Brilio.net - Satu tahun Indonesia mengalami pandemi Covid-19 membuat sederet selebriti terpapar virus Corona. Dari mulai presenter, penyanyi, aktris, pendakwah dan komedian pun dinyatakan telah terpapar Covid-19 hingga pertengahan tahun 2021.

Meski begitu, mereka tak menyerah begitu saja. Mereka berhasil melawan virus corona sehingga akhirnya dinyatakan negatif. Beberapa dari mereka bahkan pernah dua kali sembuh dari virus tersebut.

Saat divonis terpapar virus corona, beberapa artis pun menunjukkan beberapa gejala, ada yang demam, sesak napas, muncul bercak merah pada wajah atau bahkan tak menunjukkan gejala yang serius. Setelah dinyatakan negatif, kini mereka sudah kembali menjalani aktivitas seperti biasa dan kembali berkumpul bersama keluarga usai melakukan karantina.

Penasaran siapa saja yang telah berhasil sembuh dari Covid-19 dan bagaimana perjuangan mereka untuk sembuh? Berikut kisah perjuangan 15 seleb sembuh dari Covid-19, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (24/6)

1. Paula Verhoeven.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@paula_verhoeven

Pada 18 Mei 2021, Paula Verhoeven dinyatakan positif Covid-19 untuk yang kedua kalinya. Paula terkena Covid-19 untuk yang kedua kalinya saat tengah hamil anak keduanya bersama Baim Wong. Akibat virus tersebut, Paula harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

Awal mula Paula mengetahui dirinya positif Covid-19 yakni saat dirinya melakukan tes PCR saat hendak berlibur ke Bali bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Setelah empat hari menjalani isolasi mandiri di rumahnya, kini Paula Verhoeven sembuh dari Covid-19. Hal itu merujuk dari hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) yang menyatakan kalau istri Baim Wong negatif Covid-19.

Setelah dinyatakan negatif covid-19, Paula Verhoeven sempat bertanya kepada dokter apakah dirinya sudah tidak harus isolasi mandiri.

"Dokter bilang harusnya sudah aman untuk keluar, karena sudah negatif dan enggak ada gejala," kata Paula Verhoeven dilansir dari liputan6.com

2. Fatin Shidqia Lubis.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@fatin30

Fatin dinyatakan positif Covid-19 pada 7 Mei 2021. Akibat terpapar virus tersebut, Fatin harus mendapatkan perawatan intensif di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran. Selama perawatan, Fatin harus mengenakan beberapa peralatan medis untuk memantau dan menjaga kondisinya agar tetap stabil.

Setelah beberapa minggu dirawat dan menjalani isolasi di Wisma Atlet, Fatin pun dinyatakan negatif Covid pada 23 Mei 2021. Lewat Instagram pribadinya, Fatin memperlihatkan momen dirinya pulang dari dari Wisma Atlet. Setelah beberapa minggu dirawat dan menjalani isolasi di Wisma Atlet.

3. Arafah Rianti.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@arafahrianti

Arafah Rianti juga dinyatakan positif Covid-19 dan melakukan isolasi di Wisma Atlet bersama Fatin Shidqia Lubis. Terpapar virus corona pada Mei lalu membuat Arafah tak bisa merayakan lebaran bersama keluarga. Akhirnya, ia merayakan Idulfitri bersama Fatin. Saat lebaran, Arafah sempat mengunggah video bareng Fatin di Instagram saat karantina.

"mohon maaf lahir dan batin ya temen temen jangan lupa pake masker, cuci tangan dan jaga jarak," tulis Arafah dalam caption.

Setelah Fatin dinyatakan negatif, keesokan harinya Arafah melakukan swab tes yang hasilnya ia juga dinyatakan negatif. Lewat channel YouTube-nya, Arafah memperlihatkan saat dirinya keluar dari Wisma Atlet. Wajah bahagia terlihat dari wajah Arafah saat dinyatakan lulus sebagai sarjana Covid-19.

4. Atta Halilintar.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@attahalilintar

22 April 2021 lewat Instagram pribadinya, Atta Halilintar mengabarkan bahwa dirinya dinyatakan positif Covid-19 untuk yang kedua kalinya.

"YA ALLAH :( Shock!! aku Positif C0V1D-19 lagi untuk kedua kalinya..," tulis Atta.

Setelah melakukan karantina mandiri kurang lebih selama satu minggu, Atta Halilintar pun mengumumkan lewat channel YouTube miliknya pada Rabu (28/4), bahwa ia sudah dinyatakan negatif Covid-19. Atta berhasil sembuh dari Covid dengan waktu yang cukup singkat berkat ia menjaga kesehatan dengan ngegym, minum madu, tidur cukup, berjemur dan selalu berpikir positif.

Kabar gembira ini awalnya hanya diketahui Atta seorang. Hingga akhirnya ia pun memberikan kejutan pada istri, Aurel Hermansyah yang dalam beberapa hari ini harus berjaga jarak darinya.

