Brilio.net - Baru-baru ini grup legendaris asal Korea Selatan yaitu Super Junior merayakan anniversary mereka ke 16 tahun. Boy grup yang masih aktif di industri hiburan ini mengenang bagaimana perjalanan mereka selama 16 tahun bersama.

Di usia grup yang sudah 16 tahun, Super Junior masih aktif melakukan comeback hingga konser bahkan mereka masih memiliki fandom yang besar. Biasanya untuk ukuran sebuah grup di usia melebihi 10 tahun akan cenderung memilih bubar atau vakum, namun tidak dengan Super Junior.

Suju atau Super Junior sendiri memang sempat vakum dari aktivitas sebagai grup karena beberapa member menjalani wajib militer. Namun saat semuanya telah menyelesaikan tugas, para member segera berkumpul dan mengobati rindu fans.

Menjadi grup besar tentunya perjalanan karier mereka tak mudah, lalu bagaimana perjalanan karier mereka dari awal hingga kini? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (10/11), berikut 7 kisah haru perjalanan karier Super Junior.

1. Didebutkan sebagai bahan uji coba SM Entertainment.

kisah haru perjalanan karier Super Junior Berbagai sumber

foto: soompi.com

SM Entertainment kala itu merencanakan akan mendebutkan sebuah boy grup yang memiliki banyak member. Pada 6 November 2005, SM akhirnya mendebutkan Super Junior sebagai bahan uji coba dengan memiliki formasi banyak member. Jika 12 member di Super Junior tidak memuaskan pasar industri hiburan maka penampilan mereka akan dibubarkan. Sama seperti halnya pada Morning Musume.

2. Penambahan member baru.

kisah haru perjalanan karier Super Junior Berbagai sumber

foto: gaemkyustuff.wordpress.com

SM mendebutkan Super Junior dengan 12 member, namun awalnya Super Junior akan menggunakan sistem menambahkan member baru dan mendepak personel lama. Hal itu membuat anggota Super Junior merasa tertekan, karena takut akan dikeluarkan dari grup. Namun anggota Super Junior tetap tersenyum diatas panggung, Meski tahu bahwa cepat atau lambat mereka akan “terdepak” satu demi satu.

Setahun kemudian, SM mengubah rencana tersebut karena melihat bagaimana popularitas mereka meningkat di dunia K-pop. Dan member baru ditambahkan yaitu Kyuhyun. Akhirnya sampai detik ini, Super Junior dikenal grup yang memiliki banyak member.

3. Kecelakaan yang menimpa Kim Hee-chul.

kisah haru perjalanan karier Super Junior Berbagai sumber

foto: koreaboo.com

Hee-chul mengalami kecelakaan pada tahun 2006, setelah usai mengunjungi pemakaman ayah dari sesama anggota Super Junior yaitu Lee Dong-hae. Kecelakaan mobil tersebut begitu parah hingga ia mengalami cedera di kakinya. Hingga akhirnya ia mendapatkan beberapa perawatan selama bertahun-tahun. Bahkan hingga kini saat Super Junior comeback, Hee-chul akan mendapatkan sedikit part menari karena luka kakinya adalah permanen.

4. Kecelakaan kembali menimpa anggota Super Junior.

kisah haru perjalanan karier Super Junior Berbagai sumber

foto: mydaily.co.kr

Di tahun 2007 kecelakaan kembali menimpa anggota Super Junior. Kali ini menimpa Leeteuk, Eunhyuk, Shindong, dan Kyuhyun. Mobil yang mereka tumpangi terguling, diantara member Super Junior yang ada di mobil Kyuhyun yang mengalami cedera parah. Kyuhyun mengalami patah di bagian pinggul, tulang rusuk dan ada goresan serta memar di bagian atas tubuhnya. Ngerinya lagi, salah satu tulang rusuk patah hingga menembus paru-paru.

Saat itu, Kyuhyun sempat koma selama 4 hari. Dokter sempat berkata bahwa Kyuhyun mungkin meninggal. Bahkan, jika melakukan operasi dengan membuka lubang di tenggorokannya, Kyuhyun hanya punya kesempatan hidup sebesar 20%. Dokter kemudian menemukan metode lain untuk menyembuhkan Kyuhyun. Kyuhyun lalu menghabiskan 6 hari di ICU dan sempat tak bisa berjalan selama satu bulan usai kecelakaan.

5. Keluarnya Kibum dan Hangeng dari Super Junior.

kisah haru perjalanan karier Super Junior Berbagai sumber

foto: YouTube/sujupage

Pada tahun 2009, anggota Super Junior bernama Kibum memilih hengkang. Padahal pada tahun itu lagu Super Junior berjudul Sorry Sorry meledak di pasaran. Bertahun-tahun keluar dari Super Junior, Kibum tak pernah mengungkapkan alasan sebenarnya keluar dari grup. Kibum juga menolak selama beberapa tahun untuk tampil di TV setelah keluar dari Super Junior.

Di tahun yang sama juga Hangeng memilih keluar dari Super Junior dan SM Entertainment. Bahkan anggota asal China ini menggugat SM Entertainment pada tahun 2009 hingga menyebabkan ia harus pergi dari agensi. Ia juga mengungkapkan keluarnya dari Super Junior dan SM karena agensi tersebut selalu memberikan batasan untuk mengendalikan citra para artisnya.

6. Absennya beberapa anggota Super Junior.

kisah haru perjalanan karier Super Junior Berbagai sumber

foto: allkpop.com

Super Junior kini lebih aktif dengan sembilan member. Dua member lainnya yaitu Sungmin dan Kangin memilih absen dari semua aktivitas Super Junior. Sungmin absen karena dikabarkan ia diboikot oleh fansnya sendiri, ia dilarang tampil bersama Super Junior. Penyebabnya adalah ia memilih untuk menikah terlebih dahulu, Sungmin dianggap tidak menghormati penggemar karena tidak mengumumkan pernikahannya dengan aktris Kim Sa-eun.

Sementara Kangin ia memiliki beberapa kontroversi yang menyeret namanya. Beberapa kontroversinya adalah berkelahi di sebuah bar pada tahun 2009, melakukan tabrak lari, membawa mobil dengan keadaan mabuk, hingga mangkir dari wajib militer. Hal itulah yang membuat fans Super Junior marah hingga memboikot dia agar tak tampil dengan grup kesayangannya. Kini Kangin memilih mundur dan hengkang dari Super Junior di tahun 2019.

7. Stabil dengan 9 member.

kisah haru perjalanan karier Super Junior Berbagai sumber

foto: Instagram/@superjunior

Di balik perjalanan karier selama 16 tahun, banyak pasang surut yang dihadapi anggota grup ini. Super Junior adalah grup legendaris asal Korea Selatan yang popularitasnya tak perlu diragukan oleh. Super Junior juga dianggap sebagai grup hallyu pada zamannya. Lagu Sorry Sorry dan Mr Simple berhasil mendobrak industri musik dunia, bahkan dari lagu tersebut Super Junior mendapatkan banyak penghargaan.

Kini Super Junior telah berusia 16 tahun dengan sembilan anggota yang masih aktif. Dengan sembilan anggota ini, Super Junior terlihat begitu stabil dan jauh dari rumor dan kontroversi. Di anniversary kali ini pun mereka tetap berkarya sebagai Super Junior.

(brl/far)

(brl/far)