Konsep frugal living ini juga mengajarkan Chintya jadi lebih cermat dan bijak dalam membelanjakan uangnya. Dihimpun dari akun TikTok @chintyamelsan, dia menghabiskan uang sekitar Rp 600 ribu per tiga bulan untuk belanja kebutuhan pokok rumah.

Kenapa bisa hemat banget? Menurut penuturan Chintya, dia jarang sekali makan di luar. Untuk hari-harinya, Chintya lebih senang masak dan makan di rumah. Sebagai contoh, uang Rp 20 ribu per hari, dia bisa masak untuk tiga orang.

Uang tersebut dibelanjakan sayuran atau bahan masak yang sekiranya bisa dimakan untuk dua hari. Chintya merupakan tipe orang yang makan nasi lebih banyak ketimbang lauknya. Jadi secara perhitungan bisa lebih hemat, nih.

frugal living beli mobil © TikTok

foto: TikTok/@chintyamelsan

Selain itu, penting banget menuliskan kebutuhan apa yang akan dibeli. Biasanya Chintya membeli produk yang ukurannya lebih besar serta mencari yang diskon. Terus soal skincare, Chintya termasuk orang yang beruntung karena dia nggak perlu mengeluarkan budget untuk itu.

Chintya memiliki teman yang punya usaha jual produk skincare. Nah, peran Chintya di sini adalah menjadi model skincare-nya, jadi orang yang mencoba produknya, sampai membantu promosi lewat media sosial. Lagipula, Chintya tipe cewek yang perawatan wajahnya simpel banget. Cukup sabun cuci muka, serum, toner, pelembab, perawatan ketiak, creambath keratin, sabun mandi, dan shampo saja.

frugal living beli mobil © TikTok

foto: TikTok/@chintyamelsan

Nah, itu tadi sedikit kiat dari Chintya Melsan ibu satu anak yang menerapkan frugal living sejak dini. Dari gaya hidup tersebut, Chintya akhirnya bisa membeli mobil mewah panoramic impiannya. Walaupun Chintya masih harus menyicil angsuran, tapi dia senang karena bisa melunaskan nazar yang dulu pernah terucap ketika ibunya masih ada.

Dari postingan video di TikTok Chintya, nggak sedikit warganet yang kagum dengan gaya hidup Chintya ini. Pujian serta rasa penasaran warganet sampaikan lewat kolom komentar di beberapa postingan.

"selalu liat vt kakak membuat aku terinspirasi untuk menjalankan hidup sederhana, semangat ya kak dan teruslah berbagi hal positif ya," ujar @srii_n.

"Banyak yg ga paham konsep frugal living, padahal tinggal disesuaikan aja sama income masing masing semangat kakk!," kata Gardening with Er‍.

"gajiku 8jtan tp nabung sejuta sebulan aja rasanya berat padahal tinggal bareng ortu. setelah liat video kakak, aku bisa nabung 70% gaji ku.makasih kak," komentar @brokoli.

"thanks Ka chintya , LG nerapin frugal living jga," timpal KinanLaundry18.