Soimah menambahkan bahwa kemampuan bisa merias wajah sendiri termasuk kekayaan yang patut disyukuri. Pasalnya, membayar sewa MUA di ibukota Jakarta terbilang tak murah. Terlebih, untuk program syuting setiap hari. Bisa menghabiskan hingga Rp 30 juta dalam sebulan.

"Justru bangga punya kekayaan potensi, bisa dandan sendiri. Itu kan kekayaan. Bayar makeup di Jakarta kan nggak murah. Misalnya sehari, karena ini kan program (TV) kan tiap hari ya bukan sesekali. Sehari sejuta, sebulan berapa? Tiga puluh juta. Kan mending buat yang lain," ucap Soimah.

Biaya yang ia sampaikan tersebut merupakan perkiraan untuk sewa MUA profesional. Soimah menyebut bisa saja menggunakan jasa MUA yang lebih murah, namun belum tentu hasil riasannya sesuai dengan yang diinginkan.

soimah beri alasan dituding tak berduit © TikTok

foto: TikTok/@tia_khadri

"Jadi kemampuan kita itu sama aja harga Rp 30 juta per bulan. Itu aja kalau sejuta. Kalau udah punya nama bisa jutaan. Kalau yang biasa-biasa aja, yang masih murah, belum tentu dengan yang kita inginkan, gitu," ungkap Soimah.

Di akhir pernyataannya, Soimah pun menegaskan jika tak malu dibilang ngirit karena memilih makeup sendiri. Sebab, hal yang ia lakukan bisa untuk menghemat pengeluarannya. Sehingga, uang tersebut bisa digunakan untuk kepentingan lain yang mendesak.

"Kalau dibilang biar ngiri, ya memang harus ngirit. Di Jakarta itu nyari duit bukan buang-buang duit. Nah kita ibaratnya buang-buang duit kan dari uang yang gini, bisa pakai Rp 30 juta tadi, kita bisa berbagi. Gitu caranya. Ya kita repot sedikit nggak papa, tapi kan bisa melakukan hal-hal yang baik. Kalau nggak ada keperluan bisa ditabung. Keperluan kan ada aja yang dadakan-dadakan."

Karuan saja, balasan menohok pesinden ini menuai komentar warganet. Banyak warganet yang setuju dan salut dengan prinsip dari Soimah.

"blm tau aja honor Mae Soimah di Indosiar ..Mae orgnya sederhana bgt," kata @annasya_faradillah

"lah make up sendiri juga hasilnya gak kalah sama MUA kok.....semangat mak," tambah @yenisusilawati272

"tau ngkkk sihh mae soimah setiap dandan selalu paripurna hasil makeup sendiri," tutur @ikha_yuliantie09

@tia_khadri bisa menghemat puluhan juta #showimah @Soimah Pancawati suara asli - Tia Khadri