Brilio.net - Pengakuan Lesty Kejora dan Rizky Billar yang sudah menikah secara siri masih menjadi perbincangan hangat. Sebelum Lesty dan Billar, proses pernikahan secara siri sebenarnya dilakukan banyak figur publik di Tanah Air. Beberapa pasangan berhasil membangun rumah tangga yang harmonis, namun ada pula yang harus kandas di tengah jalan.

Memang praktik nikah siri masih menuai perdebatan di kalangan masyarakat, mengingat kekuatan hukum di mata negara tidak ada alias belum atau tidak terdaftar di Kantor Urusan Agama (KUA). Namun ada berbagai alasan yang membuat para selebritis ini memutuskan melangsungkan pernikahan siri sebelum mendaftarkannya secara hukum.

Berikut alasan delapan pasangan seleb yang pilih menikah siri sebelum menikah resmi secara hukum negara, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (22/9).

1. Ammar Zoni dan Irish Bella.

alasan seleb menikah siri © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@riomotret

Jauh sebelum menggelar akad dan resepsi mewah pada 28 April 2019 lalu, Ammar Zoni dan Irish Bella pun mengaku sudah lebih dulu melaksanakan pernikahan siri. Pengakuan tersebut disampaikan Ammar Zoni dan Irish Bella melalui channel YouTube mereka.

"Kita nikah secara hukum sudah, sudah secara agama sebelum pernikahan hukum. Karena memang itu disetujui orangtua kita,"
Ammar juga menyebut bahwa orang tua mereka sudah setuju dengan alasan untuk menghindari fitnah.

"Sangat mendukung agar tidak terjadi fitnah," lanjut Ammar.

2. Zaskia Gotix dan Sirajuddin.

alasan seleb menikah siri © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@zaskia_gotix

Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud telah menikah secara siri pada 22 April 2020 di Karawang, Jawa Barat. Pernikahan itu dilangsungkan secara sederhana. Baru pada tanggal 1 Juni 2020 mereka telah sah tercatat sebagai suami istri secara resmi.

Sirajuddin pun sudah mengatakan alasannya untuk menikah siri karena berbagai pertimbangan, yakni karena kondisi pandemi Covid-19 serta untuk menghindari fitnah.

"Kami lihat situasi Covid-19 ini enggak pasti, kami enggak berani ambil risiko dan enggak mau juga banyak opini yang enggak baik berkembang di luar kami. Intinya menghindari fitnah," kata Sirajuddin lewat siaran langsung konferensi pers.

3. Aura Kasih dan Eryck Amaral.

alasan seleb menikah siri © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@aurakasih

Aura Kasih dan Eryck Amaral diketahui sudah menikah secara resmi pada 22 Desember 2018. Namun sebelum itu, mereka ternyata sudah lebih dulu menikah secara siri pada September 2018 di Bangkok, Thailand dengan dihadiri pihak keluarga.

Alasan menikah siri disebabkan karena menunggu pengurusan berkas yang sulit, mengingat status Eryck Amaral yang merupakan WNA.

"Karena aku nikah sama WNA jadi prosedurnya waduh ribet banget, jadi mereka minta data-data Eryck semua," kata Aura Kasih.

Dua tahun membina rumah tangga, Aura Kasih kini sudah menggugat cerai Eryck pada 17 Desember 2020 lalu.

4. Mulan Jameela dan Ahmad Dhani.

alasan seleb menikah siri © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mulanjameela1

Usai bercerai dengan Maia Estianty pada tahun 2008, Ahmad Dhani akhirnya menikah dengan Mulan Jameela di tahun 2009. Pernikahan Mulan dan Dhani dilakukan secara siri sebelum akhirnya resmi secara hukum negara. Namun ketika ditanya alasannya, Ahmad Dhani seperti berkelakar meminta sponsor.

"Memang masih siri sampai saat ini. Kecuali ada yang mau sponsorin," ungkap Dhani yang saat itu belum meresmikan pernikahannya.

5. Dewi Perssik dan Aldi Taher.

alasan seleb menikah siri © 2021 brilio.net

foto: Kapanlagi.com

Sebelum menikah dengan Angga Wijaya, Dewi Perssik pernah melakukan pernikahan siri dengan Aldi Taher pada Agustus 2008 baru kemudian diresmikan pada Maret 2009. Kala itu, Aldi Taher menikah siri karena menghormati prinsip Dewi Perssik.

"Saya enggak mau berzina, nikahin saya dulu," kata Aldi Taher yang menirukan ucapan Dewi Perssik.

Namun bahtera rumah tangga Dewi Perssik dan Aldi Taher tak berlangsung lama. Enam bulan kemudian, keduanya sepakat untuk bercerai.

6. Okie Agustina dan Gunawan Dwi Cahyo.

alasan seleb menikah siri © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@okieagustina_

Okie Agustina dan pesepak bola Gunawan Dwi Cahyo juga lebih dulu menikah siri sebelum menikah resmi. Pasangan yang menggelar pesta meriah pada 13 Juli 2012 silam ini mengatakan ingin menghindari fitnah. Karena itulah mereka melangsungkan pernikahan siri yang digelar di rumah Gunawan di Malang, Jawa Timur dan hanya dihadiri keluarga saja.

"Daripada kita difitnah orang, mending kita nikah aja. Kalau ada yang ngomong, ya kita kasih tunjuk (bukti)," kata Gunawan Dwi Cahyo

7. Galih Ginanjar dan Barbie Kumalasari.

alasan seleb menikah siri © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@galihginanja

Empat tahun setelah menikah siri, Galih Ginanjar dan Barbie Kumalasari baru meresmikan hubungan mereka sebagai suami-istri secara hukum. Mereka mengaku menghindari zina sebagai alasan yang mendasari terjadinya pernikahan siri tersebut.

"Alasannya waktu itu daripada kita berbuat zina, jadi kita halalin dulu, sambil penjajakan lebih baik lagi. Aku nggak mau kalau gagal lagi. Buktinya dari pernikahan yang belum kita resmikan (secara negara) malah semakin solid," ungkap Galih Ginanjar.

Namun setelah Galih terjerat kasus ikan asin, Barbie Kumalasari diketahui memilih mengakhiri hubungannya.

8. Lesty Kejora dan Rizky Billar.

alasan seleb menikah siri © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@aldiphoto

Terbaru, ada Lesty Kejora dan Rizky Billar yang membuat pengakuan mengejutkan ketika diwawancarai pihak Rans Entertainment baru-baru ini. Mereka sudah menikah secara agama pada Januari 2021. Keduanya melangsungkan akad di rumah Lesty di Cianjur, Jawa Barat. Hadir pula Ustaz Subki Al Bughury, Rey Mbayang, dan Dinda Hauw yang turut hadir sebagai saksi.

"Saya harus jaga marwah seorang Lesty. Lesty ini seorang yang punya citra bagus, Dede seorang contoh, inspirator banyak orang," kata Billar, dikutip dari YouTube Rans Entertainment.

Ia mengatakan sudah mendapat saran dari keluarga.

"Pas dekat sama Dede wah kita enggak bisa nih dekat tanpa ada ikatan pernikahan. Atas saran keluarga kita memutuskan langsungkan pernikahan, sederhana namun sakral dan khidmat," lanjutnya.

Bertepatan dengan momen ini pula, Billar mengumumkan kehamilan Lesty.