Brilio.net - Dalam pernikahan agama Islam, ada satu hal yang harus dipenuhi oleh mempelai pria, yakni memberikan mahar pada istrinya saat akad nikah. Saat proses ijab kabul, pihak laki-laki wajib memberikan mahar atau maskawin kepada mempelai wanita, seperti perhiasan, uang tunai atau seperangkat alat ibadah.

Meskipun wanita sebaiknya meringankan maharnya, bukan berarti pihak laki-laki memberi mahar seenaknya untuk mempelai wanita tanpa dilihat terlebih dahulu kelayakan maharnya. Laki-laki hendaknya memberikan mahar kepada mempelai wanita sesuai dengan keberadaan wanita tersebut. Keberadaan yang dimaksud dapat dilihat dari segi hubungan dengan aspek kemasyarakatan, adat kebudayaan, dan tingkat kematangan akalnya.

Pada tahun 2020 ini seleb Tanah Air menikah dan mendapat mahar yang beragam. Meski ada yang mendapat mahar yang mewah, beberapa di antaranya juga ada yang mendapat mahar sederhana bahkan unik.

Berikut 10 mahar pernikahan pasangan seleb saat menikah dari yang mewah hingga unik, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (24/12).


1. Yura Yunita.

Mahar artis saat menikah 2020 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@yurayunita



Setelah delapan tahun menjalin hubungan asmara, Yura Yunita dan Donne Maula akhirnya resmi menjadi sepasang suami istri. Keduanya telah menggelar akad nikah di Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/12/2020).

Dalam pernikahan tersebut, Yura mendapatkan mahar berupa uang yang jumlahnya sama dengan tanggal pernikahan Rp 11.122.020. Sembari menjabat tangan wali, Donne mengucap ijab kabul dengan mantap dan lantang.


2. Sherina Munaf.

Mahar artis saat menikah 2020 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@sherinasinna



Sherina Munaf menikah dengan aktor Baskara Mahendra pada Selasa, 3 November 2020 lalu. Dalam instagram pribadinya, Sherina menunjukkan sebuah kotak musik yang rupanya adalah mahar dari Baskara Mahendra.

Sherina mengungkapkan bahwa kotak musik yang ia terima dari sang suami masih belum bisa bernyanyi. Karena musiknya akan diisi sendiri olehnya dan akan berkisah tentang segala hal yang ia sukai.

"Kotak musik ini sementara belum bernyanyi, karena musiknya masih ku buat, tapi dia akan berkisah tentang hal-hal yang aku sukai," tulis Sherina dalam unggahannya.


3. Tara Basro.

Mahar artis saat menikah 2020 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@tarabasro



Kamis, 17 Juni 2020 lalu, aktris Tara Basro telah dipersunting aktor Daniel Adnan. Tara Basro dan Daniel Adnan mengikat janji suci mereka di Wot Batu, Bandung.

Meski tak banyak dekorasi yang digunakan, namun tempat pernikahan yang ia pilih memiliki makna yang begitu mendalam. Bagi Tara, lokasi Wot Batu karya Sunaryo tersebut seolah menggambarkan kehidupan di fase selanjutnya.

Selain lokasi, ada pula yang menarik dari pernikahan Tara dan Daniel. Berbeda dari yang lain, Tara Basro memadukan bunga kering favoritnya dengan origami uang untuk mahar pernikahan. Ia pun memperlihatkan foto mahar pernikahannya tersebut lewat Instagram Story miliknya.

"Ini mahar untuk acara kami kemarin, dari awal memang ingin mahar yang berbeda dari biasanya, lalu punya ide bunga favoritku untuk dikeringkan dan dikombinasikan dengan origami uang kertas yang disimpan didalam dome," tulisnya.


4. Jenita Janet.

Mahar artis saat menikah 2020 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@jenitajanet



Jenita Janet telah melepas status jandanya pada Rabu (11/11/2020) Jenita dipersunting sang pujaan hati Danu Sofwan dengan menggelar akad nikah di Bandung, Jawa Barat. Karena masih dalam masa pandemi, pernikahan tersebut hanya dihadiri keluarga dan sahabat dekat saja.

