Brilio.net - Virus Corona atau Covid-19 menjadi salah satu kekhawatiran masyarakat di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Penularannya yang begitu cepat membuat masyarakat menyadari pentingnya mengisolasi diri di rumah selama 14 hari.

Di tengah kecemasan Corona, hal lain pun dirasakan oleh pengacara kondang Hotman Paris. Belum lama ini, ia mengungkapkan mengenai keresahan hatinya karena dua asisten rumah tangganya (ART) bersikeras ingin pulang kampung. Padahal hingga kini terdapat 1.285 kasus positif di Indonesia.

"Halo, pemerintah pusat RI dan para Gubernur se-Indonesia. Hotman telah menunjukkan video rekaman Gubernur Jawa Tengah yang mengimbau warganya agar tidak mudik untuk mengurangi risiko corona," ujarnya seperti dikutip Brilio.net dari laman Instagram-nya, Senin (30/3).

hotman paris ART © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hotmanparisofficial

Loading...

Melalui akun Instagram pribadinya, ayah tiga anak ini mengaku telah mendengar himbauan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk tidak mudik atau pulang kampung selama marak virus Corona. Hal ini bermaksud meminimalisir risiko penyebaran virus atau hal yang tidak diinginkan.

"Tapi dua pembantu saya sepertinya tetap ngotot akan pulang. Ini merupakan contoh simpel himbauan mungkin tak efektif. Jadi pemerintah pusat atau gubernur harus memilih imbauan atau peraturan tertulis, pilihan di pemerintah RI," tuturnya.

Oleh karena hal ini dianggap kurang efektif bagi sebagian orang, Hotman meminta agar pemerintah bisa melakukan tindak tegas. Tak cuma imbauan semata, namun juga peraturan tertulis dan sanksi. Tujuannya agar masyarakat jauh lebih sadar dan menaatinya.

"Jangan terulang seperti di Italia. Semula anggap remeh hanya imbauan, tapi terakhir peraturan memaksa bahkan penjara kalau keluar rumah," sambung Hotman.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Italia dulunya himnauan! Setelah ratusan mati tiap hari berubah menjadi aturan memaksa sanksi penjara

A post shared by Dr. Hotman Paris SH MH (@hotmanparisofficial) on

Curhat Hotman Paris soal ART tetap ingin pulang di tengah wabah Coronamendapat beragam reaksi warganet. Banyak yang setuju dengan pendapat Hotman soal aturan. Mengingat masih banyak masyarakat yang nekat pulang ke kampung halamannya.

"Ngatur pembantu dua orang aja susah kan bang ya, apalagi masyarakat sehini banyak," tulis @dphlwn.

"Bnerr bgt hrus adaa ketentuan yg jlas krnaa skrg bnayakk bgt yg pdaa mudikk kita d kampung ini jadi was was," komen @widie_kidiew.

"bener bgt. banyak yg ngeyel," sambung @_uswach.

"Betul om harus dikasih sanksi atau peringatan yg berat bukan hanya himbauan sja," tutup @ferdyritoo.