Brilio.net - Kalau kamu mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol, pasti tidak asing dengan sosok Aris. Pemilik nama lengkap Januarisman Runtuwene merupakan pemenang Indonesian Idol kelima tahun 2008.

Namun kini, Aris sudah jarang muncul di layar kaca. Sempat mendekam di penjara selama 2 tahun karena kasus penyalahgunaan narkoba, kini Aris lebih aktif di channel YouTube miliknya.

Rupanya, setelah bebas dari penjara ia mengalami kesulitan ekonomi. Ditambah lagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, sehingga ia tak mendapatkan job.

Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, Rabu (11/8), Aris pun mengungkapkan kondisi ekonominya saat ini. Berikut ulasannya.

1. Jual barang berharga.

Cerita Aris Idol © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@aris_idol

Aris mengaku, saat ini keadaan ekonominya sangat sulit. Untuk bertahan hidup, ia pun terpaksa harus menjual barang berharga miliknya.

"Parah banget bro. Mobil udah kejual, motor sudah kejual, sampai tanah juga mau gue jual. Banyak job yang dibatalkan, udah gitu juga nggak bisa manggung lagi," ujar Aris Idol, saat ditemui di kawasan Bekasi, Jawa Barat, baru-baru ini.

2. Menjual gitar kesayangan.

Cerita Aris Idol © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@aris_idol

Hal yang membuatnya miris adalah, ia pun terpaksa harus menjual barang kesayangannya yakni gitar. Gitar tersebut merupakan saksi bisu perjalanan kariernya dari menjadi pengamen hingga pemenang di Indonesian Idol.

"Aku mau lelang gitar perjuangan yang dulu aku pakai ngamen, terus dipakai di audisi Indonesian Idol sampai masuk babak spekta. Hasil uangnya aku mau jadiin modal di saat pandemi seperti sekarang, sebagian juga mau aku pakai untuk membantu musisi-musisi kecil," jelasnya.

3. Dilelang ke sesama seleb.

Cerita Aris Idol © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@aris_idol

Dengan kondisinya seperti sekarang ini, ia tak malu meminta bantuan kepada sejumlah artis. Ia berharap ada satu publik figur yang tertarik membeli gitar kesayangannya itu.

"Sempat hubungin Bang Armand Maulana, Bang Raffi Ahmad, Mas Anang, Charly juga, udah coba hubungin lewat DM, tapi belum ada balasan. Sudah tag ke para sultan (Raffi Ahmad dan lain-lain) tapi sampai sekarang belum ada (respons) sih," paparnya.

4. Harga lelang.

Cerita Aris Idol © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@aris_idol

Aris melelang gitar kesayangannya dengan membuka harga Rp 13 juta.

"Gue buka harga Rp 13 juta. Sebenarnya Rp 13 juta ini buat orang yang paham nilai sejarah tidak berarti apa-apa. Sebenarnya gue juga sayang, tapi berhubung gue nggak tau lagi mau gimana, gue juga udah nggak ada duit," pungkasnya.

(brl/pep)

(brl/pep)