Brilio.net - Ngunduh mantu adalah sebuah tradisi yang membuat momen pernikahan terlihat spesial dan juga unik. Meski ngunduh mantu sendiri bukanlah sebuah kewajiban, namun banyak orang yang tetap ingin menyelenggarakan salah satu dari prosesi pernikahan adat tradisional ini.

Ngunduh mantu adalah sebuah pesta lanjutan. Pesta ini dijadikan momentum sebagai cara keluarga pengantin pria untuk memberi tahu kepada sanak saudara atau tetangga bahwa mereka memiliki anggota keluarga baru yaitu pengantin perempuan. Dalam praktiknya, mungkin satu daerah dengan daerah lainnya memiliki perbedaan dalam mengadakan acara ngunduh mantu.

Melakukan acara ngunduh mantu pada momen pernikahan ini juga dilakukan oleh sederet penyanyi Tanah Air ini. Mulai dari Danang D'Academy hingga pasangan penyanyi Ashanty dan Anang Hermansyah menggelar acara ngunduh mantu dengan mengusung adat yang berbeda-beda.

Berikut momen ngunduh mantu penyanyi yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/1).

1. Danang D'Academy dan Hemas Nura

Momen ngunduh mantu penyanyi © berbagai sumber

foto: foto: Instagram/@ruangpandang.studio

Setelah menggelar acara pernikahan secara mewah di sebuah hotel berbintang di Yogyakarta, Danang DA dan Hemas Nura pun menggelar Ngunduh Mantu di Banyuwangi. Dalam acara ini, Danang dan Nura menggunakan baju adat Mupus Braen. Mupus bermakna awal kehidupan dan harapan, sementara Braen memiliki arti bersolek. Baju adat Mupus Braen sendiri merupakan baju adat dari suku Osing, Banyuwangi.

2. Lesty Kejora dan Rizky Billar

Momen ngunduh mantu penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@ayah_kejora

Lesty Kejora dan Rizky Billar menyelesaikan rangkaian pernikahan dengan acara ngunduh mantu yang digelar di Bandung pada September lalu. Acara yang disiarkan langsung di stasiun televisi swasta ini pun menarik banyak perhatian dari para penggemarnya.

Dalam momen ngunduh mantu tersebut, Lesty Kejora dan Rizky Billar mengenakan busana adat Minang bernuansa merah muda dan emas. Suasana khas Minang pun kental terasa dalam acara tersebut.

3. Momo Geisha dan Nicola Reza

Momen ngunduh mantu penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@therealmomogeisha

Pernikahan penyanyi Momo ‘Geisha’ dengan pengusaha asal Malang, Nicola Reza, tercatat sebagai salah satu pernikahan artis termewah dan memadukan keragaman budaya pada tahun 2017. Usai melangsungkan pemberkatan, Momo dan Nicola melangsungkan resepsi dengan konsep royal wedding. Lalu, keduanya menggelar acara ngunduh mantu dengan adat Jawa, dan terakhir resepsi dengan adat Batak sesuai dari daerah asal Momo.

4. Mytha Lestari dan Barry Maheswara

Momen ngunduh mantu penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@journalportraits

Penyanyi jebolan ajang Mamamia, Mytha Lestari resmi menikah dengan Barry Maheswara pada 5 November 2017 di Klub Golf Estate Bogor Raya Jawa Barat. Usai akad nikah dan resepsi pertama, Mytha dan Barry menggelar ngunduh mantu yang bertempat di Balai Sudirman pada 12 November 2017. Dalam acara ngunduh mantu, Mytha Lestari dan Barry Maheswara memilih busana yang kental dengan nuansa adat Jawa.

5. Anang dan Ashanty

Momen ngunduh mantu penyanyi © berbagai sumber

foto: Kapanlagi.com

Anang dan Ashanty melakukan acara ngunduh mantu di Jember pada tahun 2012 silam. Bagai pernikahan kerajaan, Anang dan Ashanty sampai diarak seluruh warga Jember. Keduanya terlihat serasi dengan mengenakan baju adat Madura.

6. Reza D'Academy dan Valda Alviana

Momen ngunduh mantu penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@i_am_rezalliants1205

Meski telah resmi bercerao pada September 2021 lalu, penyanyi dangdut Reza D'Academy yang menikah dengan Valda Alviana pada 17 Januari 2021 lalu itu menggelar acara ngunduh mantu di Bandung. cara ngunduh mantu itu digelar meriah. Valda terlihat cantik dengan gaun berwarna lilac, sementara Reza tampil gagah dengan balutan jas hitam.

7. Vidi Aldiano dan Sheila Dara

Momen ngunduh mantu penyanyi © berbagai sumber

foto: Instagram/@vidialdiano

Usai melangsungkan akad nikah dan resepsi pada 15 Januari 2022, Vidi Aldiano dan Sheila Dara melanjutkannya dengan acara ngunduh mantu. Acara ngunduh mantu pasangan selebriti ini digelar dengan tema semi outdoor.

Berbeda dengan akad nikah dan resepsi yang kental dengan nuansa adat, acara ngunduh mantu ini tampak lebih meriah dan mewah. Uniknya, pelantun lagu Status Palsu dan istrinya ini menaiki helikopter menuju lokasi acara. Helikopter yang bertuliskan nama mereka tersebut mendarat di lapangan tempat acara ngunduh mantu dilaksanakan. Vidi Aldiano dan Sheila Dara juga tampil serasi dengan balutan busana putih. Gaya mereka sangat santai, bahkan Vidi Aldiano tampak memakai sepatu kets.