Brilio.net - Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penyalahgunaan narkoba. Pernyataan resmi ini disampaikan pihak polisi saat jumpa pers di Polres Metro Jakarta Pusat, Kamis (8/7).

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Nia Ramadhani menyampaikan penyesalan dan permintaan maafnya di acara jumpa pers yang diagendakan Sat Resnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat, Sabtu (10/7). Pada momen itu, Nia sempat tak kuasa menahan air matanya.

Selain memberi waktu untuk menyampaikan permintaan maaf, jumpa pers itu juga membahas kelanjutan kasus tersebut. Salah satunya seperti menanggapi ajuan rehabilitasi Nia dan Ardi.

Seperti diketahui, kuasa hukum Nia dan Ardi, Wa Ode Nur Zaenab, telah mengajukan permohonan rehabilitasi untuk kedua kliennya tersebut. Menurutnya, pasangan suami istri yang menikah pada 2010 itu hanya sebagai pengguna.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (11/7) berikut lima fakta terbaru kasus narkoba Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie yang akan menjalani rehabilitasi.

1. BNN terbitkan surat rehabilitasi.

fakta terbaru Nia dan Ardi rehabilitasi © 2021 berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Nia dan Ardi akan melakukan rehabilitasi setelah keduanya menjalani assessment Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Jumat (9/7). Keputusan ini berdasarkan surat assessment Nia dan Ardi yang dikeluarkan oleh BNN.

"Berdasarkan rekomendasi hasil assessment yaitu terperiksa dianjurkan untuk mendapatkan rehabilitasi, meliputi assessment lanjutan, evaluasi psikologis, wawancara motivasional, konseling, intervensi psikososial," jelas Wa Ode Nur Zaenab dalam keterangannya, Minggu (11/7).

Wa Ode memaparkan, surat tersebut sudah ditandatangani oleh Deputi Rehabilitasi BNN, Riza Sarasvita. Dengan begitu, untuk langkah selanjutnya, Nia dan Ardi akan menjalani rehabilitasi di lokasi yang sesuai dengan kebijakan penyidik dan keluarga.

2. Keluarga memaafkan.

fakta terbaru Nia dan Ardi rehabilitasi © 2021 berbagai sumber

foto: Facebook/Anindya Bakrie

Meski bukan perbuatan terpuji, pihak keluarga telah memaafkan Nia dan Ardi. Pernyataan ini disampaikan Anindya Bakrie lewat unggahan di akun Facebook pribadinya baru-baru ini.

Anindya mewakili keluarganya mengaku memaafkan Nia dan Ardi. Ia juga meminta kepada masyarakat untuk membuka pintu maaf selebar-lebarnya bagi pasangan yang sudah dikaruniai tiga orang anak itu. Tak lupa, Anindya juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah memberi dukungan bagi Nia dan Ardi.

"Selalu ada pembelajaran di setiap kejadian. Selalu ada kemudahan di balik kesulitan. Semoga Ardi, Nia dan kita semua mengambil hikmahnya dan menjadi lebih baik menatap masa depan. Amin," tutur Anindya seperti dikutip brilio.net, Minggu (11/7)

3. Proses hukum tetap berjalan.

fakta terbaru Nia dan Ardi rehabilitasi © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@ramadhaniabakrie

Meski mendapat rehabilitasi, hal ini tidak akan mempengaruhi penanganan perkara Nia dan Ardi. Hal ini seperti sudah disampaikan Kapolres Metro Jakpus Kombes Pol Hengki Haryadi.

"Kami perlu tekankan lagi seandainya ada keputusan rehabilitasi sebagaimana diwajibkan dalam UU pasal 54 UU No 35 2009, bukan berkas tidak kami lanjutkan tetap kami lanjutkan bawa ke pengadilan nanti akan divonis hakim," kata Hengki di Polres Metro Jakpus, Sabtu (10/7).

Hengki juga menegaskan, membawa pengguna ke panti rehabilitasi merupakan bagian dari menjalankan perintah Undang-Undang RI tentang Narkotika Nomor 35 Tahun 2009 pada Pasal 127.

"Hasil penyelidikan kami tentang pengguna narkoba diwajibkan untuk rehabilitasi, itu adalah kewajiban," ujarnya.

4. Polisi kejar pemasok sabu.

fakta terbaru Nia dan Ardi rehabilitasi © 2021 berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Sejak dinyatakan sebagai tersangka pada Kamis (8/7), pihak kepolisian masih terus mencari sosok bandar narkoba yang memasok sabu pada Nia, Ardi, dan supir pribadi (ZN).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengejaran terhadap pemasok sabu. Namun sayangnya, kepolisian masih belum mendapatkan petunjuk pasti dari mana Nia, Ardi, maupun sopir pribadinya membeli sabu.

"Dari mana dia membeli barang ini, tim masih bergerak di lapangan. Nantinya bagaimana pengembangan kasus ini akan kami sampaikan selanjutnya," kata Yusri di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (8/7).

5. Banjir dukungan seleb.

fakta terbaru Nia dan Ardi rehabilitasi © 2021 berbagai sumber

foto: Instagram/@mrsayudewi

Kasus yang menimpa Nia dan Ardi rupanya menggerakkan hati para teman dan sahabat sesama artis untuk mendukung keduanya. Hal ini terlihat dari banyaknya postingan dari rekan artis yang ditujukan bagi Nia dan Ardi.

Seperti yang dilakukan Ayu Dewi belum lama ini. Presenter 36 tahun itu mengunggah foto kebersamaannya dengan Nia dan Ardi saat bermain golf.

Dalam postingan itu, ia menceritakan sosok Nia yang selalu mendukungnya di masa sulit. Tak lupa, Ayu juga mendoakan keduanya mampu melewati ujian yang sedang dilalui.

"Semoga Nia & Mas Ardi bisa ngelewatin ujian ini, In syaa Allah, semua ujian yg kita semua manusia alami lahir batin, akan jadi pendewasaan untuk hari yang lebih baik nantinya dengan Iman Islam yang semakin bertambah Aamiin Aamiin Yaa Rab..Insyaa Allah, doa yg terkirim, bisa membawa keikhlasan & kekuatan untuk melewatinya…Al Fatihah ku untuk kalian," tulis Ayu seperti dikutip brilio.net, Minggu (11/7).