Brilio.net - Belum lama ini, Cinta Kuya cukup menyita perhatian publik dengan kondisi kesehatannya. Cinta diketahui memiliki penyakit kelainan tulang belakang yang melengkung atau skoliosis. Cewek kelahiran 2 Februari 2004 ini memberitahukannya melalui media sosial TikTok.

Skoliosis sendiri adalah kondisi di mana tulang belakang melengkung, seperti huruf C atau S. Skoliosis lebih sering ditemukan pada anak-anak sebelum masa pubertas, yaitu sekitar usia 10-15 tahun.

Sebelum Cinta, ada beberapa selebriti yang mengalami hal serupa. Perjuangannya untuk sembuh pun membuat warganet salut. Bahkan para artis yang mengidap penyakit skoliosis sejak lama ini mengajak para pengikutnya untuk selalu bersyukur. Ragam upaya tentunya dilakukan para artis ini untuk sembuh.

Berikut kisah perjuangan enam seleb pengidap skoliosis, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (14/12).

1. Gracia Indri

6 Seleb skoliosis © Instagram

foto: Instagram/@graciaz14

Gracia Indri pernah mengidap penyakit skoliosis dan membagikan cerita perjuangannya di media sosial. Kakak dari Gisela Cindy ini sudah mencapai 45 derajat kemiringan tulang belakang.

Rupanya kondisi ini dialami karena tak kuat menahan berat tubuhnya. Alhasil tulang belakangnya pun mengalami pelengkungan dan munculah skoliosis. Rutin berolahraga dan menjalani terapi merupakan upaya yang dapat dilakukan agar tulang belakang yang melengkung bisa kembali lurus.

"Scoliosis. Emang bener aku pernah kena Scoliosis miring 45 derajat, kalo di kasus aku karena tulang tidak kuat menopang ketika berat badan berlebih. Sempet melakukan terapi dan sekarang diteruskan saat olahraga Gak usah berat2 beban nya .. yg penting rutin," tulis Gracia Indri di laman Instagram pribadinya pada Mei 2019 lalu.


2. Aurelie Moeremans

6 Seleb skoliosis © Instagram

foto: Instagram/@aurelie

Aurelie Moeremans juga mengidap skoliosis sejak tahun 2014 silam. Hal tersebut pernah diceritakan Aurelie di laman Instagram pribadinya. Bahkan ia pernah mengunggah potret tulang belakangnya yang melengkung. Terapi dan olahraga rutin dilakukan artis kelahiran Belgia ini agar bisa sembuh dan tulang belakangnya bisa lurus.

"Baru sadar kalo bulan juni adalah #scoliosisawarenessmonth.. This is my spine.. Yep.. ini foto 3 tahun lalu.. ada yang punya #scoliosis juga? Kalo ada cerita feel free to share disini ya.. #notbrokenjustbent," tulis Aurelie Moeremans.

3. Nikita Mirzani

6 Seleb skoliosis © Instagram

foto: Instagram/@nikitamirzanimawardi_17

Nikita Mirzani juga merupakan salah satu artis yang mengidap penyakit kelainan tulang belakang atau skoliosis. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, skoliosis adalah kondisi di mana tulang belakang melengkung, seperti huruf C atau S. Ragam upaya dan pengobatan dilakukan para artis agar bisa sembuh dari penyakit tulang belakang ini.

4. Opi Eks Supergirlies

6 Seleb skoliosis © Instagram

foto: Instagram/@supergirlies_id

Salah satu personel girlband Supergirlies, yakni Opi terpaksa harus hengkang dari grup tersebut karena mengidap penyakit skoliosis.

"Dari Manajemen 18 Musik membawa berita bahwa per tanggal 29 September 2013 mengumumkan bahwa Opi sudah tidak bersama Supergirlies, dikarenakan ada sakit di tulang punggung (skoliosis), jadi dia butuh perawatan dan istirahat," terangnya.

Opi pun menambahkan jika skoliosis yang ia alami sudah berkurang dua derajat. Ia pun harus menjalani terapi rutin dan memakai alat bantu yakni brace untuk lekas sembuh.

"Tahun ini berkurang dua derajat (tulangnya turun), udah susah nopang. Sebenernya satu-satunya cara operasi, tapi resikonya besar, jadi lebih baik terapi, pake breket penyangga yang nggak bisa lepas 20 jam kecuali mandi. Untuk sekarang pengen sembuh dulu. Kalau misalnya ke depannya bisa berkarya ya ngga apa-apa, Insya Allah," jelas Opi.

5. Jessica Mila

6 Seleb skoliosis © Instagram

foto: Instagram/@jscmila

Jessica Mila mengidap skoliosis sejak ia duduk di bangku SMP. Jessica Mila pernah membagikan potret hasil rontgen tulang belakangnya yang terlihat alami skoliosis. Foto tersebut dibagikan Jessica Mila di Instagram pada 18 Juni 2020.

Mila pun melakukan berbagai upaya seperti rutin olahraga dan perawatan agar ia kembali sembuh. Pasalnya, jika penyakit skoliosis ini kambuh akan menghambat aktivitas dan membuat seseorang menjadi tidak nyaman.

"Tetapi aku harus rajin olahraga, tetap harus menjaga pola makan aku, pola tidur aku. Karena semuanya itu berpengaruh gitu. Jadi aku harus tetap jaga supaya hidup sehat. Karena itu sangat mempengaruhi tulang punggung aku. Jadi ya paling itu aja sih yang aku lakuin," ungkap Jessica dilansir dari Kapanlagi.com.

6. Cinta Kuya

6 Seleb skoliosis © TikTok

foto: TikTok/@cintakuya

Belum lama ini, Cinta Kuya membagikan cerita perjuangannya untuk sembuh dari penyakit skoliosis yang diidapnya di akun TikTok miliknya. Dalam video singkat tersebut, Cinta membagikan momen-momen saat ia melakukan perawatan agar tulang belakangnya yang melengkung bisa lurus.

Bahkan melalui akun TikToknya, Cinta mengaku bahwa saat awal mula menderita skoliosis, ia mengaku insecure.

"Jujur gue insecure dengan kekurangan gue ini. tapi at the end we have to accept kekurangan kita. Dengan cerita ini gue harap, kalian banyak bersyukur ya," tulis Cinta Kuya di TikTok, Kamis (10/12).