Brilio.net - YouTube merupakan salah satu media sosial yang dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengunggah konten video. Di YouTube berbagai video dapat ditonton, mulai dari konten musisi bernyanyi, video tutorial memasak, merias diri, hingga video-video lainnya.

Saat ini banyak masyarakat yang memanfaatkan YouTube sebagai sarana untuk berkarya dan mengekspresikan diri. Bahkan artis-artis Tanah Air yang sering bermunculan di layar kaca kini juga mulai menekuni konten-konten YouTube.

Tidak hanya para artis saja, bahkan beberapa tokoh pendakwah agama kini juga memanfaatkan YouTube sebagai sarana berdakwah. Salah satu pendakwah yang memiliki channel YouTube yakni Habib Husein Ja'far Al Hadar atau yang lebih akrab disebut Habib Husein Hadar.

Dilansir brilio.net dari sebuah video pada akun Instagram pribadinya @husein_hadar, Kamis (26/8), ia saat ini masih aktif berdakwah melalui akun YouTube-nya. Bahkan channel YouTube tersebut saat ini telah memiliki 600 ribu subscribers.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Husein Ja’far Al Hadar (@husein_hadar)

 

Memiliki jumlah subscribers yang begitu banyak, channel YouTube Habib Husein Hadar ini tidak terdapat iklannya. Hal itu membuat Andre Taulany yang berbincang dengan Habib Husein dalam video tersebut terkejut.

Ternyata tidak adanya iklan dalam channel YouTube sang Habib terdapat alasan yang bikin salut. Dalam video, Habib menjelaskan jika ia teringat dengan nasihat orang tuanya, jika berdakwah tidak dapat memberi amplop umatnya, maka jangan menerima amplop dari umat.

Akun YouTube Habib Husein Hadar no adsense © Instagram/@husein_hadar

foto: Instagram/@husein_hadar

"Orang tua dulu bilang, jika berdakwah tidak dapat memberi amplop umatnya, maka setidaknya jangan menerima amplop dari umat. Karena adsense merupakan bentuk amplop saat ini," jelas Habib Husein Hadar dalam video.

Tidak hanya itu saja, ia menjelaskan bahwa caranya berdakwah yang terkadang menggunakan pendekatan komedi dan musik, takutnya hanya untuk mendapatkan penonton dan iklan.

Oleh sebab itu, Habib menghindari prasangka tersebut dengan tidak adanya iklan sama sekali pada akun YouTube-nya. Selain itu, ini juga sebagai perwujudan agar bagi para subscribersnya yang tidak menggunakan YouTube premium dapat merasakan menjadi kaya.

Akun YouTube Habib Husein Hadar no adsense © Instagram/@husein_hadar

foto: Instagram/@husein_hadar

"Bagi yang tidak mampu membayar YouTube premium saya ingin membuat mereka sesekali merasa kaya," kata Habib Husein Hadar.