Brilio.net - Dalam tubuh kita terdapat sebuah kelenjar yang disebut getah bening. Dikutip brilio.net dari Halodoc, Senin (6/1), kelenjar getah bening berfungsi sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia. Fungsinya adalah melawan infeksi dari serangan virus maupun bakteri.

Bakteri dan virus ini kemudian bisa menyebabkan pembengkakan bagian kelenjar getah bening. Mulanya penderitanya akan mengalami benjolan di beberapa bagian tubuhnya. Dikutip dari KlikDokter, bagian tersebut biasanya di ketiak, leher, dan lipat paha.

Banyak masyarakat yang telah terserang penyakit ini. Bahkan, beberapa publik figur Tanah Air juga diketahui melawan penyakit getah bening. Di antara mereka ada yang berhasil sembuh, ada pula yang akhirnya meninggal dunia.

Berikut kutip dari berbagai sumber, Senin (6/1) kisah seleb yang pernah sakit kelenjar getah bening.

1. Ustaz Arifin Ilham.

Loading...

seleb kelenjar getah bening Istimewa

foto: Instagram/@kh_m_arifin_ilham

Pimpinan Majelis Az-Zikra, Ustaz Muhammad Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu 22 Mei 2019. Arifin Ilham mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Penang Malaysia setelah kurang lebih sebulan mendapat perawatan.

Sejak awal 2019, Arifin Ilham menderita sakit kanker getah bening. Sempat dikabarkan sembuh, tak berselang lama kemudian kondisi Arifin Ilham kembali menurun.

2. Ranza Ferdian.

seleb kelenjar getah bening Istimewa

foto: Instagram/@ranza_ferdian

Pada awal 2019 lalu, bintang muda FTV Ranza Ferdian meninggal dunia lantaran mengidap penyakit kelenjar getah bening. Ranza sempat menjalani sejumlah perawatan di rumah sakit.

3. Shakti Harimurti.

seleb kelenjar getah bening Istimewa

foto: Instagram/@shaktiharimurti

Salah satu pemeran film Jomblo tahun 2006, Shakti Harimurti meninggal dunia pada Rabu (3/4/2019) lalu. Sudah sejak 2018, Shakti Harimurti diketahui mengidap penyakit kanker kelenjar getah bening.

4. Olga Syahputra.

seleb kelenjar getah bening Istimewa

foto: kapanlagi.com

Presenter Olga Syahputra pergi untuk selama-lamanya pada tahun 2015. Olga menghembuskan napas terakhirnya usai berjuang melawan penyakit kanker getah bening dan meningitis atau radang selaput otak.

Penyakit kelenjar getah bening itu pertama diketahui pada 2013. Kala itu di bagian lehernya terdapat benjolan yang membengkak.

5. Ria Irawan.

seleb kelenjar getah bening Istimewa

foto: Instagram/@riairawan

Kabar duka datang dari aktris film kenamaan Ria Irawan. Ia meninggal dunia pada Senin (6/1/2020) pagi. Suami Mayki Wongkar tersebut meninggal akibat kanker kelenjar getah bening yang dideritanya.

Ria Irawan memang terbilang lama menderita penyakit kanker kelenjar bening. Penyakit tersebut diawali dengan munculnya mioma di rahimnya pada 2014. Kala itu, Ria Irawan menolak untuk melakukan pengangkatan mioma.

Tak disangka, hasil biopsi menyatakan bahwa ada kanker kelenjar getah bening di tubuh Ria Irawan. Kanker tersebut sudah menyebar ke bagian panggul.

6. Aldi Taher.

seleb kelenjar getah bening Istimewa

foto: Instagram/@alditaher.official

Aldi Taher termasuk seleb yang divonis menderita kanker kelenjar getah bening stadium 2. Pada 2016, ia merasa ada benjolan di bagian leher. Setelah diperiksa, ternyata hasil cek laboratorium mengatakan ia mengidap kanker kelenjar getah bening.

Beruntung, mantan suami Dewi Perssik itu dinyatakan sembuh dari penyakitnya pada 2017. Kegiatan Aldi Taher setelah sembuh antara lain memberi semangat bagi sesama seleb penderita kanker.