Brilio.net - Tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono yang akan dilaksanakan di Solo, Minggu (11/12) bakal dimeriahkan kirab kereta kuda. Setidaknya ada 12 kereta yang disiapkan, salah satunya dikusiri oleh polisi bernama Aiptu Warsito.

Dalam keterangan pers Humas Polda Jawa Tengah kepada Brilio.net, Aiptu Warsito saat ini bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Kesugihan, Polresta Cilacap. Sejak kecil Warsito sudah akrab dengan kuda dan delman di tempat kelahirannya, Dusun Sojiwan, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Warsito memang berasal dari keluarga yang mempunyai kuda dan delman.

"Jadi kebiasaan merawat kuda merupakan turunan dari orang tuanya dan Aiptu Warsito sudah sering dipercaya untuk mengikuti event besar," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy, Kamis (8/12).

Di antaranya adalah Festival Keraton Nusantara di Jogja, Festival Keraton Nusantara di Keraton Solo dan Cirebon, kirab Jumenengan Dalem PB X dan Nikahan Putra Dalem PB X, kirab hari jadi Kota Cilacap, dan kirab pernikahan Wakil Bupati Cilacap (Samsul Aulia Rahman).

kusir kuda © 2022 brilio.net

foto: Brilio.net/Ivanovich Aldino

Sementara itu menurut Aiptu Warsito, dalam acara pernikahan Kaesang dan Erina akan disiapkan 12 kereta kuda untuk acara kirab tasyakuran. Di mana satu kereta kuda untuk pengantin akan ditarik oleh enam ekor kuda dan yang sebelas kereta masing akan ditarik oleh dua ekor kuda.

"Yang dipercaya untuk menyiapkan kereta kuda adalah Mas Ngabehi Mujiono Prasetyo selaku pemilik Pajajaran Stabel yang kebetulan masih kerabat," imbuh Aiptu Warsito.