Brilio.net - Google memang kerap memajang tokoh atau peristiwa penting sebagai halaman utama pencariannya. Hal tersebut dilakukan Google sebagai bentuk untuk memeringati hari-hari penting para tokoh dan peristiwa yang pernah terjadi di dunia.

Kali ini, perusahaan mesin pencariaan tersebut memajang sosok mendiang penyanyi legendaris asal Indonesia, yakni Chrisye. Google Doodle merayakan ulang tahun penyanyi mendiang penyanyi Chrisye yang lahir di Jakarta, 16 September 1949 silam. Pada halaman utama Google, terpajang ilustrasi pelantun lagu 'Pergilah Kasih' tersebut.

Google Doodle di laman utama pencarian, tampak sosok Chrisye dengan rambut sebahu yang jadi ciri khasnya, sembari memegang gitar dengan berlatarkan lilin yang membentuk kata Google. Sebelum Chrisye, beberapa tokoh ternama asal Indonesia juga pernah jadi Google Doodle seperti Pramoedya Ananta Toer, Dewi Sartika, Bagong Kussudiardja dan lainnya.

chrisye google doodle  Google

foto: Google

Loading...

Nama Chrisye dikenal sebagai musisi Tanah Air yang karya-karyanya masih dikenal hingga kini oleh berbagai kalangan. Selama berkarier di industri musik, Chrisye sudah mengeluarkan 31 album, termasuk dengan Guruh Gipsy, 21 album studio dan sembilan album kompilasi.

Berbagai penghargaan dari Indonesia hingga luar negeri pun sudah diterima oleh Chrisye. Dengan pencapaian tersebut, wajar bila Chrisye dihabiskan sebagai legenda musik Indonesia dan tampil sebagai Google Doodle. Chrisye tutup usia pada 57 tahun pada 30 Maret 2007 lalu.

Chrisye sendiri terjun di dunia musik sejak era 60-an dengan bergabung dalam band Sabda Nada pada 1968. Band tersebut kemudian bermetamorfosis menjadi Gipsy pada 1969. Bersama Gipsy, Chrisye pernah menjadi pengisi di Ramayana Restaurant selama satu tahun.

Nama Gipsy mulai dikenal publik setelah berkolaborasi dengan Guruh Soekarnoputra dalam album bertajuk Guruh Gipsy. Sukses bersama Gipsy, Chrisye kemudian memilih untuk melanjutkan kariernya sebagai penyanyi solo. Siapa sangka, karier solonya justru membuat nama Chrisye semakin melejit.

Selama karier solonya, Chrisye sudah mencetak banyak lagu-lagu hit yang ia bawakan sendiri maupun berkolaborasi dengan beberapa musisi top seperti Jockie Soerjoprajogo, Addie M.S dan Erwin Gutawa. Nggak hanya dengan musisi senior, Chrisye juga berkolaborasi dengan musisi-musisi muda pada saat itu.