Brilio.net - Lucinta Luna kembali menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya ia terlihat menunggangi lumba-lumba bersama beberapa teman terdekatnya.

Aksi yang terjadi di Dolphin Lodge Bali itu menunjukkan Lucinta Luna berenang di sebuah kolam yang berisi lumba-lumba. Tak hanya sampai disitu, dalam video itu menunjukkan Lucinta memegang sirip lumba yang kemudian berkeliling kolam dengan ditarik hewan tersebut.

Aksi yang ditunjukkan Lucinta Luna itu lantas menuai kecaman dari banyak pihak. Ia dinilai melakukan eksploitasi terhadap lumbal-lumba. Tindakan yang dilakukan Lucinta dan temannya juga dianggap sebagai konten media sosial yang tidak mendidik masyarakat. Hal ini seperti yang disampaikan oleh akun Instagram @tinton_naturalman.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tinton Aryo Putro Yudhanto (@tinton_naturalman)

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

"EKSPLOITASI LUMBA LUMBA BERKEDOK HIBURAN YANG DIKEMAS DALAM SEBUAH KONTEN YANG SANGAT TIDAK MENDIDIK. LAGI LAGI DILAKUKAN OLEH PUBLIC FIGURE. UNTUK SEKEDAR MAKAN, LUMBA LUMBA INI HARUS DIPEKERJAKAN SEPERTI INI, PADAHAL DI HABITAT LAUT ASLINYA, MEREKA TINGGAL BERBURU IKAN DI LAUT BEBAS," begitu ujarnya.

Suara protes juga disampaikan oleh banyak pihak terkait kegiatan yang dilakukan oleh Lucinta Luna. Pasalnya, tindakan memanfaatkan lumba-lumba sebagai sarana hiburan merupakan aksi yang tidak seharusnya dilakukan.

Cara ini justru akan membahayakan keselamatan lumba-lumba. Kritikan bernada sama juga disampaikan oleh akun @wildlifeaidnetwork yang berharap masyarakat bisa lebih memahami bagaimana cara memperlakukan hewan.

"Mari kita saling menyebar edukasi tentang larangan lumba-lumba sebagai obyek seperti ini," tegasnya.

Sementara itu, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti juga turut memberikan kecaman dengan video yang ramai diperbincangkan di media sosial tersebut.

"Banyak orang mengira uang & ketenaran dapat membeli dan mengizinkan untuk melakukan apa saja .. termasuk kedunguan dan menjadi bodoh," tulis Susi Pudjiastuti dalam akun Twitternya, Kamis (14/4).

Artis Davina Veronica yang juga menjadi pecinta hewan ikut memberikan komentar dan protes dengan perilaku Lucinta. Ia menyesali dengan kejadian yang menimpa lumba-lumba di Bali itu.

"This is A violence of nature.

Mungkin si public figure kurang peka terhadap hal ini or i dont know deh...Lebih baik kita edukasi agar paham," kata dia. 

Begitu juga dengan aktris Kirana Larasati, perasaan yang sama juga diungkapkan oleh perempuan itu. Dalam akun Instagramnya, Kirana berharap agar masyarakat lebih memahami mengenai keselamatan lumba-lumba dan mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum melakukan sebuah tindakan.

Aksi Lucinta Luna naik lumba-lumba menuai kecaman © Instagram

foto: Instagram/@kiranalarasati

"Saya sangat berharap ke depannya semakin berkurang orang-orang ignorant. Ga bisa lagi kita beralasan "kita hanya manusia yang banyak kekurangan dan harus terus belajar". Aduh please deh, before you do something, think!" tulisnya.

(brl/lea)