Brilio.net - Acara kontes Kilau Dangdut Mania Dadakan (DMD), Kamis (6/12). Ivan Gunawan sempat geram kepada salah satu kontestan. Ivan memprotes dan mengkritik salah satu peserta bernama Rosianna. Lantaran baju yang dipakai dinilai kurang pas dan tidak cocok menurut Ivan.

Bagi orang awam, sekilas melihat penampilan Rosianna memang terlihat biasa. Kendati demikian tidak bagi Ivan yang menganggap gaun Rosianna tidak sesuai dengan kriterianya. Perancang busana kondang ini memiliki kriteria ketat dan khusus mengenai penampilan peserta di panggung televisi.

Rosianna menggenakan gaun warna peach yang dipadukan dengan kemben berwarna hitam. Sontak Ivan langsung melarang Rosianna untuk ikut audisi. Ivan juga menyebut tidak akan mendandani Rosianna jika lolos.

momen Ivan youtube

foto: YouTube/Kilau DMD MNCTV

Loading...

"Kalau dia masuk, saya nggak mau make over", ujar Ivan yang brilio.net kutip dari Youtube Kilau DMD MNCTV.

Ivan geram bukan tanpa alasan. Pada episode sebelumnya, Ivan sering berpesan agar kontestan menjaga penampilannya. Bagi Ivan menggenakan gaun model belahan V di acara televisi tidaklah cocok untuk acara televisi. Terlebih Rosianna melakukan kesalahan fatal dengan memadukan kemben warna yang kontras.

"Kalau misalnya pakaian seperti baju dengan kemben itu tidak boleh dipakai, tandanya baju tersebut tidak boleh dipakai ketika tampil di televisi," ungkap Ivan Gunawan kepada Rosianna.

momen Ivan youtube

foto: YouTube/Kilau DMD MNCTV

Salah satu juri lain, yakni Iis Dahlia juga memberikan komentarnya agar peserta yang akan tampil mendengarkan peraturan sebelumnya agar aman untuk tampil.

Dengan mata berkaca-kaca, Rosianna memberikan alasan mengapa ia memakai gaun seperti itu. Kontestan asal Tegal ini hanya membawa satu baju saja dan tidak punya yang lainnya. Ivan kembali menasehati Rosianna agar tidak menangis.

"Jangan nangis, tinggal dimana. Punya tetangga di Tegal. Ada salon, temen, penyewaan baju, temen penyanyi. Jangan ngumbar air mata," ujar Ivan.

momen Ivan youtube

foto: YouTube/Kilau DMD MNCTV

Bagi Ivan, tampilan baju ditambah dengan kemben tidak pantas dan terlihat jorok. Bagi Ivan, baju yang sudah bagus tidak pantas apabila ditambahkan kemben di dalamnya. Tidak peduli untuk para kontestan maupun untuk juri wanita yang lain. Buktinya Vega juga pernah ditegur Ivan karena menggenakan gaun model serupa. Kemudian menyuruh Vega untuk membenarkan pakaiannya dengan peniti.

Pada acara Kilau DMD, Ivan memang sebagai master dalam penampilan. Ivan ingin memberikan ilmu yang penting bagi para kontestan dangdut agar dangdut bisa lebih maju, khususnya dalam segi penampilan.

Ivan menilai jika penampilan pedangdut tidak pas sejak awal maka akan memberikan pandangan berbeda pada industri dangdut. Ivan mencontohkan peserta menggunakan baju yang dinilai sangat ketat, orang akan memiliki pandangan yang berbeda.

"Gimana orang mau mengapresiasi suara, kalau kalian pakai baju seperti itu. Orang yang melihat kalian bukan karena keindahan suara, melainkan nafsu lihat badan. Mau jadi penyanyi seperti itu? Nggak kan?" kata Ivan.

Ivan juga menambahkan, "pakai baju itu yang sopan, yang santun, dan yang enak dilihat."

Ivan juga meminta agar Rosianna tidak mengumbar tangisan dan mengiring opini publik kalau dirinya terlihat sebagai master yang sadis dan seram.

"Kamu jangan suka mengumbar kesedihan. Kamu jangan mengiring opini publik. Apa yang saya sampaikan ke kamu itu bener, untuk kamu juga. Jangan suka mengiring opini publik, terus nanti dibilang ow master sadis. Saya tugas di sini bagaimana memberikan edukasi, agar tampilan kamu di atas pangung itu bagus. Kalau muka bisa saya ubah. Tapi dari awal saja kamu niatnya aja menyepelekan," tegas Ivan.

Video Ivan Gunawan melarang peserta dangdut untuk mengikuti seleksi karena busana menjadi sorotan publik. Sebelumnya, kejadian sama pernah dialami oleh Iis Dahlia. Pedangdut senior ini melarang peserta audisi bernama Waode Sofia karena penampilannya. Iis Dahlia pun menuai kecaman keras dari masyarakat Indonesia karena komentar pedas dan aksinya.

Kini aksi dan komentar Ivan Gunawan di acara Kilau DMD ini menyita perhatioan publik. Tak sedikit dari masyarakat yang turut mengomentari aksi Ivan Gunawan. Ada yang kurang setuju dengan sikap Ivan, namun ada juga yang mendukung Ivan.

"Kasihan mba, pastinya malu,seandainya saya di posisi dia," kata akun @NadiValya.

"Ini kan konser lgu,,,bukan konser busana,,trus ngomong nya mnusuk bnget,,ksihan tu si mbaknya?," ujar akun @indri permatasari.

Sementara itu, tak sedikit pula yang setuju dengan sikap Ivan Gunawan.

"Liat hasil racikan igun di indosiar.. fashionnya modis semua.. lesti,evi,dll.. yg bgtu patut di contoh buat inspirasi. Maaf bkn bandingin," kata akun @Anden Alcantara

"Penyanyi dangdut harus sopan,gk perlu medok atau sexy," sahut akun @itha sanjitha.