Brilio.net - Menjadi seorang selebriti tentu identik dengan gaya hidup yang penuh kemewahan. Mulai dari seringnya berwisata ke luar negeri, berbelanja barang-barang bermerek, hingga memiliki mobil dengan harga fantastis. Meski demikian, tak semua selebriti memiliki gaya hidup yang bergelimang harta.

Beberapa di antaranya justru memilih gaya hidup membumi dengan terjun sebagai aktivis lingkungan. Belakangan ini memang perubahan iklim menjadi hal nyata yang tengah menjadi sorotan dunia. Alasan ini lah yang menggerakkan hati para seleb untuk semakin sadar menjaga alam dengan meningkatkan kepedulian terhadap bumi.

Tak hanya menjaga lingkungan semata, seleb ini juga turut terjun mengkampanyekan gerakan melindungi hewan langka dari kepunahan. Hal ini tak lain karena populasi hewan sangat berpengaruh terhadap rantai makanan. Jika salah satu dari mereka punah, tentu ekosistem tak akan berjalan dengan baik.

Kecintaan para seleb ini terhadap lingkungan yang sangat tinggi pun mengantarkan seleb ini ditunjuk sebagai duta lingkungan. Nah, siapa saja mereka? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (10/9), cerita seleb jadi aktivis lingkungan.

1. Raline Shah

Loading...

cerita seleb jadi aktivis lingkungan © 2020 Instagram

foto: Instagram/@ralineshah

Tak hanya sekadar cantik, Raline Shah juga dikenal sebagai sosok inspiratif yang sangat peduli akan kelestarian alam dan lingkungan. Beberapa waktu yang lalu, finalis Puteri Indonesia tahun 2008 ini turut andil dalam penggalangan dana peduli hutan dan satwa liar. Tak hanya itu saja, ia terjun langsung untuk memunguti sampah yang terdapat di pantai Sanur, Bali.

Gerakan tersebut dilakukannya sebagai wujud kecintaan Raline dalam menjaga ekosistem lingkungan. Aktris kelahiran 8 Maret 1985 ini pun mengajak para masyarakat agar selalu peduli dengan lingkungan sekitar.

"Banyak sekali aksi kecil yang bisa kita mulai untuk lebih ramah lingkungan. Do what you can. Start where you are. Use what you have,” tulisnya.

2. Hamish Daud

cerita seleb jadi aktivis lingkungan © 2020 Instagram

foto: Instagram/@hamishdw

Berbicara soal selebriti yang aktif di dunia perlindungan hewan tentu tidak lepas dari Hamish Daud. Hamish telah lama dikenal di dunia konservasi perlindungan lingkungan hidup.

Istri dari Raisa Andriana ini bahkan menjadi salah satu pelopor berdirinya organisasi Indonesian Ocean Pride, yang memiliki visi sebagai contoh inspirasi yang dapat melindungi biota laut.

"Tak ada yang bisa mengalahkan rasa cintaku untuk lautan. Kami melindungi apa yang kami cintai, jadi di samping menikmati keindahan laut seperti caraku, aku ingin memastikan cucuku bisa memiliki pengalaman yang sama," tulis Hamish di akun Instagram-nya.

3. Nadine Chandrawinata

cerita seleb jadi aktivis lingkungan © 2020 Instagram

foto: Instagram/@nadinelist

Mantan Puteri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata juga dikenal peduli lingkungan sejak dulu. Berkat kepeduliannya ini, ia dinobatkan menjadi duta terkait masalah lingkungan. Seperti Duta Gajah Sumatera tahun 2009, Duta HAM bidang Lingkungan tahun 2015, dan Duta Wisata Bahari tahun 2017.

Kendati tak lagi menjabat sebagai duta pun, istri dari Dimas Anggara ini tetap menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dengan aktif mengkampanyekan gerakan peduli bumi. Ia pun turut andil dalam gerakan Seasoldier yang memiliki visi mulia yakni menebar virus ramah lingkungan kepada masyarakat.

4. Manohara Odelia Pinot

cerita seleb jadi aktivis lingkungan © 2020 Instagram

foto: Instagram/@manodelia

Sosok Manohara Odelia Pinot juga dikenal sebagai aktivis yang peduli dengan lingkungan. Bahkan, Manohara sempat mencoba terjun dunia politik pada Pemilu 2019 agar dapat membenahi persoalan lingkungan. Menurutnya, banyak regulasi dan undang-undang yang masih belum memihak pada isu lingkungan.

Kendati demikian, rupanya jumlah suara Manohara tidak cukup untuk membawanya lolos sebagai anggota DPR. Meski cita-citanya tak terwujud, ia tetap aktif sebagai aktivis lingkungan dan peduli hewan langka. 

Ia pun turut terlibat dalam aksi membersihkan pantai di wilayah Kepulauan Seribu, Jakata. Pada kegiatan tersebut, Manohara banyak menemukan produk-produk plastik sekali pakai yang dibuang sembarangan oleh beberapa orang.

