Meski demikian, ia tak memungkiri selalu menyelipkan doa agar bisa diberikan sosok pria yang bisa menjadi teman hidupnya. "Dan gue selalu berdoanya mungkin lebih kayak gini 'Tuhan aku itu mau teman hidup, jadi nggak cuma sekedar suami," tambahnya.

Pemilik nama lengkap Kartika Rachel Setia Redjeki Panggabean ini selalu berharap agar kelak bisa dipertemukan dengan teman hidup. Ia berujar bahwa teman hidup yang dimaksud bukan hanya seseorang yang berstatus sebagai suami saja. Namun teman hidup seiman yang mau menemaninya dalam suka maupun duka.

alasan tika panggabean belum menikah © YouTube

foto: YouTube/Melaney Ricardo

"Maaf ya kalau aku salah netizen, kita sepakat tidak sepakat ya, suami itu kadang-kadang status, dia sudah bersuami, dia sudah beristri, dia sudah menikah. Kalau buat gue, gue punya teman hidup, teman suka dan duka, bisa berantem bareng, ketawa bareng, sedih bareng, punya teman hidup yang frekuensi harus sama, penting buat gue," jelasnya.

Tak dimungkiri jika ia akan begitu bahagia dan bersyukur jika dipertemukan dengan teman hidup sekaligus suami yang bisa menemaninya. Sebab, alasannya masih melajang hingga saat ini bukan karena takut pada pernikahan. Penyanyi yang akrab disapa Tika ini hanya berhati-hati agar tidak salah memilih pasangan.

"Tapi nanti kalau Tuhan kasih 'nih kasih teman hidup bonusnya bisa jadi suami lo', wah puji Tuhan. Gue mungkin lebih berhati-hati karena gue melihat di sekeliling. Jadi teman-teman tuh curhatnya ke gue," paparnya.

Baginya, tak ada patokan soal usia untuk menikah. Setiap manusia memiliki waktunya sendiri. Meski jodohnya baru datang di usia senja, menurutnya itu bukan masalah. Sebab, semua sudah ia serahkan pada takdir Tuhan.

"Gue nggak pengen jadi takut tapi mungkin berhati-hati aja. Makanya gue selalu bilang, kata orang 'Umur udah 50 belum nikah-nikah'. Tapi kalau misalnya Tuhan bilang gue kawin umur 70, 75. Gue ketemu teman hidup yang juga suami. Kita hidup 10 tahun sama-sama terus mati malah jadi sehidup semati," pungkasnya.