Brilio.net - YouTuber Sunny Dahye belakangan tengah ramai diperbincangkan hingga menempati trending di Twitter. Warganet dihebohkan dengan akun anonim yang memaparkan berbagai rumor dan sifat asli Sunny Dahye di belakang kamera. Akun tersebut menyebut Sunny telah menghina Indonesia dengan kata-kata seperti 'miskin' dan 'bodoh'.

Sunny juga diklaim tidak suka melihat kesuksesan temannya, termasuk Han Yoo Ra, sesama YouTuber asal Korea yang namanya besar di Indonesia. Tak hanya itu, akun tersebut menyatakan bahwa Sunny pernah memalsukan konten puasa serta tidak membayar upah seseorang yang bekerja dengannya sesuai dengan kesepakatan.

Di tengah kontroversi, Sunny Dahye akhirnya memberikan klarifikasi. Wanita lulusan Universitas Gajah Mada ini buka suara lewat video terbarunya di YouTube yang bertajuk "Yang perlu diketahui...". Dilansir brilio.net dari YouTube @sunnydahyeIn pada Kamis (19/8) ada beberapa poin klarifikasi yang disampaikan oleh Sunny.

Klarifikasi Sunny Dahye © 2021 brilio.net

Pada awalnya, Sunny mengatakan bahwa ia tidak langsung memberikan klarifikasi karena ayahnya baru meninggal dunia. Ia mengaku butuh waktu untuk mencerna situasi yang terjadi. Terlebih setelah mengalami kehilangan atas kepergian sang ayah, Sunny harus menghadapi berbagai cibiran dan komentar menyakitkan atas rumor tersebut.

Menanggapi rumor soal menghina Indonesia, Sunny lantas mengatakan bahwa ia menghormati Indonesia dan selalu memposisikan diri sebagai orang Indonesia.

"Meskipun aku dalam darah Korea dan warga negara Korea, aku selalu mengidentifikasikan diri aku sebagai orang Indonesia dengan dasar, aku besar di Indonesia dan tinggal hampir seumur hidup aku di Bali. Jadi aneh guys rasanya kalau aku merendahkan negara di mana aku menimba ilmu dari TK, SD, SMP sampai kuliah," paparnya.

Meski demikian, Sunny tetap minta maaf atas segala kesalahannya.
"Aku ingin meminta maaf apabila aku sempat melakukan atau mengatakan suatu kesalahan dalam hidup aku, yang aku sendiri jujur kurang bangga," ucapnya.

Klarifikasi Sunny Dahye © 2021 brilio.net

Sementara untuk akun @sunnyisliar2 yang sebelumnya menyebarkan konten-konten buruk tentangnya dan sang suami, Sunny memilih untuk menempuh jalur hukum. Ia sudah mengumpulkan sejumlah bukti dan melaporkan ke kepolisian.

Chris Okano, suami Sunny, juga sempat memberikan klarifikasinya atas postingan seorang artist yang pernah kerja bareng mereka, Natasha. Lewat video tersebut, Chris menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya untuk Natasha dan mengaku sangat puas pernah kerja sama bareng 2 tahun lalu.

Menutup klarifikasinya, Sunny Dahye mengumumkan akan break dari semua media sosial dan fokus pada keluarga.