Brilio.net - Penyalahgunaan narkoba saat ini menjadi masalah yang sangat memprihatinkan. Pengedar terus mencari sasaran pengguna barang haram. Mereka semakin berani dan nekad sehingga mengakibatkan peredaran narkoba yang semakin gencar di Indonesia baik dari segi jumlahnya yang  semakin cenderung meningkat, tak heran jika banyak pihak mengatakan bahwa narkoba menjadi musuhnya Indonesia.

Banyak orang yang terjerat kasus narkoba, tak hanya dari kalangan biasa saja, sederet seleb Tanah Air juga ikut terbuai barang haram tersebut. Sepanjang tahun 2019, belasan artis baik komedian hingga aktor ada yang harus berurusan dengan hukum karena kasus narkoba tersebut.  Bahkan diantara mereka ada yang begitu mengejutkan publik.

Siapa sangka, sederet seleb yang terlihat sangat menyenangkan dan jauh dari kesan negatif harus berurusan dengan pihak yang berwajib karena terjerat kasus narkoba. Berikut ini beberapa seleb yang tak disangka terjerumus kasus narkoba di tahun 2019, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (1/1).

1. Nunung.

Kasus narkoba 6 seleb ini kejutkan publik pada 2019 Istimewa

foto: Liputan6.com/Faizal Fanani

Siapa sangka, sosok yang selalu terlihat ceria dan menyenangkan ini harus mendekam di penjara karena kasus narkoba? Nunung bersama suaminya Iyan Sambiran ditangkap di kawasan Tebet, Jakarta Selatan pada Jumat (19/7). Kedunya ditangkap setelah melakukan transaksi narkoba.

Dari penangkapan Nunung dan Iyan, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa sabu 0,36 gram, dua klip kecil bekas bungkus sabu, tiga sedotan plastik untuk mengonsumsi sabu. polisi juga mengamankan satu sedotan plastik, sendok sabu, dan satu botol larutan cap kaki tiga untuk bong.

2. Jefri Nichol.

Kasus narkoba 6 seleb ini kejutkan publik pada 2019 Istimewa

foto: merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Aktor tampan Jefri Nichol yang dikenal kalem dan memiliki banyak penggemar ini mengejutkan publik pada 22 Juli 2019 lalu. Bagaimana tidak, Jefri Nichol terkesan jauh dari hal-hal negatif, namun siapa sangka dirinya terjerat kasus narkoba.

Jefi Nichol ditangkap polisi terkait kasus narkoba pada Senin (22/7/2019) pukul 23.30 WIB di A Residences, Jakarta Selatan. Polisi berhasil mengamankan barnag bukti berupa ganja seberat 6,01 gram yang disimpan di kulkas.

3. Zul Zivilia

Kasus narkoba 6 seleb ini kejutkan publik pada 2019 Istimewa

foto: Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Penangkapan vokalis band Zivilia, Zulkifli alias Zul Zivilia sempat menghebohkan publik. Zul ditangkap di sebuah apartemen di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 28 Februari 2019. kasus ini menjadi begitu menggemparkan lantaran pihak polisi berhasil menemukan barang bukti dalam jumlah yang terbilang cukup besar.

Dari tangan Zul Zivilia dan teman-temannya, polisi mengamankan narkoba jenis sabu seberat 9,5 Kg dan pil ekstasi sebanyak 24.000 butir. Dari semua barang bukti yang ditemukan dan berdasarkan fakta-fakta persidangan, Zul Zivilia pun dituntut hukuman mati oleh Jaksa.
 
"Dia dikenakan pasal 114, 112 tahun 2009 tentang narkoba. Itu hukumannya mati, seumur hidup, atau 20 tahun tergantung pengadilan," ucap Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Suwondo Nainggolan yang dilansir dari liputan6.com.

4. Jerry Aurum.

Kasus narkoba 6 seleb ini kejutkan publik pada 2019 Istimewa

foto: KapanLagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono

Fotografer profesional Jerry Aurum ditangkap polisi karena kasus narkoba juga berhasil menarik perhatian publik. Mantan suami penyanyi Denada ini diketahui menyimpan sejumlah narkotika di dalam rumahnya di kawasan Karang Tengah, Tangerang Selatan.

Jerry Aurum ditangkap di Cirendeu, Tangerang Selatan pada 19 Juni 2019. Aparat Polres Metro Jakarta Barat pada waktu itu mengamankan barang bukti berupa beberapa butir ekstasi atau inex, satu paket ganja dan tembakau gorilla dari tangan Jerry Aurum.

Berdasarkan pengakuannya, Jerry Aurum sudah mengonsumsi narkoba sejak 2016 dan termasuk pengguna aktif. Kasus ini juga menarik perhatian lantaran sang mantan istri begitu terpukul. Pasalnya ia harus berjuang keras untuk melakukan pengobatan intensif untuk anaknya, Shakira, di sebuah rumah sakit di Singapura.

5.  Ibra Azhari.

Kasus narkoba 6 seleb ini kejutkan publik pada 2019 Istimewa

foto: liputan6.com

Ibrahim Salahuddin atau Ibra Azhari ditangkap polisi pada Minggu (22/12) dini hari. Penangkapan adik kandung Ayu Azhari ini begitu mengejutkan, pasalnya banyak orang yang menduga Ibra taj mungkin melakukan kesalahan yang sama lagi. Pasalnya ia sudah pernah berurusan dengan polisi karena kasus narkoba. Penangkapannya kali merupakan yang keempat kalinya.

Ibra diciduk di kediamannya di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Penangkapan Ibra berawal dari berawal dari laporan masyarakat tentang transaksi narkoba. Akibat dari perbuatannya itu Ibra Azhari terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Kasus Ibra semakin menghebohkan setelah nama Medina Zein ikut terseret. Medina diketahui Medina merupakan adik ipar dari Ibra Azhari, karena menikah dengan Lukman Azhari . Namun belum diketahui secara pasti adakah hubungan antar keduanya sehingga sama-sama terjerat kasus narkoba.

6. Medina Zein.

Kasus narkoba 6 seleb ini kejutkan publik pada 2019 Istimewa

foto: Instagram/@medinazein

Kasus terbaru yang begitu mengejutkan adalah penangkapan Medina Zein atas tuduhan kasus narkoba. Medina Zein pun menjalani penahanan di Mapolda Metro Jaya. Siapa sangka, pengusaha muda ini harus berurusan dengan barang haram tersebut. Jika dilihat dari penampilannya, rasanya tidak mungkin ia harus melakukan itu.

Dari hasil tes urine, Medina Zein telah dinyatakan positif memakai amfetamin.

"Dit Narkoba Polda Metro Jaya beberapa hari yang lalu mengamankan salah seorang wanita berinisial MZ. Ini ada ketersangkutan hasil pengembangan dari salah satu tersangka yang sebelumnya kita amankan, yaitu Ibra ya," kata Kombes Yusri Yunus, Senin (30/12), di Gedung Humas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan yang dilansir brilio.net dari liputan6.

"Tes urine nya terbukti mengandung amphetamine sama metamfetamin semuanya," lanjutnya.

Sementara Ibra Azhari menyebut, tertangkap dirinya tidak ada kaitannya dengan Medina Zein.

"Enggak ada (kaitannya), karena kan enggak ada barang bukti, cuma memang positif ya," kata Ibra Azhari di Puslabfor Polri, Jakarta Timur yang dilansir dari liputan6