Artis peran spesialis antagonis Yana Zein menghembuskan napas terakhirnya pada Kamis (1/6) dini hari. Ia meninggal setelah dirawat intensif di Rumah Sakit Mayapada Jakarta pada pada Senin (29/5).

Kondisinya drop sekembalinya dari Guangzhou, China. Padahal saat itu, ai dinyatakan sudah 80 persen sembuh dari kanker payudara stadium 4 yang menggerogoti tubuhnya.

Akting tentu bukan hal baru bagi Yana Zein. Peran antagoni kerap melekat pada dirinya. Yana Zein mulai debut pada 1987 lewat perannya di film Cintaku di Rumah Susun. Setelah itu, ia laris mendapatkan peran antagonis pada sinetron Di Antara Dua Pilihan, Apa Katanya Cinta, Tersanjung, Doa dan Anugerah, dan masih banyak yang lainnya.

Lama vakum dar dunia akting, Yana Zein akhirnya bermain lagi di sinetron Cinta di Langit Taj Mahal pada 2015 silam. Sinetron itu kembali mengangkat namanya karena rating sinetron yang sangat tinggi dengan peran utama Nabila Syakieb dan Shaheer Sheikh.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, pada tahun 1993, Yana Zein menikah dengan Fahmi Darmawansyah. namun pernikahan mereka berujung perceraian tanpa dikaruniai anak. Fahmi Darmawansyah kemudian menikah dengan Inneke Koesherawati pada 2004.

Fahmi Darmawansyah sendiri kini divonis 2 tahun 8 bulan penjara karena Direktur PT Melati Technofo Indonesia (MTI) itu terbukti menyuap pejabat Badan Keamanan Laut (Bakamla) dalam proyek pengadaan satelit pemantau.

Yana Zein kemudian menikah lagi dan diberikan keturunan Aurelia Callista Carilla (13) dan Alika Pandora Salvine (11). Namun, Yana Zein kembali harus ditinggal suami karena meninggal pada Juni 2016 sebab penyakit parkinson yang dideritanya.

Kondisi yang sulit membuat Yana harus menjadi tulang punggung keluarga untuk menyekolahkan dua anakanya. Maka ketika akhirnya Yana Zein terbaring sakit karena kanker payudara, dua anaknya pun dikabarkan putus sekolah. Uang hasil syuting Cinta di Langit Taj Mahal telah ludes untuk biaya berobat Yana Zein. Beruntung, kini kedua putrinya dapat bersekolah lagi berkat bantuan para donatur yang memberikan bantuan pendidikan kepada dua anaknya.

Pada Desember 2016 Yana Zein diketahui telah menderita kanker payudara stadium 4. Donasi untuk membantu biaya berobatnya pun muncul dari kalangan artis dan masyarakat umum. 30 Januari 2017 ia berangkat ke China karena mendapatkan kesempatan untuk dirawat intensif di China. Yana Zein dipilih Modern Cancer Hospital Guangzhou, China untuk mendapatkan perawatan secara gratis.

Kembali ke Tanah Air pada Minggu (28/5), sel kanker Yana Zein dikabarkan sudah hilang 80%. namun setelah it ternyata kondisinya memburuk hingga menghembuskan napas terakhir.

Selamat jalan Yana Zein.