Brilio.net - Grup K-Pop memang diharuskan memiliki konsep unik serta lagu catchy yang bisa menarik perhatian publik. Namun apa jadinya kalau dari grup band tersebut malah mendapatkan tuduhan meniru atau plagiat?

Wah siapa aja ya? Yuk simak deretannya yang brilio.net sudah kumpulkan dari berbagai sumber untuk kalian, Rabu (10/5).

1. BTS

grup kpop plagiat © 2017 brilio.net

Boyband yang booming baru-baru ini pernah mendapat tudingan telah meniru lagu Flo Rida berjudul GDFR. Lagu yang diduga sama persis adalah lagu BTS yang berjudul 'DOPE'. Dilansir dari Kpopmap, Rabu (16/5), lagu DOPE sendiri diciptakan oleh Slow Rabbit, Suga, J-Hope dan Ram Monster.

Loading...

2. BIGBANG

grup kpop plagiat © 2017 brilio.net

Boyband top Korea juga nggak luput dari tudingan plagiasi karya orang lain. Dilansir dari Allkpop, netizen merasa jika Sober milik BIGBANG terdengar mirip dengan karya The Wanted berjudul Glad You Came. Melodi dari kedua lagu tersebut sangat mirip.

3. SHINee

grup kpop plagiat © 2017 brilio.net

Lagu catchy milik SHINee yang rilis pada 2013 lalu ini juga pernah dituding plagiat dari karya Luis Miguel yang berjudul Vuelve. Namun pihak management SHINee, SM Entertainment membantah tuduhan tersebut dan menyatakan bahwa hal tersebut hanya opini saja.

4. CNBLUE

grup kpop plagiat © 2017 brilio.net

Band dari FNC Management ini juga nggak luput dari tuduhan plagiat. Setelah mereka meluncurkan I Am a Loner, CNBLUE dituding menjiplak lagu karya band indie Ynot yang berjudul Blue Bird. Saking miripnya, bahkan band Ynot sendiri mengungkapkan kekecewaannya atas isu tersebut.

5. TWICE

grup kpop plagiat © 2017 brilio.net

Girlband top Korea ini juga pernah mendapat tuduhan plagiasi. Bukan pada lagunya, namun pada gerakan dance. Gerakan koreografi dalam lagu Knock-knock dituduh mirip dengan gerakan dance boyband Seventeen, seperti algu 'Pretty U', 'Adore U' dan 'Very Nice'. Dilansir dari kpopchart, netizen pun tak serta merta menyalahkan TWICE atas tuduhan plagiat tersebut, penggemar Seventeen justru menyalahkan sang koreografer bernama Choi Young-joon.