Saat ngobrol bareng Kiky Saputri, bintang film Kiamat Sudah Dekat ini secara blak-blakan mengungkapkan jika ia menggelontorkan dana untuk biaya kampanye sebesar Rp 700 juta. Fakta tersebut baru diungkap ayah tiga anak setelah 13 tahun pencalonannya. Bukan uang sponsor, dana tersebut berasal dari kantong Andre sendiri.

andre taulany habiskan dana 700 juta   © berbagai sumber

foto: TikTok/@officialtrans7

"Saya belum tahu lho, dulu itu habis berapa sih? Ekslusif nih, fair, pertama kali dibuka," ujar Kiky Saputri, dikutip dari akun TikTok @officialtrans7, dilansir brilio.net Rabu (3/1).

"Jujur aja gue buka nih. Gue fair-fair an aja. Gue habis pada saat itu kurang lebih sekitar Rp 700 jutaan pakai uang sendiri," paparnya.

Namun, Andre Taulany tak memungkiri jika ia juga mendapatkan dana dari pihak sponsor. "Tapi tetap ada sponsor juga. Itu pasti nggak bisa dipungkiri. Gue fair-fair aja, ada sponsor juga," tambahnya.

Selain sebagai keperluan kampanye, seperti pemasangan atribut dan pemasangan baliho di jalanan, bintang Opera Van Java ini menghabiskan uang Rp 700 juta untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak.

"Kalau gue dulu, 700 juta itu gue detailin itu banyak bikin atribut-atribut, alat peraga, baliho, sama beberapa tempat saya perbaiki jalannya," beber Andre Taulany.

andre taulany habiskan dana 700 juta   © berbagai sumber

foto: Instagram/@andreastaulany

"Nah begitu saya nggak jadi (kepilih), saya rusakin lagi jalannya," seloroh Andre Taulany sembari bercanda.

Dilansir dari kanal YouTube Soleh Solihun, Andre Taulany mengaku bahwa saat itu ia diiming-imingi oleh rekannya untuk terjun ke dunia politik. Mengingat, kala itu adalah Pilkada pertama di Tangerang Selatan sejak mengalami pemekaran wilayah. Ia tergoda maju mencalonkan diri karena ingin mencatat sejarah sebagai Wakil Walikota pertama.

"Jadi paling tidak ketika sejarah mencatat siapa sih pertama kali Tangerang Selatan punya Wali Kota, Andre Taulany, gue pengin mencatat sejarah itu," kata Andre mengingat harapannya dulu.

Ketika dipasangkan dengan Arsyid yang dianggap lebih tahu mengenai pemerintahan daerah Tangerang Selatan, Andre pun percaya diri untuk maju. Apalagi saat itu popularitas program OVJ (Opera Van Java) yang dibintanginya tengah naik daun. Membuat namanya dikenal luas publik.

andre taulany habiskan dana 700 juta   © berbagai sumber

foto: YouTube/TAULANY TV

"Karena banyak yang dukung, semua yakin, apalagi ini tidak ada incumbent, kan belum ada pemilihan sebelumnya, benar-benar aman, kita kompetisinya benar-benar dari awal, dari nol, ya sudah ikutlah gue jadi wakil," ucap Andre

Setelah kegagalan yang dialaminya, Andre Taulany belum ada keinginan untuk mencoba lagi terjun ke dunia politik. Ia tampak masih merasa nyaman dengan posisinya sekarang sebagai ketua Prediksi, klub motor dengan anggota 13 artis Tanah Air.

"Kayaknya belum, belum ada keinginan ke sana," ucap Andre.