Brilio.net - Jumlah orang yang terjangkit virus Corona di Indonesia semakin melonjak. Pencegahannya pun tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Di Korea Selatan para artisnya berlomba-lomba untuk menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk membantu pencegahan virus ini.

Sejauh ini di Indonesia, ada tiga seleb yang mencoba untuk menggalang dana menangani virus Corona. Di antaranya Nikita Mirzani yang menyumbangkan Rp 100 juta untuk membantu menangani virus Corona. Sementara dr Tompi mengunggah upaya penggalangan dana melalui alumni FK UI angkatan 2005. Tompi mengajak donasi memberikan alat perlindungan bagi dokter dan perawat pasien Corona.

Hal yang berbeda dilakukan oleh influencer dan selebgram, Rachel Vennya yang membuka penggalangan dana via Kitabisa untuk melawan virus Corona sejak Selasa (17/3). Tak tanggung-tanggung, hanya dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, Rachel Vennya berhasil menggalang Rp 1,6 miliar. Rachel Vennya menggalang donasi itu melalui situs Kitabisa.com dengan tagline.

Dengan tagline yang diberikan oleh Rachel Vennya, Tolong Menolong Lawan Covid-19. Bahkan aksi Rachel Vennya itu pun kini menjadi trending di Twitter. Rachel berencana menggalang total dana sekitar Rp 2 miliar. Uang yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk menyediakan masker, hand sanitizer, sarung tangan plastik, dan alat perlindungan diri lainnya untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit rujukan COVID-19.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Selain itu dana yang terkumpul digunakan untuk menyediakan alat perlindungan diri untuk keluarga petugas kesehatan di rumah sakit rujukan COVID-19, membantu keseharian untuk pekerja sektor informal seperti ibu-ibu pedagang agar untuk sementara bisa beristirahat di rumah dalam bentuk alat sanitasi, masker dan hand sanitizer.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Masya Allah, Masya Allah, menyentuh angka Rp 414.282.128 dalam 5 jam, aku merinding & terharu pdhl target awal 100jt, skrg udh mau memasuki 500jt! dari kmrn emg mikirin ini dan pengen bikin fundraising sendiri, tp mikir udalah kan udh ada yg bikin, sampe akhirnya aku chat sama @faniakhamada dan kt punya kekhawatiran yg sama dan bilang kalo aku bisa kok bikin fundraising lagi! Oke aku coba dengan bismillah.. walaupun aku udh bikin, aku berharap bgt yg lain juga bikin, krn disini kt lagi berkolaborasi untuk melawan Covid-19 Aku gak mau blg “followers” aku artinya “fans” krn aku masih berada di titik aku blm pantas dijadikan inspirasi bagi siapapun, jd aku akan blg kalo ini kolaborasi aku dgn temen2 online aku, dan teman2 online aku emang terbukti baik, punya empati yg tinggi! Aku akan buka terus donasi ini Insyaa Allah sampai benar2 covid-19 hilang dari negara kita, (semoga) dari bumi kita juga. Mungkin di angka yg terlihat besar ini dirasa udh cukup, enggak guys aku udh berunding gimana “cara” kt menyalurkan dana ini dgn baik, kita coba open discussion di DM buat org2 yg tau info RS yg membutuhkan & distributor alat2 medis, isinya... jujur sedih tapi kesedihan ini menjadikan kita bersatu untuk sama2 menolong sesama, bukan cuma sesama tp diri kita sendiri dan orang sekitar. Kalian bisa mulai dgn 1000 rupiah! Bayangin 5 jam udh segini, kalau 2 minggu? Dan ini baru 11ribu donatur!!Yuk! https://kitabisa.com/campaign/bersamacegahcovid19 @kitabisacom

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rachel Al-Hakim (@rachelvennya) pada

"Masya Allah, Masya Allah, menyentuh angka Rp 414.282.128 dalam 5 jam, aku merinding & terharu pdhl target awal 100jt, skrg udh mau memasuki 500jt! dari kmrn emg mikirin ini dan pengen bikin fundraising sendiri, tp mikir udalah kan udh ada yg bikin, sampe akhirnya aku chat sama @faniakhamada dan kt punya kekhawatiran yg sama dan bilang kalo aku bisa kok bikin fundraising lagi! Oke aku coba dengan bismillah.. walaupun aku udh bikin, aku berharap bgt yg lain juga bikin, krn disini kt lagi berkolaborasi untuk melawan Covid-19.

Aku gak mau blg “followers” aku artinya “fans” krn aku masih berada di titik aku blm pantas dijadikan inspirasi bagi siapapun, jd aku akan blg kalo ini kolaborasi aku dgn temen2 online aku, dan teman2 online aku emang terbukti baik, punya empati yg tinggi!

Aku akan buka terus donasi ini Insyaa Allah sampai benar2 covid-19 hilang dari negara kita, (semoga) dari bumi kita juga.

Mungkin di angka yg terlihat besar ini dirasa udh cukup, enggak guys aku udh berunding gimana “cara” kt menyalurkan dana ini dgn baik, kita coba open discussion di DM buat org2 yg tau info RS yg membutuhkan & distributor alat2 medis, isinya... jujur sedih tapi kesedihan ini menjadikan kita bersatu untuk sama2 menolong sesama, bukan cuma sesama tp diri kita sendiri dan orang sekitar. Kalian bisa mulai dgn 1000 rupiah! Bayangin 5 jam udh segini, kalau 2 minggu? Dan ini baru 11ribu donatur!!Yuk!" tulis Rachel Vennya dalam keterangan di Instagram-nya.

Meski demikian, aksi Rachel Vennya tersebut justru menimbulkan kontra dari warganet. Banyak beberapa warganet yang setuju dan mendukung aksinya, namun ada juga yang melontarkan nyinyiran kepada selebgram ini.

Seperti salah satu komentar warganet yang diunggah di Instagram Story Rachel Vennya. Warganet ini mempertanyakan kenapa Rachel Vennya menggalang dana bukan menggunakan dana pribadi untuk donasi melawan Corona. 

Rachel Vennya dinyinyiri soal donasi Corona Instagram

foto: Instagram/rachelvennya

Menanggapi hal ini Rachel Vennya pun tak tingga diam. Ia memberikan jawaban menohok untuk warganet tersebut.

"People will hate you, but how strong you stand is what makes you," jawab Rachel Vennya. (Orang akan membencimu, tetapi seberapa kuat kamu berdiri itulah yang akan membuatmu semakin kuat).

(brl/lea)