Brilio.net - Sibuk berkarier di dunia hiburan, tak menghalangi sederet selebriti untuk menjadi aktivis atau duta penyelamatan hewan yang terancam punah dan gerakan perlindungan hewan.

Selain itu, tak sedikit pula seleb yang saking cintanya pada hewan tertentu rela merogoh kocek dalam-dalam untuk memelihara dan merawatnya sebaik mungkin, seperti memberikan tempat tinggal yang layak, juga memperhatikan kesehatan dan makanannya.

Berbanding terbalik, rupanya tak semua selebriti rela melakukan apa saja untuk hewan peliharaannya, lho. Beberapa dari mereka justru terlihat acuh dengan hewan yang ia pelihara di rumahnya. Tentu saja tindakannya itu menuai kritikan, bahkan di antaranya ada selebriti yang harus berurusan dengan hukum karena tindakannya kepada hewan peliharaannya tersebut.

Penasaran siapa saja seleb yang menuai kritikan gara-gara tak peduli dengan hewan peliharaan sendiri? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/3).

1. Ayu Ting Ting.

Loading...

seleb vs hewan peliharaan © 2017 brilio.net

foto: Istimewa

Lagi-lagi Ayu Ting Ting menjadi sorotan. Kali ini terkait dengan hewan peliharaannya. Pelantun lagu Alamat Palsu itu dituding tidak perhatian dengan dua kelinci yang jadi peliharaannya.

Hal ini diungkapkan setelah akun Instagram @kelincikyu memposting capture-an sebuah artikel berita. Ayu Ting Ting dianggap tak memberikan tempat yang layak untuk dua kelinci yang dipeliharanya. Pasalnya kandang tersebut sangat kecil, sehingga membuat binatang berkuping panjang ini tak leluasa bergerak dan saling berhimpitan. Selain itu, rumah binatang itu pun sudah berkarat.

Selain kelinci, kolam ikannya juga menuai cibiran. Pasalnya, kolam yang berisi banyak ikan tersebut tampak berlumut dan tidak terawat.

2. Justin Bieber.

seleb vs hewan peliharaan © 2017 brilio.net

foto: gawker.com

Justin Bieber ternyata juga pernah terjerat kasus terkait hewan peliharaannya. Kasus yang paling terkenal adalah terungkap adalah kepemilikan ilegal dari monyet jenis Capuchin oleh Justin. Monyet yang dinamainya Mally tersebut ternyata dimilikinya tanpa izin dan dokumen.

Selain itu, monyet ini ternyata masih berusia 14 minggu, yang mana seharusnya masih berada di bawah pengasuhan induknya. Terlebih lagi Capuchin merupakan salah satu jenis primata yang dilindungi dan tak bisa dimiliki tanpa dokumen dan izin khusus.

Petugas karantina binatang yang mendapatkan laporan tersebut langsung menyita monyet ini dan ketika disita, monyet ini diketahui mengalami gangguan pencernaan

3. Paris Hilton.

seleb vs hewan peliharaan © 2017 brilio.net

foto: ohnotheydidnt.livejournal.com

Paris Hilton, artis kontroversial satu ini memang dikenal dengan obsesinya untuk menggunakan anjing sebagai aksesoris berbusananya. Anjing milik Paris Hilton yang paling terkenal adalah Tinkerbell. Pada periode 2006, anjing ini terlihat selalu dibawa ke mana-mana oleh Paris.

Selain Thinkerbell, Paris ternyata diketahui memiliki 17 anjing di rumahnya. Menurut laporan Los Angeles Animal Services, pihaknya menemukan anjing mati di salah satu lemari di rumah Paris. Di balik temuan tersebut terungkap jika Paris memiliki kebiasaan untuk mengunci anjing yang dianggapnya menjengkelkan di dalam lemari.

4. Courtney Love.

seleb vs hewan peliharaan © 2017 brilio.net

foto: thisizapen.wordpress.com

Courtney Love, selebriti yang kecanduan obat-obatan terlarang ini juga pernah dilaporkan tak bertanggung jawab atas binatang peliharaan miliknya.

Masalah narkoba yang menjeratnya pernah membuatnya lupa mengambil anjingnya di Klinik Hewan hingga anjing tersebut diserahkan ke penampungan. Selain itu, salah satu anjing Courtney dilaporkan meninggal setelah menelan pil resep yang dia ditinggalkan di atas meja di dalam rumahnya.

Anjing Courtney yang lain juga dilaporkan meninggal karena mengunyah implan payudara yang juga dia tinggalkan di atas meja dan tak disimpan dengan baik. Tak cukup di situ, Courtney juga dilaporkan Animal Control setelah salah satu kucingnya ditemukan mati di bawah tumpukan kotak dan kertas yang dia ditimbun dalam satu ruangan.

5. Rapper DMX.

seleb vs hewan peliharaan © 2017 brilio.net

foto: pinterest.com

Rapper DMX yang ditangkap pada Mei 2008 setelah tertangkap basah memiliki obat-obatan terlarang ini juga harus menerima tambahan hukuman karena terkena pasal penyiksaan binatang.

Rapper diketahui memiliki 12 ekor anjing pitt bull yang semuanya ditemukan dalam kondisi kekurangan gizi dan dehidrasi pada saat penangkapannya. Beberapa anjing juga ditemukan dalam keadaan sakit parah seperti penyakit paru-paru serius.

Penelitian lebih lanjut mengungkapkan ada tiga anjing yang telah dikuburnya di halaman belakang. Salah satu dari anjing yang dikubur ini memiliki tanda-tanda memar di bagian samping dan bahu.

6. Jesse James.

seleb vs hewan peliharaan © 2017 brilio.net

foto: ohmidog.com

Di tahun 2010, James diketahui secara sengaja mengadu anjing pit bull dengan anjing lain. Hal ini mengakibatkan anjingnya terluka parah karena kakinya terkoyak. Selain itu kedua anjing tersebut juga menderita luka serius hingga memerlukan perawatan medis.