Jenita dinikahi Danu dengan mahar berupa logam mulia seberat 20 gram dan uang tunai sebesar Rp 1.111.000. Jumlah uang tunai tersebut sama dengan tanggal cantik yang mereka pilih sebagai hari pernikahan.


5. Dinda Hauw.

Mahar artis saat menikah 2020 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@seserahan_id



Pernikahan Dinda Hauw dengan Rey Mbayang sempat menarik perhatian publik pada pertengahan tahun 2020 lalu. Tanpa pacaran, mereka memilih proses taaruf untuk saling mengenal satu sama lain.

Akhirnya, keduanya menikah pada Jumat (10/7/2020). Rey memberikan mahar berupa logam mulia 40 gram kepada Dinda Hauw. Di dalam pigura berwarna putih bertuliskan nama kedua mempelai dan tanggal pernikahannya.


6. Vebby Palwinta.

Mahar artis saat menikah 2020 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@vepalovers_mlng



Vebby Palwinta kini tengah menanti kelahiran anak pertamanya. Vebby Palwinta menikah dengan Razi Bawazier pada Sabtu (18/4). Akad nikah dilangsungkan di KUA Kebayoran Lama, Jakarta. Momen pernikahan mereka menggunakan mahar mata uang asing senilai 500 dinar atau setara dengan Rp 24 juta.


7. Nathalie Holscher.

Mahar artis saat menikah 2020 © 2020 brilio.net

foto: YouTube/@Rans Entertainment



Nathalie Holscher dipersunting komedian sekaligus presenter Sule pada Minggu (15/11/2020). Mereka menggelar pernikahan di Tsamara Resto dengan dihadiri keluarga dan kerabat dekat yang menerapkan protokol kesehatan.

Nathalie Holscher resmi dipersunting Sule dengan mahar berupa uang tunai Rp 200 juta, emas 75 gram dan seperangkat alat salat. Rona kebahagiaan pun begitu terpancar dari Sule, Nathalie Holscher dan para tamu undangan yang hadir.


8. Angbeen Rishi.

Mahar artis saat menikah 2020 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@angbeenrishi



Angbeen Rishi menikah dengan Adly Fairuz di salah satu hotel di Jakarta pada Sabtu 28 Maret 2020 lalu. Pernikahan tersebut hanya dihadiri keluarga inti mereka berdua.

Melalui instagram pribadinya, Angbeen menyampaikan permintaan maaf lantaran tak bisa mengundang banyak tamu mengingat kondisi yang tidak memungkinkan karena masa pandemi corona.

Pada hari pernikahannya, Angbeen Rishi Mobil tersebut diberikan secara langsung usai acara akad digelar di sebuah hotel kawasan Jakarta. Adly membeli mobil mewah tersebut dalam kondisi baru, dengan plastik yang masih menutupi semua bagian dalamnya.


9. Angelica Simperler.

Mahar artis saat menikah 2020 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@kapanlagi.com



Angelica Simperler menikah dengan Rico Hidros Daeng pada 20 Juni 2020 lalu. Pernikahan Angelica Simperler dan Rico Hidros Daeng digelar sesuai protokol kesehatan berkait dengan pandemi Covid-19.

Oleh karenanya, pernikahan Angelica Simperler dan Rico Hidros Daeng hanya dihadiri keluarga inti saja. Saat akad nikah berlangsung, Angelica mendapatkan mahar berupa seperangkat alat salat dengan emas berlian seberat 20 gram.


10. Nikita Willy.

Mahar artis saat menikah 2020 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@nikitawillyofficial94



Pada 16 Oktober 2020, Nikita Willy resmi menikah dengan Indra Priawan. Akad nikahnya digelar di kediaman Nikita Willy di kawasan Jakarta Timur.

Menggelar acara pernikahan di tengah pandemi, Nikita Willy dan Indra Priawan membatasi para tamu undangan, yakni hanya 30 orang saja. Para tamu yang hadir juga mengikuti protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan, bahkan menjalani rapid test terlebih dahulu.

Saat akad nikah, Indra Priawan memberikan mahar seperangkat alat salat dan emas 75 gram bertahta berlian 9 karat kepada Nikita Willy.