Duta mulai menyadari jika batuk yang dideritanya bukan penyakit biasa, lantaran tidak ada kemajuan meski sudah mengonsumsi obat. Ia bahkan merasa semakin serak hingga batuk berdarah.

"Tapi kok nggak sembuh-sembuh sampai pada akhirnya suara nggak lepas, serak, tapi kayak orang mau batuk berdarah, gatal. Tapi saya paksa mau keluarin dahaknya nggak bisa. Di tahun awal 2011 saya sempat batuk darah," lanjutnya.

Kondisinya memburuk hingga Duta pun menjalani cek medis dan akhirnya didiagnosa menderita Tuberkulosis atau TBC. Karena penyakit tersebut, Duta harus vakum dari dunia tarik suara selama enam bulan.

"Saya kena TBC, penyembuhan enam bulan, benar-benar nggak bisa ngeluarin suara," timpalnya.

Kisah haru Duta Mojo nangis © berbagai sumber

foto: YouTube/Salim A. Fillah

Bermacam upaya dilakukan Duta agar paru-paru dan pita suaranya bisa kembali membaik sehingga dapat bernyanyi lagi dengan prima. Setelah menjalani pengobatan untuk TBC sekitar enam hingga sembilan bulan, kondisinya semakin membaik. Setelah Duta dinyatakan sembuh, Sheila On 7 mendapat tawaran tampil di TV.

Duta sebenarnya bisa saja memilih metode lipsync untuk menyelamatkan nama baiknya dan Sheila On 7. Namun dalam kondisinya yang baru sembuh, Duta memilih tetap tidak lipsync. Sayangnya, keputusan tersebut menurutnya justru menjadi penampilan terburuknya sepanjang karier.

"Saya bilang saya kepengen nyoba. Akhirnya mereka ngiyakan hasilnya sebegitu buruknya, buat Sheila on 7, itu malu-maluin. Saya benar-benar kayak orang mau belajar nyanyi, bukan pekerjaannya nyanyi, saya itu merasa bersalah lagi," ujarnya.

Kisah haru Duta Mojo nangis © berbagai sumber

foto: Instagram/@pakduta

Meski kondisinya sudah membaik, Duta menjalani ujian terberat lain. Ia merilis album yang sempat tertunda dan manggung dengan artis-artis lain. Saat itu rasa percaya diri Duta belum pulih setelah penampilan terakhirnya.

"Posisi istilahnya rapuh, kepercayaan diri saya belum balik. Saya belum yakin saya bisa nyanyi lagi," ucapnya.

Namun, pria 43 tahun ini tetap berusaha dan akhirnya bisa menyanyi lagi. Di situ, dia benar-benar lega dan langsung berlari ke sang istri Adelia Lontoh.

"Saya bersimpuh di kaki istri saya, nangis seperti anak kecil, 'buk aku bisa nyanyi lagi'," jelasnya.

Kisah haru Duta Mojo nangis © berbagai sumber

foto: Instagram/@pakduta

Menangis saat bersimpuh di kaki istrinya, Duta mengatakan bahwa itu luapan bahagia dan syukurnya.

"Saya merasa, itu sesuatu yang saya senangi dan saya bisa bermanfaat buat orang lain sampai detik ini," ucap Duta.

"Saya rasa dan yang menjadikan saya seseorang yang bermanfaat buat orang lain dan keluarga saya, karena saya nyanyi," pungkasnya.