Dunia komedi Tanah Air kembali berduka. Salah satu komedian legendaris, Omaswati atau yang populer dengan nama Mpok Omas meninggal dunia, pada Kamis (16/7). Omas mengembuskan napas terakhir dalam usia 54 tahun.

Omas merupakan seorang pelawak sekaligus pemain sinetron sejak era 90-an. Wanita kelahiran 3 Mei 1966 itu memiliki kekhasan yang membuatnya beda dari pelawak lainnya. Selain gaya bicaranya yang khas logat Betawi, ia juga identik dengan karakternya yang ceplas-ceplos.

Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, perjalanan karier Omaswati, Jumat (17/7).

1. Pemain Lenong.

perjalanan karier Omas berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Omas memulai karier di dunia hiburan dengan bermain kesenian tradisional Betawi. Darah seni mengalir deras dalam keluarganya. Dua saudaranya, Mandra dan Mastur, juga berkecimpung di Lenong Betawi hingga menjadi artis terkenal.

2. Bermain sinetron.

perjalanan karier Omas berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Sejak era 2000-an awal, wajahnya sudah sering muncul di layar televisi sebagai pemain sinetron. Sebut saja salah satu perannya yang ikonik adalah sebagai ibunda Laura di Sinetron Upik Abu dan Laura yang hits pada 2008 silam.

3. Jadi pengisi acara lawak.

perjalanan karier Omas berbagai sumber

foto: liputan6.com

Selain sinetron, Omas menjadi pengisi acara lawak di televisi. Sosoknya yang ceplas-ceplos membuat dirinya mempunyai karakter yang kuat. Apalagi gaya lawakan Omas yang selalu berhasil mengundang tawa penonton.

4. Mengurangi syuting.

perjalanan karier Omas berbagai sumber

foto: merdeka.com

Sekitar 2018 lalu, Omas memutuskan untuk sedikit mengurangi aktivitasnya di dunia hiburan. Hal tersebut lantaran faktor usia yang kini sudah tak muda lagi. Pertimbangan lain adalah dirinya ingin fokus mengurus keluarga tercinta.