Brilio.net - Dunia sinetron Indonesia kembali kehilangan salah satu aktris berbakatnya. Yana Zein telah tutup usia setelah berjuang melawan kanker payudara yang telah ia derita sejak tahun 2015 lalu.

Memulai debut akting melalui film Cintaku di Rumah Susun (1987), Yana Zein tergolong ulet bertahan di dunia entertaiment. Aktris kelahiran Moskow, 27 Agustus 1972 ini bisa disejajarkan dengan pemain lain yang telah menanjak, seperti Desy Ratnasari, Paramitha Rusady dan lainnya. Perannya yang selalu antagonis mampu menarik dan membikin gemas penonton yang melihatnya.

Beberapa di antara kita bisa mengingat bagaimana akting dari aktris yang satu ini. Kali ini dihimpun dari berbagai sumber, ada 6 sinetron yang melambungkan nama Yana Zein di kancah dunia sinetron di Indonesia.

1. Permataku.

6 sinetron yana zein © 2017 brilio.net

Loading...

Yana Zein berperan sebagai seorang ibu yang tak bertanggung jawab sekaligus seorang mucikari dalam sinetron yang juga dibintangi oleh Paramitha Rusady, Ponky Suwito, Anjasmara, Nafa Urbach, serta Primus Yustisio.

2. Pelangi di Matamu.

6 sinetron yana zein © 2017 brilio.net

Sinetron yang dibintangi oleh Mona Ratuliu dengan Atalarik Syach ini juga membuat nama Yana melambung sebagai Nyonya Ibrahim yang kejam.

3. Doa dan Anugerah.

6 sinetron yana zein © 2017 brilio.net

Dalam sinetron ini Yana berperan sebagai Irma bersama dengan Krisdayanti, Sukma Ayu, Anjasmara, Tabah Penemuan, Dwi Andhika, dan Kiki Nuryulianty. Sinetron ini tayang di Indosiar di tahun 2002 hingga 2003.

4. Tersanjung.

6 sinetron yana zein © 2017 brilio.net

Yana Zein didapuk menjadi pengganti Feby Febiola yang memerankan karakter Anita atau Tante Amerika di sinetron legendaris Tersanjung di season ke-6. Sinetron ini juga turut melambungkan namanya sebagai spesialis tokoh antagonis di Indonesia.

5. Anak Membawa Berkah.

6 sinetron yana zein © 2017 brilio.net

Dalam sinetron ini, Yana berperan sebagai ibu antagonis bernama Mila. Ia berperan sebagai ibunda dari Andika, pria kaya raya yang diperankan oleh Indra Bruggman.

6. Cinta di Langit Taj Mahal.

6 sinetron yana zein © 2017 brilio.net

Sinetron ini adalah karya terakhir Yana sebelum ia didiagnosa menderita kanker pada tahun 2016 kemarin. Sinetron ini sangat populer karena dibintangi oleh Shaheer Sheikh, artis asal India. Bersama dengan Nabila Syakieb, Yana Zein sebagai Ibu Priyanka di sinetron ini. Yana Zein lagi-lagi perannya adalah antagonis.

Terlepas dari perjalanan karier di dunia akting sebagai karakter antagonis yang sering membuat penonton gemas, tentunya meninggalnya Yana Zein saat ini membuat Indonesia kembali membawa duka dan rasa kehilangan beberapa kerabat dan juga pesinetron Indonesia. Selamat jalan, Yana.