5. Tulus

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Maksud kedatangan tim dan saya ke sini adalah, untuk menyerahkan secara langsung kalung pendeteksi lokasi yang sudah berhasil didapatkan dari kampanye @temangajahtulus sejauh ini. Kami mengantarkan 3 unit kalung yang merupakan hasil sumbangan dari @wardahbeauty dan @sejauh_mata_memandang . • Penyerahan secara simbolik ini diwakili penerimaannya oleh Pak Nurchalis Fadli dari WWF Indonesia dan tentu saja disaksikan oleh Imbo. Nantinya, setelah unit kalung yang masih dalam proses pengiriman ini datang, akan dipasangkan ke gajah liar. Kalung ini mempermudah pengawas gajah untuk menghimpun data pola pergerakan gajah yang hasilnya nanti dapat dijadikan pegangan untuk meminimalisir potensi konflik antara gajah dan sekitarnya. • Pengumpulan dana terus berlangsung untuk pengadaan kalung-kalung berikutnya. Terima kasih banyak untuk @wardahbeauty dan @sejauh_mata_memandang atas kepeduliaannya terhadap kelestarian salah satu mamalia terpintar ini. Teman-teman semua juga bisa terus terlibat dalam proses pengumpulan dana lewat kitabisa.com/temangajah • #TemanGajah #WardahInspiringMovement

A post shared by Tulus (@tulusm) on

Sadar bahwa populasi gajah di Indonesia kian menurun karena sering diburu, Tulus menginisiasi gerakan Teman Gajah untuk meningkatkan pelestarian gajah. Aksi yang dilakukan melalui gerakan ini adalah dengan memberikan sejumlah kalung pendeteksi lokasi gajah. Diketahui kalung ini telah diberikan kepada beberapa gajah di Sumatera.

Selain itu, kepedulian Tulus terhadap lingkungan juga dilakukan dengan menjalani pola hidup dengan mengurangi limbah plastik. Tulus juga turut mengkampanyekan kurangi sampah plastik melalui lagu yang ia ciptakan sendiri.

6. Tasya Kamila

cerita seleb jadi aktivis lingkungan © 2020 Instagram

foto: Instagram/@tasyakamila

Bukan hanya memiliki bakat menyanyi, Tasya juga punya kepedulian sosial dan lingkungan yang tinggi. Terbukti, ia pernah membuat proyek Energy Empowered Village. Proyek ini menyasar Desa Tanggedu, Kabupaten Sumba Timur menjadi desa yang mandiri energi.

Tasya bersama timnya membangun fasilitas pemrosesan biodiesel skala kecil, yang memanfaatkan tanaman jarak agar penduduk bisa memproduksi bahan bakar ramah lingkungan.

Kepedulian Tasya pada lingkungan juga mengantarkannya terpilih sebagai Duta Lingkungan. Pada 2005 - 2006, mantan penyanyi cilik itu ditunjuk sebagai Duta Kementerian Lingkungan Hidup. Dan pada 2018, dia menjadi Duta Penanaman Pohon Tol Trans Jawa.

"Kalau hanya satu aksi tidak akan berpengaruh. Tapi aksi kolektif dari banyak orang pasti berdampak besar untuk lingkungan," jelasnya.

7. Nugie

Kecintaan Nugie akan kelestarian lingkungan, membawanya menjadi seorang aktivis sejak 1988. Kepedulian terhadap lingkungan ini, sudah dipupuk sejak kecil. Kala itu, mendiang ayahnya selalu membiasakan Nugie melakukan hal-hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya.

Kebiasaan tersebut membawanya untuk tetap menjalankan gaya hidup yang ramah lingkungan. Artis yang gemar olahraga ini pun kini sudah mengurangi penggunaan plastik. Kecintaannya pada lingkungan juga mengantarkan Nugie sebagai Duta WWF untuk Penyelamatan Hiu dan Ekosistem Laut.

8. Agni Pratistha

cerita seleb jadi aktivis lingkungan © 2020 Instagram

foto: Instagram/@agnipratistha

Agni Pratistha yang sudah 5 tahun menerapkan gaya hidup ramah lingkungan atau green living lifestyle. Banyak hal yang membuat Agni aktif menjadi aktivis peduli lingkungan, salah satunya karena keresahannya terhadap sampah plastik yang kian banyak dan susah untuk didaur ulang.

Oleh karenanya, mantan Puteri Indonesia 2007 ini mengajak masyarakat untuk selalu membawa tempat botol, sedotan stainless steel, dan tas belanjaan sendiri dari rumah. Hal ini pun selalu diterapkannya. Tak hanya itu, ia juga membiasakan keluarganya memanfaatkan sesuatu untuk didaur ulang seperti mengganti kapas dan tisu dengan kain.

9. Nadya Hutagalung

cerita seleb jadi aktivis lingkungan © 2020 Instagram

foto: Instagram/@nadyahutagalung

Diketahui jika Nadya merupakan UN Environment Goodwill Ambassador, yaitu seorang aktivis lingkungan yang berfokus untuk melindungi sejumlah hewan langka yang masih memiliki habitat di Indonesia. Ia pun turut mengedukasi langsung ke masyarakat di Sumatera Utara mengenai adanya spesies orangutan baru di sana.

Seleb cantik ini aktif banget mengkampanyekan gerakan melindungi satwa liar. Hingga, ia pernah ditunjuk sebagai Duta Global Earth Hour dan WWF Elephant Warrior karena kepeduliannya terhadap lingkungan yang sangat tinggi. Hingga saat ini pun Nadya masih aktif berkeliling ke pusat konservasi hewan di berbagai negara.

10. Pevita Pearce

cerita seleb jadi aktivis lingkungan © 2020 Instagram

foto: Instagram/@pevpearce

Gadis kelahiran tahun 1992 ini merupakan salah satu artis yang turut mengkampanyekan gerakan cinta lingkungan. Pevita pun pernah dinobatkan sebagai duta global untuk Earth Hour, sebuah gerakan yang mendukung kepedulian lingkungan.

Lepas dari titelnya sebagai duta global Earth Hour, salah satu bentuk kepedulian Pevita sendiri terhadap lingkungan adalah dengan tidak lagi menggunakan air conditioner (AC) di kamarnya.