Brilio.net - Tak banyak yang tahu sepertiga dari anggota dan aktif di PBB adalah perempuan. Tentunya hal tersebut merupakan pencapaian yang besar bagi PBB sendiri dan juga pencapaian untuk para perempuan di seluruh dunia. Tak ketinggalan para perempuan yang berprofesi sebagai aktris Bollywood berikut ini. Mereka rupanya dipercaya menjadi duta PBB di berbagai bidang.

Aktris-aktris tersebut membuktikan bahwa rupanya menjadi aktris yang hanya memedulikan penampilan dan pekerjaan saja tidak cukup. Mereka rupanya juga peduli akan lingkungan sekitar mereka, dan juga peduli tentang kesejahteraan manusia di seluruh dunia. Untuk itulah, mereka dinobatkan sebagai duta PBB. Siapa saja aktris cantik tersebut? Intip yuk foto-fotonya berikut ini yang dirangkum brilio.net dari shethepeople.tv, Selasa (9/5).

 

1. Aishwarya Rai Bachchan

Aktris Bollywood Duta PBB © 2017 brilio.net


Istri dari aktor tampan Abhisek Bachchan ini rupanya pernah menjadi duta PBB UNAIDS (United Nations programme for HIV/AIDS). Sebagai seorang ibu baru kala itu, ia sangat rutin mengampanyekan tentang bahaya AIDS apalagi untuk bayi yang tak berdosa, yang ada di dalam kandungan. Ia menyuarakan pentingnya melindungi para bayi di seluruh dunia dari infeksi HIV.

Ia juga menjadi salah satu duta yang mengikuti upacara International Day of Peace di New York bersama Sekjen PBB atau UN Secretary General Ban Ki-Moon serta aktor Michael Douglas kala itu.

 

2. Shabana Azmi

Aktris Bollywood Duta PBB © 2017 brilio.net


Salah satu aktris berbakat lainnya yang menjadi duta PBB adalah Shabana Azmi. Ia menjadi duta PBB UNPFA atau United Nations Population Fund. Ia banyak mengikuti kegiatan sosial diantaranya, ikut berkampanye dalam memberantas AIDS dan memberantas penganiyayaan pada anak-anak.

 

3. Lara Dutta

Aktris Bollywood Duta PBB © 2017 brilio.net


Siapa yang yak kenal dengan Lara Dutta? Setelah memenangkan ajang Miss Universe tahun 2000 lalu, Lara Dutta kemudian didaulat menjadi duta PBB UNPFA atau United Nations Population Fund untuk kawasan India. Ia kemudian melakukan perjalanan mengelilingi India untuk mengampanyekan bahayanya seks bebas dan pentingnya orang-orang untuk mulai memperhatikan kesehatan reproduksi.

 

4. Manisha Koirala

Aktris Bollywood Duta PBB © 2017 brilio.net


Aktris India yang berasal dari Nepal ini dikenal karena kegiatannya yang banyak behubungan dengan sosial. Ia menjadi dut PBB UNPFA tahun 1989, dan ia sangat menentang yang namanya perdagangan manusia. Perdagangan manusia atau human trafficking diketahui sangat tinggi angkanya di Nepal. Tak hanya itu, ia juga mengampanyekan pentingnya para perempuan untuk bisa keluar dari jerat kekerasan dan berani menuntut keadilan.

 

5. Priyanka Chopra

Aktris Bollywood Duta PBB © 2017 brilio.net


Tahun 2008 Priyanka menjadi duta PBB UNICEF untuk India, dan duta PBB UNFPA tahun 2010 untuk India pula. Ia banyak menyuarakan tentang kesetaraan gender. Hak-hak anak dan perempuan. Selain itu, ia juga menyuarakan tak hanya laki-laki saja yang berhak untuk mengenyam pendidikan tinggi, namun para perempuan di India pun berhak mendapat pendidikan.