Brilio.net - Kabar perceraian di kalangan selebriti memang bukan hal baru lagi. Masyarakat juga sudah tampak biasa mendengar kabar tersebut. Namun kebanyakan dari publik mempertanyakan apa yang menjadi penyebab, sehingga mereka memilih untuk mengakhiri hubungan rumah tangga. Sejauh ini alasan para seleb untuk berpisah dari pasangannya memang beragam, mulai dari perselingkuhan hingga masalah-masalah lainnya.

Belum lama ini, nama Zumi Zola menjadi perbincangan hangat lantaran digugat cerai sang istri, Sherrin Tharia. Kabar ini jelas menyita perhatian publik. Selama ini hubungan rumah tangga Zumi Zola terlihat sangat adem, meski kini dirinya sedang menjalani proses hukum terkait kasus korupsi.

"Betul Zumi Zola bin H. Zulkifli Nurdin itu ada digugat oleh istrinya yang bernama Sherrin Tharia binti Sudirman," ujar H Cece Rumana, seperti yang dilansir dari Liputan6.com.

Alasan perceraian dipicu ketidakharmonisan, pertengkaran, dan kurangnya perhatian. "Alasan gugatan, terjadinya perselisihan dan pertengkaran antara tergugat dan penggugat. Penggugat itu adalah Sherrin, tergugat adalah Zumi Zola. Yang kedua adalah kurangnya perhatian dari pihak tergugat kepada penggugat" ujar Cece.

Kasus serupa tak hanya terjadi pada Zumi Zola, dimana ia harus menerima kenyataan berpisah dari sang istri ketika sedang berada di penjara. Beberapa seleb lainnya juga mengalami hal serupa. Siapa saja mereka? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (28/6).

Loading...

1. Zumi Zola.

seleb digugat cerai saat di penjara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@stharia

Sekarang ini Zumi Zola sedang menjalani proses hukum, atas kasus korupsi dan pemberian gratifikasi. Zumi Zola divonis 6 tahun oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Kemudian pada 26 Maret 2020, ia digugat cerai oleh Sherrin Tharia.

Selain alasan ketidakharmonisan, Sherrin Tharia mengaku kurang kasih sayang dari Zumi Zola. Apalagi kini Zumi Zola tengah mendekam di penjara karena kasus korupsi.

"Yang kedua kurang perhatian dari pihak tergugat kepada yang penggugat," ujar Cece Rumana, seperti dilansir dari Liputan6.com.

Banyak yang menduga, perceraian terjadi lantaran faktor ekonomi karena sekarang ini Zumi Zola sedang berada di penjara. Namun hal itu tidak benar.

"Faktor ekonomi enggak ada cuma kurang perhatian sama sering cek cok," kata Cece Rumana.

Zumi Zola dan Sherrin Tharia menikah pada 16 Maret 2012. Dari pernikahannya itu keduanya dikaruniai dua orang anak yaitu Zameer Zahid Abyadh Zola dan Zhafran Ziyadh At-Thahirah Zola.

2. Sandy Tumiwa.

seleb digugat cerai saat di penjara © 2020 brilio.net

foto: KapanLagi.com/Mathias Purwanto

Pada 2019 lalu, Sandy Tumiwa harus menjalani hukuman di Rutan Salemba, Jakarta Pusat, karena kasus narkoba. Kasus ini juga membawa hubungan rumah tangganya menjadi tidak harmonis. Dilansir dari Liputan6.com, Vivi Paris kerap bolak-balik rutan untuk menjenguk suaminya tersebut. Semakin hari, Vivi menilai tak ada perubahan positif yang terjadi pada diri Sandy Tumiwa.

Sebaliknya, Vivi Paris justru mendapati sikap temperamental Sandy Tumiwa makin menjadi-jadi. Alhasil, Vivi mengaku tak sanggup lagi bersama Sandy Tumiwa.

"Saya menginginkan perpisahan atau perceraian. Saya memaksa Mas Sandy ceraikan saya. Alasannya saya sudah tidak sanggup lagi mendampingi Sandy dan lain halnya yang tidak bisa saya ceritakan," ungkap Vivi Paris.

