Brilio.net - Tahun 2019 menjadi waktu terberat bagi selebriti papan atas Tanah Air Nunung. Di pertengahan tahun tersebut, Nunung dan suami, Iyan Sambiran menghebohkan publik setelah ditangkap polisi di rumahnya karena kepemilikan narkoba jenis sabu. Yang lebih mengejutkan, Nunung ternyata sudah mengonsumsi narkoba sejak lama.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan Nunung dan suami bersalah. Keduanya menjalani hukuman rehabilitasi di RSKO Cibubur selama 1,5 tahun. Namun mereka mendapat keringanan dan bebas setelah menjalani rehabilitasi selama sembilan tahun.

Usai bebas dari rehabilitasi, Nunung pun sudah kembali aktif di dunia hiburan. Ia juga aktif menjadi bintang tamu untuk menceritakan pengalaman pahitnya saat terbelenggu narkoba. Dalam channel YouTube Deddy Corbuzier, Nunung mengungkapkan jika narkoba sudah merubah kehidupannya.

Nunung menyebutkan sejak menggunakan narkoba, hal tersebut memengaruhi hubungannya dengan lingkungan sekitar seperti lingkaran keluarga dan sahabat. Tak hanya itu, narkoba juga sempat mengancam keutuhan rumah tangganya dengan Iyan.

Kisah rumah tangga Nunung  Instagram & YouTube

Loading...

foto: liputan6.com/Herman Zakharia

"Dua-duanya karena pikirannya sudah dirusak sama narkoba. Jadi saling mencurigai. Iyan jalannya mulai enggak benar. Jadi kata cerai hampir tiap hari aku ucapkan. Iyan juga lagi enggak benar jalannya. Kalau aku larinya ke gila (belanja) online gitu. Kalau Iyan larinya ke perempuan, ke cewek," kata Nunung seperti dikutip brilio.net dari channel YouTube Deddy Corbuzier, Kamis (30/7).

Selalu terlihat harmonis sedari dulu, siapa sangka kalau hari-hari Nunung diwarnai pertengkaran hebat dengan sang suami. Puncaknya, Nunung pernah ditalak cerai Iyan Sambiran. Fakta tersebut tak pernah diungkap Nunung sebelumnya.

"Aku sama Iyan sudah ditalak. Cuma di sini aku ngomong, aku ditalak," ungkap Nunung.

Nunung menambahkan jika perceraian tersebut disebabkan oleh narkoba. Nunung mengakui jika setelah menggunakan narkoba, Nunung dan Iyan mengalami perubahan sikap yang mengganggu emosi dan pikiran mereka hingga tak bisa berpikir jernih.

"Tapi aku nikah lagi sama dia. Aku nikah yang kedua kali sama Iyan. Jadi pernikahan juga sudah kayak dipermainkan. Ya, itulah karena narkoba. Narkoba itu jahat, merusak pikiran kita," sambung Nunung.

Kisah rumah tangga Nunung  Instagram & YouTube

foto: Instagram/@nunung63.official

Perceraian Nunung dan suami terjadi sebelum mereka ditangkap pihak berwajib. Namun perpisahan tersebut tak berlangsung lama. Nunung dan Iyan yang masih memiliki rasa cinta untuk satu sama salin. Keduanya memutuskan kembali bersatu dengan kembali menikah.

"Aku pulang ke Solo sama Iyan. Waktu itu ibu masih ada. Aku bilang bahwa sudah ditalak Iyan, terus akhirnya semua keluarga, 'Gimana Mbak Nunung masih pengin balik sama Mas, ya?' Karena dua-duanya masih saling cinta akhirnya kita nikah lagi yang kedua secara agama," terangnya.

Kejadian tersebut membuat Nunung dan Iyan intropeksi diri dan bertekad berhenti mengonsumsi narkoba demi kehidupan yang lebih baik.

"Itu sebelum ketangkep pulang ke Solo sama Iyan. Karena secara agama aku sudah ditalak kan sudah cerai. Terus aku sama Iyan sama-sama merenung. Sudah kita akhiri, pokoknya kita berhenti narkoba. Ini semua gara-gara narkoba," tutur artis berusia 57 tahun itu.

Setelah sembuh dari narkoba, Nunung bertekad untuk tak mengulangi kesalahan yang sama. Tak hanya demi rumah tangganya dengan Iyan, tekad bulat Nunung juga demi anak-anaknya. Nunung membeberkan jika ia mendapat 'ancaman' dari anak-anaknya yang membuatnya tak mau masuk ke lubang sama.

"Pokoknya kalau mama make (narkoba) lagi, kita juga ramai-ramai mau make," kata Nunung menirukan ungkapan anak-anaknya.

Kini sudah terbebas dari narkoba, Nunung mengaku hidupnya lebih bahagia. Hubungannya dengan Iyan Sambiran pun kembali harmonis seperti sedia kala. Tak hanya itu, hubungannya dengan anak cucu dan para rekan kerja yang tak berubah membuatnya begitu bersyukur.

"Ya aku sudah bisa bebas, aku sudah bisa menjalani apa yang pernah aku lakukan. Itu buat aku untuk pembelajaran ke depannya. Aku sudah mengalami semuanya. Aku sekarang bisa kerja, aku bisa kumpul anak cucu ku yang mereka nggak berubah ke saya, yang paling penting rekan-rekan kerja ku yang nggak berubah," tutup Nunung.