“Momen sebelum akad. Ada banyak cerita di balik layar acara pernikahan ini. Acara yang dikonsep oleh aku dan Kaesang sesuai selera kami— dari tema, motif kain, busana, alur acara, dan segala perintilan lainnya,” tulis Erina pada caption.

"Termasuk untuk rias dari awal mas kaesang, Ibu, Mama, dan Gusti Putri titip pesan untuk memakai Paes Ageng Yogya," lanjut Erina.

Meski diminta oleh empat orang, Puteri Indonesia Yogyakarta 2022 ini tak serta merta mengiakan. Erina mengaku bahwa dirinya baru mantap menggunakan paes ageng Yogyakarta H-5 jelang akad nikah.

Cerita Erina dibalik riasan akad nikah © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@erinagudono

"Tapi butuh waktu lama untuk akhirnya aku memantapkannya bahkan sampai lima hari sebelum acara. Karena aku mau melakukannya dengan hati-hati dan sepenuhnya untuk menyebarkan budaya Yogyakarta ke masyarakat,” ungkap Erina Gudono.

Ia berharap, makin banyak orang tahu bahwa di balik indahnya riasan Paes Ageng Yogyakarta dari cithak, centhung, paes prada, hingga alis menjangan, tersimpan banyak filosofi agung nan mendalam.

“Filosofi ini menjadi bentuk harapan bagi pengantin wanita dan pria dalam menjalani kehidupan pernikahan. Slide terakhir: Mas Kaesang belum pernah se grogi itu seumur hidup, untung di ayem in sama Ibu,” tutup Erina.