Brilio.net - Pada dasarnya, berbagi bukan sifat alamiah balita. Tetapi sebagai orangtua, kita bisa ajarkan sehingga balita tahu bahwa berbagi merupakan bentuk kepedulian terhadap orang lain. Hal itu yang membuat Riafinola Ifani Sari atau kerap disapa Nola B Three menerapkan konsep berbagi pada anak sejak kecil.

Menurut Nola, banyak pengaruh positif bila si anak sudah memiliki sikap saling berbagi.

"Kami percaya, jika anak-anak memiliki kemampuan berbagi, mereka akan dapat diterima dengan baik oleh lingkungannya, mereka akan lebih aware kepada sekelilingnya dan dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka," kata Nola saat ditemui dalam acara Grand Final Cussons Bintang Kecil season 7 di Jakarta, Minggu, (3/2).

Kendati demikian, Nola mengatakan tidak mudah mengajarkan konsep berbagi kepada anak-anaknya. Masing-masing anak memiliki sifat berbeda. Maka kembali lagi, orangtua harus menjadi contoh yang baik. Diawali dari mengajarkan empati. Ketika anak sudah bisa berempati, ia akan lebih mudah berbagi.

“Misalnya Naura (anak pertama Nola yang meniti karier sebagai penyanyi cilik), sudah mengerti bahwa dengan bernyanyi dia sudah dapat membagi kebahagiaan dengan orang lain,” tambah Nola.

Loading...

Sependapat dengan sang istri, Baldy Mulya Putra mengatakan banyak sekali dampak positif yang bisa didapatkan sang anak ketika mengajarkan berbagi.

"Pertama, anak lebih peka terhadap sekeliling, lebih care dan sadar. Kedua, munculnya rasa percaya diri. Mereka punya kepercayaan diri dan itu positif untuk mereka. Jadi mereka punya bekal saat dewasa kelak," kata Baldy.

Melihat banyaknya dampak positif dari berbagi, salah satu produk perawatan bayi, Cussons menggelar kegiatan Cussond Bintang Kecil.

Cussons © 2019 brilio.net

Dimulai sejak 2012 lalu, ajang tersebut telah banyak memberi inspirasi kepada orangtua dan anak-anak. Kegiatan Cussons Bintang Kecil 7 juga berhasil mendapatkan penghargaan dari MURI untuk kategori rekor Ungkapan Cinta lbu kepada Anak Terbanyak.

"Realisasi berbagi cinta yang menjadi bagian dari komitmen perusahaan dilakukan melalui kegiatan sosial berupa pemberian donasi melalui program Kick Andy. Donasi akan disumbangkan untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan anak-anak di Indonesia secara nasional," ungkap Head of Brand Activation, PZ Cussons Indonesia, Rahma Anna Setyani.

Cussons Bintang Kecil 7 dilaksanakan sejak 7 Oktober 2018 hingga 7 Januari 2019 dan telah mengumpulkan sekitar 131 ribu partisipan.