Brilio.net - Setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini. Tanggal 21 dipilih karena bertepatan dengan hari kelahiran wanita asal Jepara tersebut.

Kartini menjadi tokoh wanita yang berperan penting dalam kemajuan hak asasi perempuan pada saat itu. Dengan tekad yang kuat, ia memperjuangkan emansipasi wanita agar dapat mengenyam pendidikan setara pria.

Peringatan Hari Kartini tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di tengah pandemi Covid-19, masyarakat tidak dapat leluasa merayakan Hari Kartini di sekolah ataupun di tempat kerja.

Meksipun begitu, beberapa selebriti Tanah Air tetap memperingati Hari Kartini dengan berdandan ala Kartini di rumah. Mereka juga memberikan beberapa pesan untuk wanita-wanita masa kini yang harus melanjutkan perjuangan Kartini.

Seperti apa penampilan selebriti tersebut? Berikut lima seleb rayakan Hari Kartini dengan berkebaya di rumah, dirangkum brilio.net dari Instagram pada Selasa (21/4).

Loading...

1. Diah Permatasari.

Seleb rayakan kartini di tengah pandemi  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@diahpermatasari_d_p_s

Berbalut kebaya berwarna merah dan tetap menggunakan masker, Diah Permatasari ajak Kartini masa kini untuk berbagi dan bersatu melawan Covid-19.

2. Yuni Shara.

Seleb rayakan kartini di tengah pandemi  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@yunishara36

Yuni Shara tampak anggun berbalut kebaya putih. Dia mengingatkan pesan dari Raden Ajeng Kartini untuk memulai menolong diri sendiri, agar dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna.

3. Cynthia Lamusu.

Seleb rayakan kartini di tengah pandemi  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@cynthia_lamusu

Berbalut kebaya warna hitam, istri Surya Saputra ini memberikan semangat emansipasi. Bukan bagaimana berjuang untuk mendapatkan kesetaraan hak di bidang karier saja, tapi juga bagaimana wanita bertanggung jawab dalam aktivitas di rumah saja selama pandemi virus corona.

4. Ayu Ting Ting.

Seleb rayakan kartini di tengah pandemi  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@ayutingting92

Bersama putri semata wayangnya, Bilqis Khumairah Razak, Ayu kompak mengenakan kebaya hitam. "Selamat Hari Kartini," ujar Ayu di Instagram.

5. Mayangsari.

Seleb rayakan kartini di tengah pandemi  © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mayangsaritrihatmodjoreal

Mayangsari juga mengajak anaknya untuk memperingati Hari Kartini. Berbalut kebaya berwarna ungu, Mayang dan putrinya bak wanita kerajaan. "Selamat Hari Kartini, perempuan cerdas seluruh Indonesia," ucap Mayang melalui postingan Instagramnya.