Brilio.net - Anak jalanan sampai saat ini masih menjadi persoalan sosial di Indonesia. Tak heran jika kita sering menjumpai mereka di jalan, khususnya di wilayah perkotaan. Padahal, Undang-Undang Dasar 1945 pasal 34 telah mengamanatkan bahwa “Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara”. Namun pada kenyataannya anak-anak jalanan belum merasa dilindungi oleh negara. Sebab, jika negara melindungi mereka, tidak mungkin mereka berada di jalanan.

Fakta inilah yang akhirnya menggugah produser kenamaan Sheila Timothy, 48, berbagi kebaikan untuk anak jalanan dengan mengandeng BenihBaik.com, baru-baru ini. Inisiatif ini berawal dari film Pintu Terlarang (2008) yang dibintangi Fachri Albar dan adik kandungnya Marsha Timothy. Dari situ Lala—begitu Sheila Timothy biasa disapa—mulai tertarik dengan masalah sosial di Indonesia, khususnya anak-anak.

“Saya melihat tingginya angka kekerasan pada anak seperti bullying yang berujung pada kekerasan fisik semakin marak terjadi di Indonesia. Bahkan kekerasan ini terus terjadi dan meningkat setiap tahun,” katanya di Jakarta, Kamis (23/72020).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

@benihbaik ...... Hai Teman Baik, salah satu Teman Kita Sheila Timothy atau sering disapa Lala adalah seorang produser film asal Indonesia. Sampai saat ini sudah banyak film yang ia produksi berhasil menang di festival ajang bergengsi tingkat Internasional. Aktif sebagai produser film tidak membuat Lala abai dengan isu-isu di sekitarnya, sebenarnya ada banyak ketertarikan Lala dengan masalah sosial di Indonesia. Namun, Lala memiliki kepedulian tersendiri terhadap isu anak, hal itu bermula pada saat proses pembuatan film Pintu Terlarang di tahun 2007-2008 yang memiliki cerita tentang kekerasan pada anak. Lala juga melihat tingginya angka kekerasan pada anak seperti bullying yang berujung pada kekerasan fisik semakin marak terjadi di Indonesia, bahkan kekerasan ini terus terjadi dan meningkat setiap tahunnya. Menurut Lala, tradisi seperti ini harus segera diputus untuk memperbaiki generasi dan setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa kekerasan. Pada tanggal 23 Juli bertepatan hari anak nasional, Lala bekerjasama dengan BenihBaik.com ingin berbagi kebaikan dengan menggalang dana untuk komunitas anak jalanan yang ada di Indonesia. Lala berharap melalui galang dana ini setidaknya ditengah kesibukannya di industri film Teman Kita turut andil dalam memperbaiki generasi penerus bangsa. Donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan ke berbagai campaign di BenihBaik.com yang memiliki fokus pada anak-anak jalanan atau pemberdayaan anak, seperti membuat rumah belajar untuk anak-anak yang orangtuanya tidak mampu dan membeli perlengkapan sekolah serta membeli susu dan nutrisi makanan bagi anak-anak. Teman Kita, Lala, di momentum yang spesial ini ingin berbagi kebaikan kepada anak-anak jalanan. Teman Baik juga bisa, lho, buat aksi galang dana sendiri seperti yang Lala lakukan. Yuk Teman Baik mari kita sama-sama tanam kebaikan selagi masih ada kesempatan.

A post shared by Sheila Timothy (@lalatimothy) on

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Lala menambahkan tradisi buruk seperti ini harus segera diputus untuk memperbaiki generasi agar setiap anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik tanpa kekerasan.

Karena itu bertepatan dengan Hari Anak Nasional, Lala bekerjasama dengan BenihBaik.com ingin berbagi kebaikan dengan menggalang dana untuk komunitas anak jalanan yang ada di Indonesia. Lala berharap Teman Baik turut andil memperbaiki generasi penerus bangsa.

Donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan ke berbagai kampanye di BenihBaik.com yang memiliki fokus pada anak-anak jalanan atau pemberdayaan anak contohnya seperti membuat rumah belajar untuk anak-anak yang orangtuanya tidak mampu, penyediaan perlengkapan sekolah, serta membeli susu dan makanan bernutrisi bagi anak-anak.

Banyak komunitas yang akan menerima donasi dari Teman Baik ini, sasarannya di kota-kota besar seperti Bandung, Jabodetabek, dan Surabaya. “Khusus di Jabodetabek, saya akan turut hadir dalam penyaluran bantuan,” ungkapnya.

Andy F Noya, founder BenihBaik.com menyambut baik inisiatif yang dilakukan Lala. Menurutnya, kehadiran Lala memberi warna yang indah bagi kampanye kemanusiaan. Anak jalanan selalu menjadi perhatian bagi penduduk perkotaan.

“Kita semua tentu juga punya keinginan yang sama seperti Sheila, memberikan mereka kesibukan yang berguna untuk masa depan mereka ketimbang kehidupan keras anak-anak di jalanan. Terima Kasih Sheila Timothy berkenan untuk berbuat baik untuk mereka dan memberi kepercayaan kepada BenihBaik.com,” ujar Andy.

(brl/red)