Brilio.net - Kehidupan Betrand Peto berubah drastis, setelah pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah resmi mengangkatnya menjadi anak. Sebelumnya Betrand Peto telah lama tinggal di kampung halamannya Nusa Tenggara Barat. Kini Betrand pun tinggal di rumah mewah milik kedua orang tua angkatnya.

Di keluarga ini Betrand pun tak pernah kekurangan perhatian dan kasih sayang. Keluarga ini kerap menghabiskan waktu bersama baik di rumah maupun berlibur ke luar negeri. Meski telah mengangkatnya menjadi anak, tak lantas Ruben membuat Betrand lupa dengan masa lalunya.

Bersama Sarwendah, ayah dua orang putri itu berkunjung ke ke kampung halaman Betrand Peto di Pinggong Cancar, Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Ruben dan Sarwendah datang ke rumah Betrand Peto untuk meresmikan proses adopsi penyanyi cilik tersebut melalui serangkaian upacara adat di kampung halamannya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Upacara adat pada Sabtu (10/3) lalu, berlangsung di kediaman Betrand Peto disaksikan keluarga kandung dan warga sekitar.

Berikut adalah potret rumah sederhana Betrand Peto di kampung halamannya di NTT yang dilansir brilio.net dari kanal YouTube The Onsu Family, Kamis (12/3).

Sambutan hangat di bandara.

Bersama Sarwendah dan timnya, Ruben Onsu berkunjung ke kampung halaman anak angkatnya Betrand Peto di Manggarai, NTT, untuk menjalani serangkaian upacara adat.

Upacara adat itu dilakukan sebagai simbol penyerahan Betrand Peto dari keluarga kandungnya ke Ruben Onsu sebagai keluarga angkatnya.

rumah Betrand Peto di NTT © 2020 Instagram/@ruben_onsu

foto: YouTube/ The Onsu Family

Kedatangan rombongan Ruben Onsu disambut dengan hangat dan antusias oleh warga Manggarai. Mereka bahkan sudah menunggu lama di bandara untuk menyambut Ruben Onsu, Betrand Peto, dan Sarwendah.

Usai turun dari pesawat, ketiganya langsung diberi kalung selendang khas dari Manggarai dan dikawal menuju mobil yang akan membawa mereka ke kampung halaman Betrand Peto.

Upacara penyambutan.

Dengan mobil pribadi, rombongan melanjutkan perjalanan menuju kediaman Betrand Peto. Setelah sampai di rumahnya, masyarakat sudah berkumpul menunggu kedatangan keluarga Ruben Onsu.

Upacara penyambutan kembali dilakukan ketika Ruben Onsu dan Sarwendah akan masuk di rumah Betrand Peto.

Potret rumah Betrand di NTT.

rumah Betrand Peto di NTT © 2020 Instagram/@ruben_onsu

foto: YouTube/ The Onsu Family

Sebelum menetap di Jakarta bersama Ruben Onsu dan Sarwendah, Betrand Peto tinggal bersama neneknya di sebuah rumah sederhana di Manggarai.

Begitu sampai di rumahnya, Betrand Peto disambut isak tangis dari saudara dan keluarganya. Mereka tak henti-hentinya menangis sambil memeluk Betrand Peto. Begitu pula sebaliknya.

Kamar sederhana Betrand Peto.

rumah Betrand Peto di NTT © 2020 Instagram/@ruben_onsu

foto: YouTube/ The Onsu Family

Sebelum memulai upacara adat utama, Betrand dimasukkan ke dalam kamarnya terlebih dahulu sebagai syarat penyerahan dari ayah kandungnya.

Upacara adat di ruang tamu.

rumah Betrand Peto di NTT © 2020 Instagram/@ruben_onsu

foto: YouTube/ The Onsu Family

Setelah itu, Betrand Peto diserahkan secara adat oleh ayah kandungnya ke keluarga barunya yaitu Ruben Onsu. Ayahnya menggendong Betrand Peto dan mendudukkannya di pangkuan Ruben Onsu. Upacara adat dilakukan di ruang tamu kediaman Betrand Peto.

Betrand menyanyi di halanan rumah.

rumah Betrand Peto di NTT © 2020 Instagram/@ruben_onsu

foto: YouTube/ The Onsu Family

Usai dilakukan upacara adat penyerahan dirinya ke keluarga baru, Betrand menghibur warga. Dia menyanyi di halaman rumahnya. Kesedihan benar-benar dirasakan sang nenek yang selama ini mengasuh Betrand Peto.

(brl/red)