Mendengar itu Nagita pun semakin penasaran dan menanyakan terkait perasaannya tak lolos ke Singapura.

"Gimana rasanya udah sampai Jakarta terus tiba-tiba nggak dibolehin kerja," tanya Nagita.

Wanita asal Garut ini mengutarakan saat itu bingung untuk kembali ke pulang kampung halamannya lantaran tak memiliki ongkos yang cukup.

"Saya bingung ini Jakarta nggak punya duit cuman dikasih 25 ribu, saya mau pulang juga ongkosnya nggak nyampe," jawabnya.

Merasa tak punya siapa-siapa di ibukota, dia pun menangis di metromini sampai ada yang memberi uang sepuluh ribu.

"Akhirnya saya pulang kan sambil nangis di metromini, terus ada yang ngasih duit 10ribu," katanya.

cerita sus rini jadi TKW YouTube

cerita sus rini jadi TKW
YouTube/NOICE

Karena tak punya uang cukup dan masih ingin bekerja, akhirnya ada saudara Sus Rini yang menelepon dirinya. Kakaknya itu menawarkan Sus Rini untuk dibuatkan calling visa agar bisa menjadi TKW ke Arab Saudi.

"Tapi saya tuh di calling visa sama kakak saya buat kerja TKW di Arab," lanjut Sus Rini.

Sayangnya, data milik Sus Rini untuk bekerja menjadi TKW dijual oleh PT sebelumnya.

"Nah habis itu saya tuh udah masuk PT ternyata dijual sama PT nya," terangnya.

"Apanya?" Tanya Nagita.

"Iru poto-potonya itu, (termasuk) datanya di jual, jadi kalau calling visa itu penghasilan ke PT nya pemasukannya dikit," tukasnya

"Tapi kalau misalkan orang jual ambil dari PT langsung pemasukannya gede buat PT, Nah terus jadi intinya saya jadi TKW dulu tapi nggak ketemu sama majikan yang ngirimin visa ke saya," jelasnya.

Nagita tampak semakin penasaran dengan kisah Sus Rini. Pengasuh anak kedua Nagita ini mengatakan pernah diberangkatkan untuk jadi TKW ke Yordania, namun kehidupannya di sana tidak menyenangkan.

Sebagai seorang TKW di Yordania, Sus Rini bertugas untuk mengurus orang tua. Setiap hari Jumat dia justru ditugaskan untuk mengecat rumah sampai mencuci mobil.

"Di Jordan, nah ternyata ngurus orang tua, tapi yang saya bilang nggak suksesnya itu karena di sana itu setiap hari Jumat saya tuh kalau ngggak ngecat rumah, nyuci mobil," bebernya.

cerita sus rini jadi TKW YouTube

cerita sus rini jadi TKW
YouTube/NOICE

Merasa mendapat pekerjaan yang seharusnya bukan menjadi tugasnya, dia pun mencoba kabur. Terlebih pengasuh Rayyanza ini juga pernah mengalami pelecehan di tempat kerjanya di Yordania. Akhirnya dia nekat untuk kabur dari majikan.

"Saya kabur karena mendapatkan pelecehan seksual," tukasnya.

Saat kabur tujuan utamanya adalah ke Kedutaan. Di sana dia harus ditahan selama sepuluh bulan karena ada laporan kepolisian. Tak hanya itu, Sus Rini juga tak mendapatkan penghasilan selama di Kedutaan karena tak lagi bekerja di Yordania.
Nagita penasaran terkait bagaimana komunikasinya dengan keluarga di rumah.

"Berarti berapa lama Sus nggak pulang waktu itu?" tanya Nagita

"Dua tahun," jawab Sus Rini

"Nggak ketemu anak-anak?" Nagita kian penasaran

"Enggak, nggak ada komunikasi, nggak ada penghasilan, kan saya dapat penghasilan cuma setahun pertama, setahun pas di kedutaan enggak," pungkas Sus Rini.