Brilio.net - Eks vokalis band Banda Neira, Ananda Wardhana Badudu atau yang akrab disapa Ananda Badudu ditangkap oleh pihak kepolisian pada Jumat (27/9) pagi. Polisi melakukan penjemputan terhadap Ananda Badudu, lantaran aktivis HAM ini menghimpun dana untuk aksi mahasiswa di gedung DPR RI melalui situs crowdfunding Kita Bisa.

Penggalangan dana untuk mendukung aksi mahasiswa yang menolak RKUHP serta UU KPK inipun dilakukan Ananda secara terbuka melalui laman Twitternya. Penggalangan dana ini untuk menyokong kebutuhan logistik seperti makanan, minuman, hingga mobil komando bagi mahasiswa yang melakukan aksi.

Terkait penggalangan dana tersebut, Ananda Badudu juga selalu melaporkan pengeluaran biayanya melalui akun Twitter. Sementara itu, penjemputan Ananda oleh pihak kepolisian ini juga dikabarkan melalui akun Twitter Ananda Badudu pada Jumat pagi. Dalam akun Twitternya, Ananda Badudu menulis bahwa dirinya dijemput oleh Polda karena mentransfer uang kepada mahasiswa.

"Saya dijemput polda karena mentransfer sejumlah dana pada mahasiswa," tulis Ananda Badudu dalam akun Twitternya.

Setelah beberapa jam ditahan, pada sekitar pukul 10.00 WIB, Ananda Badudu keluar dari ruang Resmob Polda Metro.Gading Yonggar Ditya, perwakilan dari LBH Pers yang mendampingi Ananda Badudu membenarkan bahwa Ananda Badudu telah dibebaskan. "Iya betul (Ananda Badudu sudah dibebaskan)," kata Gading dikutip brilio.net dari Liputan6.com pada Jumat (27/9).

Loading...

Sebelumnya, polisi juga melakukan penangkapan terhadap aktivis Dandhy Laksono. Penangkapan ini terkait dengan cuitannya mengenai persoalan di Papua.

Dukungan dari sejumlah selebriti pun mengalir kepada aktivis yang dijemput oleh pihak kepolisian tersebut. Para artis ini bahkan kompak membagikan petisi untuk membebaskan sesama rekan mereka.

Brilio.net telah menghimpun dari berbagai sumber pada Jumat (27/9), dukungan 6 seleb Tanah Air untuk Ananda Badudu yang dijemput oleh pihak kepolisian.

1. Dian Sastrowardoyo.

Dukungan seleb untuk Ananda Badudu © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@therealdisastr

Dukungan mengalir dari seleb cantik Dian Sastrowardoyo. Melalui unggahan di Instagram Stories-nya, Dian Sastro membagikan ulang petisi agar pihak kepolisian membebaskan aktivis Ananda Badudu.

Dian Sastro yang juga bersuara lantang menolak sejumlah RUU bermasalah dan mendukung gerakan mahasiswa ini juga mempertanyakan perihal penangkapan Ananda Badudu yang menggalang dana untuk aksi mahasiswa.

2. Joko Anwar

Dukungan seleb untuk Ananda Badudu © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@jokoanwar

Melalui akun Twitternya, sutradara film Gundala, Joko Anwar memberikan dukungan untuk Ananda Badudu. Ia bahkan mengutip pasal dalam Undang-Undang Dasar 1945 tentang kebebasan untuk berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat. Joko Anwar juga menyertakan hashtag untuk membebaskan rekan-rekannya yang ditangkap polisi.

3. Rara Sekar.

Dukungan seleb untuk Ananda Badudu © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@rarasekar

Rara Sekar menginisiasi pembentukan petisi untuk membebaskan rekannya, Ananda Badudu. Melalui situs change.org, dirinya membuat petisi yang hingga kini sudah ditanda tangani oleh lebih dari 50 ribu orang. Petisi inipun ditujukannya untuk Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono.

4. Danilla Riyadi.

Dukungan seleb untuk Ananda Badudu © 2019 berbagai sumberfoto: Twitter/@danillajpr

Dukungan juga datang dari musisi Danilla Riyadi. Melalui akun Twitternya, ia mengunggah ulang petisi pembebasan Ananda Badudu yang digagas oleh Rara Sekar. Dalam cuitannya Danilla menyerukan penggemarnya untuk membantu membebaskan sahabat musisinya.

5. Ernest Prakasa.

Dukungan seleb untuk Ananda Badudu © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@ernestprakasa

Sutradara serta komedian Ernest Prakasa juga menyuarakan dukungannya untuk Ananda Badudu. Melalui akun Twitternya, Ernest selalu mengupdate informasi soal Ananda Badudu yang ditangkap pagi tadi. Selain itu, ia juga membagikan dan menyerukan suara untuk membebaskan Ananda Badudu.

6. Endah N Rhesa.

Dukungan seleb untuk Ananda Badudu © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@endahNrhesa

Melalui akun Twitternya, Endah N Rhesa juga memberikan dukungan kepada Ananda Badudu. Merekapun membagikan ulang petisi pembebasan Ananda. Selain itu mereka juga menyatakan gerah dengan situasi politik beberapa waktu belakangan.

"Jika pelantun lagu cinta menye2 kayak kami sampai gerah dengan apa yang terjadi belakangan ini, ini berarti sudah keterlaluan. Demokrasi telah dikebiri. Bebaskan teman kami! #BebaskanAnandaBadudu . Ia bergerak untuk kemanusiaan! Tanda tangani petisi!," tulis Endah N Rhesa.