3. Mengidap glaukoma selama 14 tahun.

Mengenang Aminah Cendrakasih   © 2022 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Kondisi Aminah Cendrakasih beberapa tahun belakangan diketahui mengidap sakit tahunan. Pemeran Mak Nyak dalam 'Si Doel Anak Sekolah' itu sempat mengidap glaukoma selama 14 tahun hingga menyebabkan kebutaan. Dilansir dari aao.org, glaukoma merupakan penyakit yang merusak saraf optik mata dan biasanya terjadi ketika cairan menumpuk di bagian depan mata

Kondisi tersebut membuat wanita kelahiran 1938 tersebut sudah tidak bisa lagi beraktivitas seperti biasa. Bahkan, dia hanya bisa berbaring di tempat tidur.

4. Tetap bisa berakting dalam kondisi sakit.

Mengenang Aminah Cendrakasih   © 2022 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Walaupun tidak bisa beraktivitas seperti biasa, namun Aminah tetap semangat untuk berakting. Ia sangat senang ketika harus memerankan Mak Nyak di film Si Doel The Movie pada 2018. Dalam kondisi tersebut, Aminah berakting sambil terbaring di ranjang. Aminah pun kembali muncul di Si Doel The Movie 2.

5. Pernah jadi korban banjir.

Mengenang Aminah Cendrakasih   © 2022 brilio.net

foto: Istimewa

Dalam keadaan terbaring di ranjang, Aminah sempat menghebohkan publik karena dirinya menjadi korban banjir. Pada 2020, rumahnya di Pinang Griya Permai, Tangerang, Banten terendam air hingga ia harus dievakuasi. Rano Karno pun langsung mengirimkan tim evakuasi ke rumah Aminah.