5. Ussy Sulistiawaty.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ussypratama

Lewat channel YouTube Ussy Andhika Official, Ussy Sulistiawaty menceritakan bahwa ia mulai merasakan gejala Covid-19 pada 24 Maret 2021 lalu. Dari hasil tes PCR, ternyata Ussy telah terpapar virus corona. Tak sendirian, Andhika Pratama suami Ussy beserta anak dan asisten rumah tangganya juga dinyatakan positif.

Mengetahui hal tersebut, Ussy meminta 6 dokter untuk memantau kesehatannya bersama keluarga. Hingga akhirnya, Ussy dinyatakan negatif Covid-19 setelah sebelumnya terinfeksi dan harus menjalani isolasi mandiri. Ussy pun langsung menemui keempat anak-anaknya dan melepas rindu.

6. Dinda Hauw & Rey Mbayang.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dindahw

Pada 20 Maret 2021 lalu, melalui Instagram pribadinya, Rey Mbayang menunjukkan surat hasil laboratorium pemeriksaan yang menunjukkan bahwa dirinya dan sang istri, Dinda Hauw positif virus corona. Mendengar informasi tersebut, rekan sesama seleb dan para penggemar pun memberikan doa untuk keduanya. Terutama juga untuk kesehatan Dinda Hauw yang saat itu tengah mengandung anak pertamanya.

Sebelumnya, Rey dan Dinda sempat mengalami beberapa perubahan kondisi seperti anosmia, hilangnya indra perasa dan penciuman. Setelah dinyatakan terpapar virus corona, mereka pun menjalani isolasi hingga akhinya mereka sembuh setelah isolasi mandiri selama dua pekan.

Rey Mbayang dan Dinda Hauw mengunggah hasil pemeriksaan tes yang menunjukkan negatif Covid-19.

"Banyak yang tanya kak Dinda udah sembuh belum? Alhamdulillah setelah isoman selama lebih dari 2 minggu sudah sembuh dan sudah negative juga," tulis Dinda Hauw di Instagram Story (5/4/2021).

Dalam surat keterangan hasil pemeriksaan itu, Dinda Hauw negatif Covid-19 terhitung sejak 5 April 2021.

7. Aurel Hermansyah.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@aurelie.hermansyah

Sebelum menikah, Aurel dinyatakan positif Covid-19. Hal tersebut membuatnya harus isolasi mandiri dan tidak bisa menemani Atta Aurel mempersiapkan pernikahannya kala itu. Karena Covid-19, pernikahan Aurel dengan Atta bahkan diundur. Dari semula akan digelar pada 21 Maret 2021, menjadi 3 April 2021.

Usai dinyatakan positif, Aurel pun langsung menemani Atta mempersiapkan pernikahan mereka. Mereka berdua meninjau beberapa lokasi untuk tempat akad nikah. Mengingat kala itu saat Aurel sakit, Atta harus sendiri melakukan survei lokasi.

8. Maia Estianty.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@maiaestiantyreal

Pada April 2021 lalu, Maia dinyatakan positif Covid-19 untuk yang kedua kali. Diketahui, pada akhir tahun 2020 lalu Maia pernah dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Saat itu, Maia dinyatakan sebagai pasien tanpa gejala atau biasa disebut OTG.

Lewat channel YouTube pribadinya, Maia pun menjelaskan saat terserang virus corona untuk yang kedua kali, Maia merasakan sedikit gejala pada tubuhnya. Ia merasakan tenggorokannya gatal. Selain itu pada wajah Maia juga muncul sedikit ruam-ruam merah.

Sudah pernah positif Covid-19 sebelumnya, membuat Maia lebih tenang dalam melawan virus corona. Maia mengaku sudah tahu bagaimana penanganan dan cara yang tepat agar ia bisa segera sembuh. Akhirnya, Maia pun dinyatakan negatif setelah melakukan isolasi selama 5 hari.

9. Nadya Mustika.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nadyamustikarahayu

Pada 13 April 2021 Nadya Mustika Rahayu, istri Rizki DA melahirkan anak pertamanya di Bandung, Jawab Barat. Namun, sayangnya saat itu Nadya melahirkan dalam kondisi berstatus positif Covid-19. Hal ini pun membuat Nadya tak bisa bertatap muka denga Rizki saat persalinan tengah berlangsung. Meski begitu, Nadya berhasil melahirkan bayi laki-laki secara normal dan dalam kondisi sehat.

10. Ashanty.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ashanty_ash

Ashanty mengumumkan bahwa dirinya dan anak-anaknya telah terpapar virus corona pada Senin, 15 Februari 2021. Dinyatakan positif Covid-19, Ashanty dan anak-anaknya pun langsung melakukan isolasi dan perawatan.

Sayangnya, usai dinyatakan positif Covid-19 kondisi Ashanty sempat menurun. Diketahui, Ashanty ternyata memiliki riwayat penyakit autoimun. Hal ini membuat dirinya dan keluarga semakin khawatir. Merasakan sakit yang luar biasa, Ashanty pun diperiksa lebih lanjut oleh dokter. Saat diperiksa, tingkat D-dimer atau tanda potensial pengentalan darah Ashanty cukup tinggi. Keadaan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatannya.

