Brilio.net - Baru-baru ini Via Vallen membagikan kisah hidupnya dengan adik-adiknya yang sempat tak baik-baik saja. Pemilik nama asli Maulidia Octavia ini curhat tentang perannya sebagai anak pertama dalam keluarga.

Berawal dari Via Vallen yang berbicara tentang anak broken home, baik berpisah dengan orang tua maupun tidak mendapatkan keharmonisan di rumah. Akibatnya, pelantun Sayang ini dibanjiri respons melalui direct message (DM). Tak sedikit yang menanyakan kehidupan Via Vallen. Ia pun membeberkan melalui akun Instagram pribadinya.

Sang pedangdut menceritakan bagaimana perannya sebagai anak pertama yang dituntut menjadi tulang punggung keluarga. Via Vallen mengatakan jika dirinya tipikal anak pertama yang cuek dan memilih diam saat kesal, tapi bisa murka ke semuanya jika tak bisa menahan perasaannya lagi.

Istri Chevra Yolandi itu juga menceritakan bagaimana sikapnya ke adik-adiknya. Tentunya sebagai tulang punggung, Via Vallen ini memberikan yang terbaik untuk keluarganya. Ketika dirinya sedang naik daun dan cuan terus berpihak kepadanya, Via mengaku tiap tanggal 1 memberi jatah bulanan dan beragam fasilitas untuk adik-adiknya.

Namun, dari fasilitas tersebut tanpa ia sadari memanjakan adik-adiknya. Ternyata cara Via memberikan jatah bulanan membuat adik-adiknya terlena dan enggan untuk bekerja. Alhasil, Via Vallen memutuskan untuk tak lagi memberikan uang bulanan kepada adiknya. Namun, ternyata keputusan tersebut justru membuatnya dimusuhi oleh adik-adiknya.

"Tiap bulan per tgl 1 mereka dapet jatah uang jajan dari aku

Bahkan hadiah dari aku ( Mobil,Motor dll )," tulisnya, dikutip brilio.net dari Instagram @viavallen pada Sabtu (17/12).

"Sampe akhirnya jatah yang aku kasih bikin mereka terlena dan GAK KERJA ( tapi ini gak semua adekku ya, beberapa aja ). Barulah aku sadar caraku SALAH, akhirnya aku STOP jatah bulanan dan biaya biaya pribadi mereka termasuk service dan pajak kendaraan dengan tujuan biar mereka MIKIR & MAU KERJA. Mau tau gimana hasilnya? Aku di musuhin dong ," sambungnya.

Kronologi Via Vallen stop jatah bulanan adik © 2022 Instagram

foto: Instagram/@viavallen

Dalam postingan berikutnya, Via Vallen juga menjelaskan alasannya mengapa bersikeras stop jatah bulanan adiknya. Awalnya, Via Vallen hanya ingin memberikan kebahagiaan untuk adiknya, pasalnya Via Vallen bukanlah dari orang konglomerat sehingga saat dirinya mulai naik daun semua fasilitas diberikan untuk kesenangan keluarganya, hal ini supaya adik-adiknya tidak merasakan kesusahan seperti yang Via Vallen rasakan.

"Oke, dari awal mungkin aku yg salah, Karena aku dari keluarga susah. Bahkan untuk kuliah aja aku ga ada biaya. Pas aku punya uang ya aku gak mau adek2ku juga susah kaya aku. Aku fasilitasi, aku jatah tanpa ada petuah apapun buat mereka ," tutur Via Vallen.

Kronologi Via Vallen stop jatah bulanan adik © 2022 Instagram

foto: Instagram/@viavallen

Namun, akhirnya Via Vallen sadar jika cara yang ia lakukan salah. Via Vallen juga mengingatkan jika memanjakan dengan uang bisa jadi justru merusak masa depan adiknya dan orang yang disayang. Maka dari itu, Via memilih untuk memikirkan adik-adiknya kelak berkeluarga dan harus hidup mandiri serta tanggung jawab.  

"Tapi ternyata aku malah menjerumuskan mereka, mereka terlena karena merasa sudah cukup. Guys, bentuk sayang dan peduli bukan melulu tentang materi yg akhirnya bikin MANJA. Kita suapin duit terus kalo anaknya gak punya keinginan untuk maju yg ada malah ngerusak masa depannya. Padahal mereka harus tau tanggung jawab terhadap diri sendiri, karena nantinya bakal berkeluarga," paparnya.

Kronologi Via Vallen stop jatah bulanan adik © 2022 Instagram

foto: Instagram/@viavallen

Wanita kelahiran 1 Oktober 1991 itu juga mengingatkan sebagai anak pertama tak melulu menjadi beban keluarga, adik-adiknya pun harus tahu bagaimana tanggung jawab dan mandiri dalam mencari uang sendiri. 

Singkat cerita, Via Vallen kemudian memberikan modal untuk adik-adiknya bekerja. Hal ini dilakukan supaya sang adik mau berusaha dan tidak bermanja-manja dengan kakaknya, Via Vallen. Hingga kini, hubungannya dengan keluarga sudah membaik, bahkan adik-adiknya mulai bekerja dan berusaha sendiri.

"Jadi kalo di tanya keadaan sama adek2 skrg gmn ya baik2 ajaa

Mereka udah berubah jauh lebih baik, tumbuh jadi anak yg bertanggung jawab dan sangat menghargai aku sebagai kakaknya yg selama ini jadi tulang punggung keluarga," ungkap Via Vallen.

"Semua ini berkat peran orang tua yg bijaksana sebagai penengah. Akhirnya mereka sadar dan kita saling memaafkan, Alhamdulillah," tutupnya.