Aksi yang mengganggu ketertiban umum ini kemudian dilaporkan salah satu warga ke Pos Pengamanan Operasi Ketupat Menumbing 2023 Polres Belitung Timur yang berada di Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

"Anggota Pospam Gantung dan personil Pospam langsung mengejar tersangka yang telah meresahkan pengguna jalan," tambahnya.

Ikal Laskar Pelangi ditangkap polisi © Instagram

foto: Instagram/@zulfani_pasha

Kasus semakin bertambah usai mobil yang dikendarai Ikal bersama temannya terlibat tabrak lari pada Sabtu (29/4) pukul 01.00 WIB. Aksi tabrak lari terjadi ketika para pelaku dalam upaya melarikan diri dari kejaran polisi. Zulfani dan rekan-rekannya melarikan diri dengan kecepatan tinggi.

"Pospam Operasi Ketupat Menumbing 2023 Polres Belitung Timur di Kecamatan Gantung menerima laporan tabrak lari yang dilakukan oleh kelima pelaku tersebut. Menerima laporan itu anggota Pospam dan Kanit Intel Polsek Gantung mengejar tersangka yang kabur dengan kecepatan tinggi," jelas AKP Wawan.

Ikal Laskar Pelangi ditangkap polisi © Instagram

foto: Instagram/@zulfani_pasha

Ketika mencoba untuk menghentikan mobil, tersangka pengemudi pun menabrakkan kendaraan kepada kendaraan personel Pospam. Hingga kendaraaan mengalami ringsek ke bawah kolong mobil pelaku.

"Akhirnya kami berhasil menghentikan mobil tersebut dan pada saat anggota mencoba menghentikan kendaraan itu pengemudi menabrakkan kendaraan yang dikendarai anggota Pospam sampai ringsek ke bawah kolong mobil pelaku tersebut," tukasnya.

Saat ini, pemeran Ikal Laskar Pelangi dan empat rekannya sudah diamankan di Polsek Gantung untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

"Barang bukti berupa satu buah senjata tajam jenis Katana samurai, satu unit mobil Suzuki Ertiga dan telepon genggam turut kami amankan," ujar Wawan.