Dengan dukungan penuh dan Anang dan anak-anaknya, Ashanty pun dapat melewati masa kritis tersebut hingga akhirnya dapat dinyatakan negatif dan kembali berkumpul bersama keluarga.

11. Dede Sunandar.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dede_sunandar

Sama seperti yang dialami oleh Ashanty dan Ussy Sulistiawaty, Dede Sunandar juga dinyatakan positif Covid-19 bersama keluarganya. Diketahui, istri Dede lebih dulu dinyatakan positif Covid-19 pada 19 Februari.

Lewat Instagram pribadinya, Dede kemudian mengumumkan bahwa dirinya bersama sang mertua juga terpapar virus corona.

"Finally mertua dan saya positif Covid-19 Alhamdulillah ikhlas ya rabb," tulis Dede.

Mendapati kondisi ini, dalam akun Instagram, Dede mengaku mencoba ikhlas dan mensyukuri keadaan yang ia terima. Hingga akhirnya, Dede dinyatakan negatif bersama keluarga.

12. Tina Toon.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tinatoon101

Tina Toon mengungkapkan lewat YouTube bahwa dirinya sempat dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes swab PCR pada 15 Januari 2021. Tina Toon awalnya tidak percaya saat dinyatakan positif Covid-19. Mantan aktris cilik yang kini terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta ini juga tak merasakan gejala apapun. Ia pun menaruh rasa curiga dalam dirinya bahwa hasil tesnya false positive atau bisa jadi berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Usai dinyatakan positif Covid-19, Tina Toon langsung memberitahukan kondisinya tersebut kepada pihak keluarga. Namun di sisi lain ia mengaku begitu terkejut, lantaran selama ini Tina selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sehari setelah dinyatakan positif Covid-19, Tina Toon kembali menjalani tes swab PCR. Ia juga mengajak keluarganya untuk turut dites. Hingga, pada tanggal 17 Januari lalu, Tina sudah dinyatakan negatif. Artinya Tina cuma dua hari terjangkit corona.

13. Ghea Indrawari.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@gheaindrawari

Penyanyi jebolan Indonesian Idol, Ghea Indrawari mengabarkan bahwa dirinya sempat terpapar Covid-19 pada Januari lalu, usai menjalani syuting MV di Surabaya. Kabar tersebut ia bagikan melalui unggahan di Instagram dan YouTube pribadinya.

Dalam videonya, Ghea menceritakan beberapa gejala yang dialaminya usai dinyatakan positif. Ghea mengaku dirinya mengalami anosmia, yakni tak bisa merasakan dan mencium apa pun sebagai akibat terpapar Covid-19. Namun demikian, menurutnya gejala tersebut masih tergolong ringan.

Menurut Ghea, salah satu faktor imunnya turun dan terpapar Covid-19 yakni karena ia menjalani diet secara ketat dan kelelahan akibat syuting MV terbaru. Terlebih, pada 18 Januari 2021, dua kru syuting MV-nya di Jakarta terkonfirmasi positif COVID-19.

Setelah menjalani isolasi mandiri di Surabaya selama 7 hari, pada 29 Januari 2021 Ghea dinyatakan negatif Covid-19. Perasaan bahagia pun terpancar dari wajah Ghea. Pasalnya, ia sudah bisa kembali ke Jakarta untuk pulang ke rumah.

14. Nirina Zubir.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nirinazubir_

Perjuangan Nirina Zubir dalam melawan Covid-19 tidaklah mudah. Namun kini aktris serba bisa itu akhirnya bisa bernapas lega karena sudah dinyatakan negatif Covid-19 pada Januari lalu. Hal ini pun menjadi momen yang mengharukan. Pasalnya Nirina harus melalui sejumlah rangkaian perawatan agar terbebas dari virus ini. Beberapa gejala seperti hilangnya penciuman dan nyeri sendi pun sempat dilaluinya saat itu.

Meski begitu, usaha Nirina dalam menjalani masa isolasi mandiri selama 1 bulan pun membuahkan hasil. Setelah 4 kali melakukan swab test, kini ia dinyatakan sembuh dari Covid-19. Perasaan bahagia ini pun ia bagikan di media sosialnya. Nggak kalah bikin haru, kabar kesembuhan Nirina ternyata juga sekaligus menjadi kado untuk ulang tahun sang suami.

15. Aliff Ali.

15 seleb sembuh dari Covid-19 pada 2021 © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@aliff_alli

Aktor Aliff Alli sempat kritis dan dirawat di Wisma Atlet. Adik kandung Miller Khan itu memang diketahui positif Covid-19 sehingga harus menjalani perawatan. Sejak dinyatakan positif Covid-19, Aliff Alli menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet, Jakarta.

Selama 3 pekan, Aliff berada di wisma tersebut dengan mendapatkan perawatan ekstra karena kondisinya terus memburuk. Hal tersebut disebabkan oleh penyakit bawaan Aliff Alli. Meski begitu, Aliff tak lantas putus asa melawan virus dalam tubuhnya. Kondisi Aliff pun berangsur membaik dan telah dinyatakan negatif Covid-19.