"Perlakuan Mas Sandy dari awal sudah saya tahan. Janjinya dia mau hijrah dan berubah menjadi lebih baik lagi, tapi kenyataannya menjadi-jadi. Itu yang membuat saya tidak nyaman," ia menambahkan.

Namun, karena pernikahan Vivi dan Sandy berlangsung di bawah tangan alias pernikahan siri, Vivi tak bisa melayangkan gugatan cerai ke pengadilan. Oleh karena itu, Vivi hanya bisa memaksa Sandy Tumiwa untuk menalak cerai dirinya.

"Karena nikah siri, enggak mungkin digugat. Bukan persoalan baru, perkara lama Mas Sandy minta maaf dan dia begitu terus. Sudah ribuan kali minta maaf. Dia minta dijaga dan lindungi karena dia mualaf. Nah, ucapannya hanya PHP, angin lalu, besok saya akan paksa dia tanda tangan surat cerai," ungkap Vivi Paris.

Kemudian Sandy Tumiwa mengirimkan surat pernyataan talak tiga pada Vivi karena dirinya yang masih di dalam penjara.

3. Angela Lee

seleb digugat cerai saat di penjara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@angelalee87

Kasus serupa juga dialami oleh presenter, model dan penyanyi Angela Lee. Ketika dirinya sedang menghadapi kasus utangnya yang mencapai Rp 25 miliar, sang suami mengajukan gugatan cerai di Pengadilan Negeri Semarang, Jawa Tengah.

"Aku digugat cerai ke pengadilan di Semarang sama suami. Tanggal 8 November 2017 sudah panggilan kedua. Tapi aku enggak akan datang, karena memang mau mengurusi kasus utang ini," kata Angela Lee seperti dilansir dari Liputan6.com.

Kala itu Angela Lee berharap sang suami bisa menjadi sandarannya ketika menghadapi masalah berat seperti itu. Namun kenyataan pahit harus ditelan Angela Lee.

4. Reza Bukan

seleb digugat cerai saat di penjara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@rezbuk

Pada 2019 lalu, Reza Bukan terjerat kasus narkoba. Setelah ditahan dan menjalani proses hukum, Reza kembali dihadapkan dengan gugatan cerai sang istri, Verena Visca Purnamasari ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Sidang cerai perdana mereka pun digelar pada 23 Januari 2019.

Dilansir dari Liputan6.com, Monang Sagala, kuasa hukum Reza Bukan, mengaku mengetahui soal gugatan cerai untuk kliennya, tapi tak tahu banyak mengenai rumor bisnis Reza Bukan mengalami kebangkrutan hingga harus menjual rumah.

"Oh itu nggak tahu deh. Kalau kita kan temannya, jadi ngebantu teman aja. Soal jual rumah, itu nggak tahu deh," kata Monang Sagala.

Ironisnya, Reza Bukan mengaku tak tahu kabar perceraian itu dari mulut sang istri. Pemain FTV Santri Galau itu menduga kasus narkoba yang menjeratnya sebagai alasan Verena meminta cerai.

"Mungkin, karena kasus ini kali ya," tuturnya, seperti dilansir dari Liputan6.com.

5. Basuki Tjahaja Purnama.

seleb digugat cerai saat di penjara © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@basukibtp

Pada 2018 lalu, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ramai menjadi perbincangan. Pasalnya ketika Ahok sedang menjalani proses hukuman atas kasus penodaan agama, sang istri, Veronica Tan menggugat cerai dirinya.

Kala itu gugatan cerai tersebut benar-benar menarik perhatian publik. Bahkan, pendukung Ahok pernah membuat petisi bertajuk 'Batalkan Gugatan Cerai Pak Ahok kepada Ibu Veronica Tan'.

Basuki Tjahaja Purnama melayangkan gugat cerai karena dugaan perselingkuhan Veronica Tan dengan Julianto Tio. Ahok dan Veronica Tan akhirnya resmi bercerai pada 4 April 2018.