raline shah anak konglomerat terpandang © instagram

foto: Instagram/@ralineshah

Selain karena karyanya, Raline menginspirasi publik karena kepeduliannya di bidang kemanusiaan. Ia menjadi sukarelawan untuk United Nation's High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan World Wide Fund for Nature (WWF). Raline juga merupakan salah satu pendiri Yayasan Tunas Bakti Nusantara pada 2018 dengan memberikan bantuan untuk pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pembangunan di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) di Indonesia.

raline shah anak konglomerat terpandang © instagram

foto: Instagram/@ralineshah

Nggak banyak yang tahu, Raline Shah merupakan artis wanita Indonesia yang memiliki latar belakang dari keluarga terpandang. Diketahui, ayahnya Rahmat Shah adalah pemilik Taman Hewan Pematang Siantar (THPS). Hal itu diungkap oleh Raline Shah sendiri dalam kanal YouTube Melaney Ricardo.

"Papa kamu itu yang punya zoo di Siantar?" tanya Melaney seperti dikutip brilio.net, Kamis (8/6).

"Iya," jawab Raline sambil senyum-senyum.

Dilansir dari situs resminya, Kebun Binatang Pematang Siantar atau kini dikenal THPS ternyata sudah eksis sejak 27 November 1936 silam di atas lahan seluas 4,5 hektare. THPS merupakan kebun binatang keempat tertua di Indonesia yang masih bertahan setelah Kebun Binatang Surabaya, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan di Bukittinggi, serta Kebun Binatang Bandung.

Jumlah keseluruhan satwa koleksi yang dikonservasi di dalam THPS totalnya mencapai sebanyak 715 ekor yang terdiri dari 183 spesies. Sampai saat ini, jumlah koleksi yang terdapat di THPS terus bertambah karena memiliki kebijakan konservasi dan penangkaran satwa yang dapat terbilang sukses.